Gelapkan Tabungan Ibu-Ibu PKK, Rumah Bu Bayan Mancar Jombang Digruduk Warga

Puluhan ibu-ibu anggota PKK Dusun Mancar Barat, Desa Mancar saat mengeruduk kantor Desa setempat. Senin pagi (25/3/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Puluhan ibu-ibu anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Dusun Mancar Barat, Desa Mancar Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, beramai-ramai mengeruduk rumah Bu Bayan Elva Ardiana Dusun setempat. Senin pagi (25/3/2024). Lantaran diduga telah menggelapkan uang Tabungan Ibu-ibu PKK.

Elva Ardiana diketahui merupakan istri dari Bayan desa (Perangkat desa) Mancar Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, bernama Lutfi.

Selain mengeruduk Rumah Bu Bayan, puluhan ibu-ibu PKK ini juga mengeruduk Kantor Kepala Desa Setempat.

Suwanik perwakilan pendemo, mengatakan, yang melakukan demo hari ini berjumlah 41 orang ibu-ibu anggota PKK, berasal dari Dusun Mancar Barat RT 10 dan RT 11, RW 03.

“Kami yang demo hari ini adalah korban, yang uang tabunganya telah digelapkan oleh Bu Bayan Mancar Barat, yakni Elva Ardiana. Total uang tabungan yang digelapkan sekitar Rp 76.614.750.” Kata Suwanik. Senin pagi (25/3/2024).

Ia menceritakan, pengelapan uang tabungan ini, bermula sejumlah ibu-ibu PKK mengadakan kegiatan, menabung uang melalui PKK Dusun Mancar Barat. Tabungan tersebut untuk persiapan anggota PKK dalam merayakan Idul Fitri atau hari lebaran.

“Sesuai kesepakatan, uang tabungan yang terkumpul, akan dibagikan pada 7 Maret 2024. Namun faktanya, sampai hari ini, uang tabungan ibu-ibu PKK tidak semuanya dibagikan. Masih ada 41 orang termasuk saya, yang belum mendapat pengembalian / pembagian tabungan. Total uang tabungan yang belum dibagikan kepada 41 orang ini sebesar Rp 76.614.750. Kami sudah berusaha menanyakan uang kami kepada Bu Bayan (Elva Ardiana). Hasilnya tidak ada kepastian, bahkan Bu Bayan sudah tidak ada lagi dirumah kontrakanya.” Ungkap Suwanik.

Karena tidak ada kejelasan, oleh karena itulah, kami melakukan demo ke Kantor Kades, untuk meminta Kades Mancar, membantu memfasilitasi penyelesaian masalah ini.

“Kami juga terpaksa beramai-ramai berdemo di rumah kontrakan Bu Bayan Elva Ardiana. Kami cuma menuntut Bu Bayan mengembalikan uang tabungan kami. Jika hari ini tidak ada kepastian, kami akan beramai-ramai mempolisikan Bu Bayan Elva Ardiana.” Kata Suwanik, bersama puluhan ibu-ibu anggota PKK RT 10 dan RT 11 Dusun Mancar Barat.

Kades Mancar Nur Prasetyo, menangapi tuntutan warganya, ia mengatakan bahwa pihaknya selaku Pemerintahan desa, tetap akan membantu menyelesaikan masalah ini.

“Saya ikut prihatin, atas masalah yang menimpa puluhan ibu-ibu PKK di Dusun Mancar Barat. Oleh karena itu, kami selaku Pemerintah desa, akan segera memanggil ketua PKK dusun Mancar Barat dan pengurusnya, akan kami temukan pada ibu-ibu anggota PKK yang menjadi korban. Tujuanya agar masalahnya jelas, dan bisa penyelesaikan masalah ini.” Kata Kades Mancar, Senin pagi (25/3/2024), saat menemui warganya yang sedang berdemo dikantor Desa Setempat.

Ia menambahkan, terkait masalah tabungan PKK Dusun Mancar Barat, dirinya tidak mengetahui total uangnya berapa, dan berapa ibu-ibu yang menabung. Karena uang tabungan itu dikelolah oleh kepengurusan PKK, dan uangnya juga dipegang oleh pengurus PKK.

Kendati demikian, kami Selaku Pemerintah Desa tetap akan berusaha mencarikan solusi, agar tidak ada warga yang dirugikan. Kata Kades Mancar.

Saat disingung, apakah benar Elva Ardiana ketua PKK Dusun Mancar Barat, adalan istri dari Bayan (Perangkat Desa) Mancar  bernama Lutfi ?

“Ya benar, tapi perlu saya tegaskan, masalah uang tabungan PKK dusun Mancar Barat itu. Pemerintah desa Mancar tidak tahu-menahu.” Terang Kades.

Sementara itu bendahara PKK Dusun Mancar Barat, Eli Sofa mengatakan bahwa dirinya tidak membawa uang tabungan ibu-ibu PKK.

“Saya hanya mencatat uang tabungan ibu-ibu anggota PKK Dusun Mancar Barat. Untuk total uang tabungan semua saya tahu. Tapi uangnya semua dibawa oleh ketua PKK Dusun Mancar Barat, Elva Ardiana. Jadi saya hanya tahu jumlahnya saja. Uang itu dikemanakan oleh Elva Ardiana saya juga tidah tahu-menahu.” Terang Eli Sofa. Senin (25/3/2024).

Berdasarkan pantauan nusantaraposonline.com dilapangan puluhan ibu-ibu yang berdemo di rumah kontrakan ketua PKK Dusun mancar barat, meneriakan yel yel dan membentangkan sejumlah poster yang bertulisan tuntutan mereka yang intinya menuntut istri Bayan desa Mancar mengembalikan uang tabungan mereka.

Namun para warga yang berdemo ini, tidak berhasil menemui Bu Bayan Elva Ardiana, mereka mendapati rumah Bu Bayan terkunci dan tidak terlihat ada penghuninya.

Ada hal yang menarik, dalam demo tersebut, yakni para pendemo sempat ada yang hendak mengambil kambing peliharaan dirumah Bu Bayan.

Namun diingatkan oleh temanya sesama pendemo, bahwa kambing itu adalah kambing paroan. Sehingga kambing, tak jadi diambil, dibawa pulang ibu-ibu yang sedang demo.***

Pewarta : RURIN

Simak Vidio Ibu-Ibu Anggota PKK Di Jombang Ngluruk Rumah Bu Bayan Desa Mancar :

Puluhan ibu-ibu anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Dusun Mancar Barat, Desa Mancar Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, beramai-ramai mengeruduk rumah Bu Bayan Elva Ardiana Dusun setempat. Senin pagi (25/3/2024). Lantaran diduga telah menggelapkan uang Tabungan Ibu-ibu PKK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!