Dinas Perkim Jombang Serahkan Buku Tabungan ke 47 Penerima Bantuan Program BSPS 2022

Serah terima buku tabungan di program BSPS tahun anggaran 2022, di Desa Kampung baru Kecamatan Plandaan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, bekerja sama dengan PT. Bank Jatim, melaksanakan serah terima buku tabungan kepada 47 warga yang menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) program Penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) tahun 2022 di Kabupaten.

Total anggaran yang disalurkan untuk pelaksanaan BSPS program PKE yang dikenal dengan istilah bedah rumah di Kabupaten Jombang sebesar Rp 940 Juta.

Bantuan ini bertujuan untuk membantu penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) masyarakat di Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Perkim Jombang Ir. Heru Widjayanto, MSi melalui Kepala Bidang Perumahan Setiawan Afandi, ST, MT selaku Tim Verifikasi Kabupaten, mengatakan tahun 2022 Dinas Perkim Jombang melaksanakan kegiatan bantuan program BSPS program PKE.

Serah terima buku tabungan di program BSPS tahun anggaran 2022, di Desa Kampung baru Kecamatan Plandaan

“Pada tahun 2022  Kabupaten Jombang mendapat total Bantuan BSPS program PKE sebanyak 47 titik lokasi unit rumah yang akan diperbaiki, untuk lokasinya tersebar di 4 Kecamatan dan 7 Desa di Kabupaten Jombang dan total anggaran sebanyak Rp. 940 juta. Yang bersumber dari Kementrian PUPR.” Kata Setiawan. Rabu (24/8/2022).

Menurut Setiawan, per unit rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 20 juta. Dengan perincian penggunaan yakni Rp 17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan, dan Rp 2,5 juta untuk upah kerja, atau ongkos tukang.

“Saat ini tahapan pelaksanaan BSPS dikabupaten Jombang sudah sampai tahapan sosialisasi dan penyerahan buku tabungan kepada 47 orang atau pemilik rumah penerima bantuan.” Ujar Setiawan.

Setiawan menjelaskan, pihaknya pada hari Kamis 14 Juli 2022 di wilayah Kecamatan Plandaan khusunya Desa Kampungbaru juga telah melaksanakan serah terima buku tabungan dari Bank Jatim kepada Penerima Bantuan Program PKE.

Serah terima buku tabungan di program BSPS tahun anggaran 2022, di Desa Kampung baru Kecamatan Plandaan

“Dana dari Kementrian PUPR sudah masuk ke rekening masing-masing penerima bantuan sebesar Rp. 20 juta, pada tanggal 29 Juni 2022 lalu, dana yang masuk ke rekening  tersebut bisa langsung dipergunakan untuk proses pembangunan, atau  bedah rumah oleh penerima bantuan.” Terangnya.

Setiawan menyebutkan, bahwa program Penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) melalui Program BSPS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk mendapatkan rumah layak huni dan juga mendorong program padat karya tunai sehingga mampu memberikan penghasilan juga bagi para pekerja yang mengerjakan rumah-rumah tersebut.

“BSPS program PKE ini, merupakan bentuk perhatian pemerintah khusus pada masyarakat yang membutuhkan sehingga rumahnya menjadi layak huni, lebih sehat dan lebih nyaman.” Kata Setiawan.

Dirinya berpesan kepada Keluarga penerima manfaat (KPM) tetap bersemangat membangun rumahnya. Kami juga meminta seluruh pembangunan rumah BSPS program PKE ini bisa selesai tepat waktu. Sehingga masyarakat bisa segera menikmati hunian yang layak, dan sehat. Tandasnya.

Serah terima buku tabungan di program BSPS tahun anggaran 2022, di Desa Kampung baru Kecamatan Plandaan

Ia berharap, program PKE 2022, bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya warga penerima bantuan di Kabupaten Jombang.

“Program BSPS PKE dilaksaanakan kurang lebih selama 2 bulan Mulai pertengahan Bulan Juli 2022 sampai dengan bulan September 2022 bisa realisasi fisik 100 persen. Imbuh Setiawan. (Ris/Snt)

Berikut ini daftar 47 rumah di 4 kecamatan dan 7 desa di Jombang, yang mendapat BSPS program PKE tahun 2022 :

  1. Kecamatan Wonosalam :
  • Desa Sambirejo sebanyak 2 unit rumah
  • Desa Galengdowo sebanyak 4 unit rumah
  1. Kecamatan Bareng :
  • Desa Nglebak sebanyak 4 unit rumah
  1. Kecamatan Kabuh :
  • Desa Manduro sebanyak 15 unit rumah
  • Desa Munungkerep sebanyak 2 unit rumah
  1. Kecamatan Plandaan :
  • Desa Kampungbaru sebanyak 13 unit rumah
  • Desa Klitih sebanyak 7 unit rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!