869 Kades Dan BPD di Jombang Terima SK Perpanjangan Jabatan

Kegiatan pengukuhan dan penyerahan SK perpanjangan masa jabatan 79 Kades dan 790 BPD, yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Ploso, kabupaten Jombang, pada Rabu (26/6/2026). (Foto : dok koran Nusantara Pos / Rurin)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebanyak 869 orang Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Jombang, Jawa timur, resmi menerima Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan dua tahun dari Pj Bupati Jombang, Sugiat.

Acara pengukuhan dan penyerahan SK tersebut dilaksanakan di kantor Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, pada  Rabu (26/6/2024) siang.

Adapun 869 orang Kepala Desa dan BPD yang dikukuhkan dan menerima SK perpanjangan masa jabatan tersebut, adalah para Kades dan BPD yang berasal dari 6 wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Ploso, Kabuh, Ngusikan, Plandaan, Kudu, dan Tembelang. Yang terdiri dari 79 Kades dan 790 BPD.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Pj Bupati kepada para Kepala Desa dan anggota BPD yang telah dikukuhkan dan diperpanjang masa jabatannya, dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

“Perpanjangan masa jabatan Ini merupakan sebuah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab”, tegas Pj Bupati Jombang Sugiat.

Sebelumnya, Kepala Desa terpilih mengemban amanah selama enam tahun sesuai dengan undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Namun, dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 yang mengubah masa jabatan menjadi delapan tahun, SK Bupati juga diubah untuk menyesuaikan masa jabatan dari enam tahun menjadi delapan tahun.

“Oleh karena itu, Saya berpesan agar Bapak Ibu sekalian dapat memanfaatkan waktu jabatan ini secara optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tingkatkan konsolidasi dan sinergitas yang sudah terjalin dengan unsur-unsur stakeholder yang ada di Desa, Kecamatan, serta Kabupaten. manfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang ada secara objektif dan transparan untuk kesejahteraan masyarakat”, tutur Pj Bupati Jombang.

Kabupaten Jombang memiliki potensi yang sangat besar, baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Potensi ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat. dalam hal ini, peran Kepala Desa dan BPD sangatlah penting sebagai motor penggerak pembangunan di desa, yang harus mampu mengoptimalkan segala sumber daya yang ada untuk kemajuan bersama.

Pj Bupati Jombang yang sudah genap 9 bulan memimpin Kabupaten Jombang ini juga mengingatkan para Kades bahwa bulan November 2024 nanti, kita akan menghadapi pilkada serentak.

“Saya harap Bapak/ibu semua dapat menjaga stabilitas dan kondusifitas di desa masing-masing, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pilkada. Modal sosial yang telah terbangun selama ini harus terus dijaga dan diperkuat untuk menghadapi dinamika politik ke depan”, pungkasnya.***

Pewarta : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!