godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Senin , November 23 2020
Home / Daerah / BKSDA Bengkulu Musnahkan Puluhan Hektare Kebun Sawit Ilegal
Ilustrasi

BKSDA Bengkulu Musnahkan Puluhan Hektare Kebun Sawit Ilegal

BENGKULU, NusantaraPosOnline.Com-Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Bengkulu memusnahkan atau mengusur sekitar 20  dari luas 52 hektare total kebun kelapa sawit ilegal. Jumat (2/6/2018) sekitar pukul 09.00 WIB.

Penggusuran mengguna alat berat yang dikawal aparat TNI dan Polri sekitar 65 orang tersebut berada di daerah Desa Kota Niur Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Benteng.

Kepala Tata Usaha BKSDA Provinsi Bengkulu M Harnof mengatakan bahwa kebun sawit itu dimusnahkan karena berada di kawasan hutan taman buruh Semidang Bukit Kabu.  Dari 20 hektare sawit yang sudah berumur 5 tahun itu diserahkan pemiliknya sebanyak tiga orang.

“Kami melakukan operasi damai selama dua hari mulai hari ini (2/6) sampai besok (3/6). Sebab masih ada sekitar 32 hektare lagi yang belum diserahkan masyarakat,” ujar Harnof dari lokasi melalui via handphone.

Menurut  Harnof, untuk pemiliknya tidak diproses hukum. Sebeb mereka menyerahkan lahan yang mereka garap secara ilegal itu dengan sukarela. Akan tetapi bagi yang tidak menyerahkan akan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku.

Kebun sawit tersebut mayoritas mereka tanam sejak tahun 2013 lalu. Untuk itu semua pemilik kebun tidak ada memiliki izin sama sekali. Pihaknya berharap akan melalukan penertiban secara bertahap. Sambil.menunggu kesadaran masyarakat menyerahkan baik baik. Jika tidak akan digusur secara paksa.

“Mereka tidak  melakukan perlawanan, oleh karena itu kita hentikan prosea hukumnya. Mereka sudah menerima kebunya dimusnahkan. Kita berharap yang belum juga dapat menyerahkan,” pungkasnya. (Jun)

Check Also

Pabrik Aspal Karet Muba Resmi Operasional, Harapan Baru Petani

MUSI BANYUASIN, NusantaraPosOnline.Com-Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba), Sumatra selatan (Sumsel), untuk mendongkrak nilai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!