Dana Desa 2024, Pemdes Tengaran Jombang Bangun Drainase Dan Duiker

Penampakan saluran drainase tertutup disepanjang tepi jalan desa Tengaran, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dari Dana Desa 2024. Senin (20/5/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Tengaran, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa timur, terus melakukan upaya peningkatan pembangunan infrastruktur desa.

Kepala Desa (Kades) Tengaran H. Khusairi mengatakan, baru-baru ini  Pemdes Tengaran, Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan pembangunan saluran drainase lingkungan jenis Beton Tertutup dan pembangunan Duiker.

“Drainase yang dibangun tersebut sepanjang 280 meter, berlokasi disepanjang tepi jalan Dusun / Desa Tengaran. Sedangkan pembangunan Duiker sepanjang 4 meter, juga berlokasi di tepi jalan di Dusun Tengaran. Pembangunan menelan biaya sebesar Rp 177.450.000 yang bersumber dari dari Dana Desa (DD) tahun 2024.”  Terang Kades Khusairi. Senin (20/5/2024).

Ia menjelaskan, Drainase yang dibangun ini, mengunakan kontruksi beton bertulang, dilengkapi dengan cor penutup.

Bangunan saluran drainase tertutup disepanjang tepi jalan desa Tengaran, saat ini sedang dalam pengerjaan. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

“Pengerjaan dibangun mulai pertengahan April 2024. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 90 persen. Pekerjaan yang tersisa tinggal finising atau perapian. Diperkirakan satu minggu lagi bangunan sudah selesai 100 persen.” Ujar Kades Tengaran.

Menurut Kades Tengaran, pembangunan Drainase dan Duiker ini, merupakan usulan dari warga yang disampaikan melalui Musyawarah Desa (Musdes). Proses Musdes antara Badan permusyawaratan desa (BPD), Pemerintah desa, dan unsur masyarakat setempat.

Pembangunan drainase dan duiker tersebut bertujuan bertujuan untuk menanggulangi genangan air di jalan yang sering terjadi saat musim hujan, dan untuk memperkuat badan jalan. Tak hanya itu, pembangunan drainase ini, juga bertujuan untuk penataan lingkungan, agar lingkungan terlihat rapi.

Dikatakanya, saluran drainase sangat perlu dijaga kebersihannya, agar dapat mengalirkan air dengan lancar saat turun hujan, sehingga tidak sampai menggenangi jalan.

Bangunan Duiker ditepi jalan desa Tengaran. Dibangun dari Dana Desa 2024. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

“Untuk itu, saya juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelancaran saluran drainase sangat diperlukan, agar tidak dijadikan tempat perkembangbiakan bibit penyakit, sehingga kebersihan lingkungan tetap terjaga,”  Ujarnya.

Kades Tengaran Juga berharap, agar pembangunan ini dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Terutama bagi warga Desa Tengaran. Imbuhnya.

Sementara itu, ketua TPK Desa Tengaran Eko Prasetyo mengatakan, bahwa pengerjaan pembangunan Drainase dan Duiker dari Dana Desa tersebut, mulai dikerjakan pada pertengahan April 2024. Diperkirakan satu minggu lagi pekerjaan sedah rampung 100 persen.

“Saat ini pengerjaan berjalan lancar, sesuai perencanaan awal. Dan kami tarjetkan pembangunan ini selesai tepat waktu.” Kata Eko. Senin (20/5/2024).

Bangunan Duiker ditepi jalan desa Tengaran. Dibangun dari Dana Desa 2024. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

Menurut Eko, pelaksanaan pengerjaan proyek dikerjakan secara swakelola, untuk tenaga kerjanya diambilkan dari warga setempat.

“Proyek ini, disamping membawa manfaat untuk bagi kepentingan umum, juga dapat menyerap tenaga kerja dari warga setempat.” Ujarnya.

Ia juga menambahkan, dalam pengerjaan proyek pihaknya mengutamakan kualitas dan mutu hasil pekerjaan. Supaya masa penggunaannya bangunan bisa bertahan lama. Imbuhnya.***

Pewarta : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!