godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Juli 20 2019
Home / Pemerintah / Ada 20 Desa di Magetan Belum Bentuk BUMDes
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magetan Iswahyudi Yulianto

Ada 20 Desa di Magetan Belum Bentuk BUMDes

MAGETAN, NusantaraPosOnline.Com-Dari 207 desa di Kabupaten Magetan Jawa timur, masih ada 20 belum membentuk badan usaha milik desa ( BUMDes). Padahal membentuk BUMDes adalah amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magetan Iswahyudi Yulianto membenarkan hal tersebut. Memang benar dari 207 desa di Magetan, masih ada 20 desa yang belum memiliki BUMDes.

“Alasannya BPD masih mikir-mikir, ada perangkatnya belum siap, ada lagi beralasan perdesnya belum siap. Kalau Pemerintah desanya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak mau bergerak terus bagaimana?” Kata Iswahyudi, Kamis (27/6/2019).

Menurut Iswahyudi, padahl pembentukan BUMDes merupakan bagian dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa. BUMDes dibentuk oleh BPD dengan perangkat desa setempat.

“Dalam data kami ada 20 desa, mereka belum menyelenggarakan musyawarah, BUMDes itu terbentuk karena musyawarah BPD dengan pemerintah desa. Kami cuman bias mendorong, agar BUMDes segera dibentuk” Ucapnya.

Minimnya pemahaman perangkat desa terkait pentingnya BUMDes, menurut Iswahyudi, telah diatasi dengan penyelenggaraan sosialisasi dari pemerintah daerah, bahkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada 20 desa tersebut. hingga saat ini, ke-20 desa tersbeut masih belum membentuk BUMDes.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya mendorong agar BUMDes segera terbentuk, kami sudah mengundang mereka, yang terakhir bahkan kami mengajak dari provinsi untuk melakukan sosialisasi di 20 desa tersebut,” Kata Iswahyudi. (Edy/Myd)

Check Also

Viral Video Mobil Dinas Polisi Ugal-ugalan Dikemudikan Pelajar Di Puncak

BOGOR, NusantaraPosOnline.Com-Video pelajar mengendaria sebuah mobil patroli Polisi ugal-ugalan di Jalur Puncak Bogor viral di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *