godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Peristiwa / Gudang RSUD Jombang Terbakar, Pasien Dan Petugas Medis Panik Berlarian Keluar
Kepulan asap tebal terlihat dan petugas mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan, dari gudang RSUD Jombang Jl KH Wahid Hasyim. Senin (2/8/2021)

Gudang RSUD Jombang Terbakar, Pasien Dan Petugas Medis Panik Berlarian Keluar

NusantaraPosOnline.Com, JOMBANG-Gudang penyimpanan barang RSUD (Rumah sakit umum daerah) di Jl KH Wahid Hasyim Jombang terbakar, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 09.40 WIB. Pristiwa itu membuat sejumlah pegawai, pasien, dan keluarga mendadak panik.

Api berasal dari gudang penyimpanan barang tersebut, menimbulkan kepulan asap hitam, hingga meyebar ke poli umum dan penyakit dalam. Karena jarak ruangan tersebut berdekatan. Sontak saja kondisi ini membuat kepanikan seisi rumah sakit. Para pasien yang sedang berbaring diranjang perawatan, harus dievakuasi keluar gedung.

Di lokasi kejadian, tampak sejumlah pegawai berusaha memadamkan sumber api dengan peralatan seadanya lantaran mobil petugas pemadam kebakaran belum tiba di lokasi.

Dan beberapa petugas juga terlihat mengevakuasi barang-barang berharga dari dalam gudang yang bisa diselamatkan.

Sementara di lokasi lain, beberapa pasien tampak panik berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, sebagian lainnya memilih bertahan sambil memantau perkembangan api.

Beberapa petugas juga sempat berlarian keluar menyelamatkan barang-barang mereka seperti printer, laptop hingga alat kesehatan.

Nampak asap tebal terlihat di atas atap RSUD Jombang di Jl KH Wahid Hasyim, Senin (2/8/2021)

dr Hardini, seorang saksi mata, yang ada lokasi saat kejadian, mengtakan kejadian ini sempat membuat panik sejumlah pegawai rumah sakit, pasien dan keluarga pasien.

“Sekitar pukul 10.00 ruangan tiba-tiba gelap. Saya buka jendela tiba-tiba terlihat asap sudah mengepul dari luar,” Kata dr Hardini.

Selanjutnya bel sirine tanda bahaya berbunyi, ia langsung mengevakuasi semua pasien yang ada di ruangannya, ruang VCT. Beruntung beberapa pasien langsung keluar menyelamatkan diri. “Jarak poli VCT dengan lokasi kejadian berdekatan. Pas di bawahnya, jadi pasien kita arahkan keluar sesuai dengan SOP penanganan,” Ujarnya.

Tak berselang lama, sejumlah petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi. Hingga pukul 10.00, petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang masih berusaha keras memadamkan kobaran api. Beruntung tidak ada korban jiwa dari insiden ini.  Api pun akhirnya berhasil dijinakkan.

Sekitar pukul 10.48, pelayanan di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebu
kembali berjalan normal. Masing-masing poli sudah bisa kembali melayani pasiyen.

Terkait hal tersebut Ditektur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatkan, bagian yang mengalami kebakaran, adalan ruangan gudang penyimpanan RSUD Jombang. Gudang tersebut berisi matras cadangan dan berkas rekam medik pasien.

“Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena putung rokok yang menyulut api ke matras. Di area rumah sakit memang dilarang meroko. Karena berdampak buruk terhadap kesehatan, selain itu adapotensi kebakaran juga bisa terjadi. Namun, meski dilarang, terkadang ada masyarakat yang merokok di tempat tersebut secara bersembunyi-sembunyi.” Kata Pudji.

Ini terbukti, ternyata ada masyarakat yang mungkin ketika diingatkan, sisa rokoknya mungkin dilempar tanpa dimatikan. Itu yang kemudian akhirnya menyulut api dan menyebabkan kebakaran. Ujarnya.

Atas kejadian ini, pihak petugas dari kepolisian masih melakukan olah TKP untuk menyelidiki mengungkab penyebab kebakaran ini. (Why/May)

Check Also

Pemotor Gasak Bak Truk, Kusno Petani Ponorogo Tewas

PONOROGO, NusantaraPosOnline.Com-Seorang Petani bernama Kusno (63) asal Desa Kauman, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo meninggal dunia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!