Tingkatkan Penataan Lingkungan, Pemdes Tambar Jombang Bangun Jalan Paving Dan Drainase

Penampakan bangunan saluran drainase ditepi jalan di desa Tambar. Yang sudah selesai dibangun, dengan DD 2024. Jumat (7/6/2024).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam upaya peningkatan infrastruktur di lingkungan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Tambar Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan lingkungan jenis jalan paving dan saluran drainase jalan.

Kepala Desa (Kades) Tambar, Kabupaten Jombang, Muh Irwan Rachmatulloh mengatakan, tahun ini Pemdes Tambar melaksanakan 6 (enam) paket proyek pembangunan infrastruktur desa, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

“Kegiatan enam paket tersebut, diantaranya yakni pembangunan jalan paving di dusun Tambar selatan panjang 100 x 3 meter, anggaran Rp 41.300.000; Pembangunan jalan paving di dusun Tambar selatan panjang 105 x 2 meter, anggaran Rp 51.800.000;  Pembangunan jalan paving di dusun Tambar selatan panjang 78 x 2,5 meter, anggaran Rp 33.400.000; dan Jalan Paving di Dusun Tambar Utara, panjang 88  x 2 meter, anggaran Rp 35.000.000.” Kata Irwan. Jumat (7/6/2024).

Bangunan jalan paving di desa Tambar. Yang sudah selesai dibangun, dengan DD 2024. Jumat (7/6/2024).

Selanjutnya, pembangunan saluran drainase jenis cor bertulang di Dusun Tambar Utara, panjang 100 meter, anggaran Rp 43.500.000; Dan yang terakhir pembangunan Drainase jenis beton bertulang Dusun Tambar Utara, panjang panjang 125 anggaran Rp 52.550.000.

“Jadi total keseluruhan ada 6 paket. Yang terdiri dari 4 paket pembangunan jalan paving, dan 2 paket pembangunan drainase. Saat ini, bangunan tersebut semuanya sudah selesai terbangun 100 persen.” Ujarnya.

Menurut Kades Irwan, pembangunan jalan paving dan drainase ini, merupakan bagian dari komitmen nyata, yang dilakukan pemerintah desa Tambar untuk meningkatkan infrastruktur desa, sekaligus untuk penataan lingkungan.

“Untuk pelaksanaan pembangunan. Dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Tambar, dengan cara swakelola. Tenaga kerjanya, diambilkan dari warga setempat.” Terangnya.

Bangunan jalan paving di desa Tambar. Yang sudah selesai dibangun, dengan DD 2024. Jumat (7/6/2024).

Ia menjelaskan, bahwa tujuan pembangunan 4 paket jalan tersebut, untuk mendukung aktifitas warga-sehari hari. Karena jalan yang dibangun tersebut sangat strategis banyak digunakan / dilewati oleh warga.

“Dengan adanya bangunan jalan yang bagus, aktifitas warga akan menjadi lancar. Kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian warga.” Ungkapnya.

Sedangkan pembangunan drainase bertujuan, untuk menguatkan badan jalan, dan melancarkan saluran air, terlebih disaat musim hujan. Tak hanya itu, pembangunan drainase ini juga untuk penataan lingkungan. Agar jalan lingkungan terlihat rapi.

“Pembangunan drainase ini adalah upaya kami untuk melindungi lingkungan, terutama mencegah genangan air di jalan-jalan yang sering terjadi di musim penghujan. Selain itu, agar lingkungan tertata dengan rapi, sehingga warga kami bisa merasa nyaman.” Pungkasnya.

Penampakan bangunan saluran drainase ditepi jalan di desa Tambar. Yang sudah selesai dibangun, dengan DD 2024. Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, ditempat terpisah ketua TPK Desa Tambar Khusni Mubarok mengatakan, pengerjaan pembangunan Jalan paving, dan saluran Drainase, yang dibiayai dari DD tahun 2024 tersebut, pengerjaanya sudah selesai 100 persen.

“Saat ini hasil pembangunan tersebut, sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.” Kata Mubarok. Jum’at (7/6/2024).

Menurut Mubarok, dari awal pengerjaan jalan dan drainase sampai selesai, pengerjaan berjalan lancar, berkat dukungan kekompakan Pemdes, BPD, dan masyarakat setempat.

“Dalam pengerjaan proyek, kami juga mengutamakan kualitas dan mutu hasil pekerjaan. Agar menghasilkan bangunan yang berkualitas baik, masa penggunaan bangunan bisa bertahan lama.” Ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa pembangunan ini disambut gembira oleh Masyarakat sekitar. Karena pembangunan ini, akan mendukung aktifitas warga sehari-hari, yakni aktifitas perekonomian, pertanian, pendidikan, dan lain-lain. Imbuhnya.***

Pewarta : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!