godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 7 2021
Home / Pemerintah / Dinas Perkim Jombang Gelar Sosialisasi Dan Serbutab Program DAK 2021
Suasana kegiatan sosialisasi dan serah terima buku tabungan bantuan program DAK bidang Perumahan, di pendopo balai desa Kepuhrejo. Rabu (21/4/2021)

Dinas Perkim Jombang Gelar Sosialisasi Dan Serbutab Program DAK 2021

JOMBANG, NusantaraPosOnline.com-Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, mengelar acara sosialisasi dan Serah terima buku tabungan (Serbutab) program DAK (Dana Alokasi Khusus) bidang Perumahan, tahun anggaran 2021.

Acara penyerahan buku tabungan ini langsung dibuka dan diserahkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Syaiful Anwar. Bertempat di pendopo Balai  Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Rabu (21/4/2021). Acara dihadiri oleh tenaga pendamping DAK perumahan, Kepala desa, beserta perangkat desa Kepuhrejo dan para penerima bantuan.

Suasana kegiatan sosialisasi dan serah terima buku tabungan bantuan program DAK bidang Perumahan, di pendopo balai desa Kepuhrejo. Rabu (21/4/2021)

Kabid Pengembangan Kawasan Permukiman, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Syaiful, dalam sambutanya, mengatakan, kegiatan sosialisasi sekaligus penyerahan buku tabungan, bertujuan agar penerima bantuan paham sehingga pelaksanaan di lapangan dapat berjalan maksimal. Kita mengharapkan agar bantuan rehab atau pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni)dari program DAK bidang Perumahan tahun 2021, bisa benar-benar membawa manfaat bagi warga.

“Tujuan kami memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme dan pelaksanaan program DAK bidang perumahan. Dengan begitu penerima bantuan tidak bingung dalam pengerjaannya nanti.” Kata Syaiful.

Ia memaparkan, total penerima bantuan DAK tahun 2021, di desa Kepuhrejo sebanyak 50 unit RTLH. Masing-masing penerima bantuan akan mendapat bantuan uang sebesar Rp 20 juta. Uang itu nantinya digunakan penerima bantuan untuk membeli material sebesar Rp 17,5 juta dan sisanya untuk membayar tukang Rp 2,5 juta. Untuk pembayarannya juga dibagi dengan 3 tahap.

“Uang langsung masuk ke rekening penerima bantuan sebesar Rp 20 juta tidak bisa langsung diambil karena harus melalui koordinasi dari pendamping,  jangan sampai nanti uang sudah diambil tidak ada progres, tidak ada kegiatan nanti kita yang salah dan untuk uang material langsung di transfer ke rekening toko penyedia dan untuk upah tukang bisa langsung di transfer tetapi harus dilihat sudah bekerja atau belum.” Ujar Syaiful, menjelaskan kepada penerima bantuan.

Menurut Syaiful, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, akan terus berupaya melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, namun memang tidak dapat terpenuhi seluruhnya sekaligus. Ada tahapan, proses, prosedur dan penentuan skala prioritas dalam menentukan sasaran kegiatan ini dan dipastikan akhir tahun 2021 selesai.

Suasana kegiatan sosialisasi dan serah terima buku tabungan bantuan program DAK bidang Perumahan, di pendopo balai desa Kepuhrejo. Rabu (21/4/2021)

Total keseluruhan penerima bantuan RTLH di Kabupaten Jombang tahun ini berjumlah 156 orang dari beberapa Desa. Termasuk didalamnya adalah Desa Kepuhrejo mendapat bantuan sebanyak 50 orang.

“Harapan kami mereka penerima RTLH bisa tersenyum dan senang yang pasti bisa Mengeliatkan ekonomi masyarakat supaya tidak terjadi stagnasi perekonomian akibat pandemi ini khususnya daerah yang kumuh karena memang fokusnya dikawasan kumuh dan masyarakatnya masih berpenghasilan rendah.” Pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Heru Widjajanto, mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman, Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Tujuanya supaya para penerima bantuan mengerti aturan-aturan DAK Perumahan dan pengerjaan rumah.

“Diharapkan dengan adanya bantuan Sosial DAK perumahan masyarakat / penerima bantuan rumah yang tadinya tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah yang layak huni (sehat) dengan adanya peningkatan kualitas. Saya berharap warga penerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya.” Tutur Heru. (Ris/Snt)

Check Also

6 Pejabat Lingkup Pemkab Jombang Dilantik Dan Disumpah

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, melantik  6 ASN untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!