godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Februari 27 2021
Home / Pemerintah / Dapat Bantuan Jombang ‘Berkadang’, Pemdes Jarakkulon Bangun Jaringan Irigasi
Ketua TPK desa Jarakkulon, Suparnoto, dilokasi bangunan Jaringan irigasi, yang dibiayai program Jombang ‘Berkadang’ 2020. Kamis (21/1/2021)

Dapat Bantuan Jombang ‘Berkadang’, Pemdes Jarakkulon Bangun Jaringan Irigasi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dimasa pandemi Covid-19 membuat semua anggaran desa memprioritaskan untuk penanganan pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dan juga membantu warga melalui BLT Dana Desa. Akibatnya pembangunan fisik baik itu infrastruktur jalan maupun irigasi terhenti sementara.

Namun beruntung Pemerintah desa (Pemdes) Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, diahir tahun 2020, mendapat bantuan program Jombang ‘Berkadang’  (Jombang berkarakter dan Berdaya saing) dari APBD Jombang TA 2020.

Bangunan Jaringan irigasi, yang dibiayai program Jombang ‘Berkadang’ 2020. Kamis (21/1/2021)

Kepala Desa Jarakkulon, Ihwan Muslimin, mengatakan ditengah masa pandemi Covid-19 desa Jarakkulon mendapat bantuan program Jombang ‘Berkadang’ untuk pembangunan infrastruktur fisik irigasi senilai Rp 200 juta. Bantuan tersebut cair diakhir tahun 2020 lalu.

“Bantuan tersebut kita realisasikan untuk pembangunan jaringan irigasi, dikawasan lahan pesawahan di Dusun Dongeng dan Dusun Santren, volume pekerjaan 185.70 m x 2 m dan 237.90 m x 2 m, menelan biaya sebesar Rp 193.900.000. Tujuan pembangunan ini diantaranya, untuk mengatasi kekurangan air dilahan pertanian warga saat musim kemarau, untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian, dan melancarkan saluran irigasi.” Kata Ihwan Muslimin. Kamis (21/1/2021).

Ia menjelaskan, bangunan jaringan irigasi tersebut mengunakan bahan cor bertulang. Pengerjaan dimulai pada awal November 2020 dan pada akhir Desember 2020 pekerjaan selesai 100 persen. Pelaksana pekerjaan adalah Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Jarakkulon. “Dilaksanakan dengan swakelola, atau padat karya, tenaga kerja dimbilkan dari warga desa setempat yang tidak mampu. Jadi program ini bisa menyerap tenaga kerja dari warga setempat.” Pungkasnya.

Ihwan Muslimin, menyebutkan pembangunan jaringan irigasi ini sebagai wujud perhatian Pemdes Jarakkulon untuk mengsejahterakan petani desa setempat. Dengan pembangunan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil panen petani. “Saya berharap pembangunan ini dapat, meningkatkan kesejahteraan petani.” Ujarnya.

Bangunan Jaringan irigasi, yang dibiayai program Jombang ‘Berkadang’ 2020. Kamis (21/1/2021)

Kades Jarakkulon, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya yang telah memberikan bantuan program Jombang ‘Berkadang’ 2020. Bantuan ini sangat bermanfaat, untuk pembangunan infrastruktur desa Jarakkulon. “Sejak masa pandemi Covid-19, Dana desa (DD) banyak yang kami alokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19 sehingga pembangunan fisik didesa kami tertunda. Berkat bantuan Jombang ‘Berkadang; 2020 ini kami bisa membangun infrastruktur desa kami. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa kami.” Ucapnya.

Sementara itu, ketua TPK desa Jarakkulon, Suparnoto, ia mengatakan pembangunan jaringan irigasi ini mendapat sambutan positif dari warga. Warga senang dengan adanya pembangunan ini.

“Pelaksana pekerjaan kita mulai pada November 2020 dan pada akhir Desember 2020 bangunan sudah selesai. Dari awal hingga akhir pengerjaan berjalan lancar, berkat kerja sama yang baik TPK, Pemdes Jarakkulon, BPD, dan dukungan dari warga setempat. Sekarang ini bangunan jaringan irigasi sudah difungsikan. Semoga bangunan ini banyak membawa manfaat untuk warga.” Kata Suparnoto. (Ris/Snt)

Check Also

Pemdes Rejosopinggir Bangun Kantor Desa, Untuk Meningkatkan Pelayanan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk melengkapi sarana dan prasarana sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!