godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Kades Gedangan Sumobito Lantik Satu Orang Perangkat Desa
Kades Gedangan Edi Santoso, melantik kepala Dusun Gedangan Muhammad Taufik. Kamis siang (23/9/2021)

Kades Gedangan Sumobito Lantik Satu Orang Perangkat Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepala Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, H.Edi Santoso SH. mengambil sumpah dan melantik 1 (satu) orang perangkat desa baru hasil tes seleksi calon perangkat desa beberapa waktu lalu.

Satu orang perangkat desa yang dilantik tersebut, yakni Muhammad Taufik, untuk menempati jabatan Kepala Dusun (Kasun) Gedangan, dengan masa jabatan sampai umur 60 tahun.

Pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung di pendopo kantor Desa Gedangan pada Kamis siang (23/9/2021), yang ditandai dengan pembacaan Keputusan Kepala Desa Gedangan tentang Pengangkatan Kepala Dusun Gedangan Muhammad Taufik.  Dan pengambilan sumpah kepada perangkat terlantik sekaligus pembacaan naskah pelantikan oleh Kepala Desa setempat, yang dilanjutkan dengan penyerahan SK oleh Kepala Desa kepada Perangkat Desa yang baru dilantik.

Kades Gedangan Edi Santoso, dan perangkat desa baru berpose bersama Camat, Kapolsek Sumobito, usai melantik perangkat desa. Kamis petang (23/9/2021)

Acara dihadiri Camat Sumobito Mustagfirin didampingi beberapa staf Kecamatan, Babinsa, Babinkantib, perangkat desa setempat, BPD, tokoh masyarakat setempat, dan calon perangkat desa baru beserta keluarga.

“Saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Dan selamat kepada perangkat desa yang terlantik. Disamping itu saya mengucapkan terima kasih kepada panitia seleksi pengisian  perangkat desa Gedangan, yang telah bekerja keras melaksanakan semua tahapan-tahapan pengisian perangkat mulai dari tahap pejaringan hingga sampai ketahap pelantikan yang sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga pelaksanaan pengisian perangkat desa Gedangan terlaksana dengan baik, dan hasil pengisian perangkat tersebut hari ini (kamis 23/9/2021) bisa sampai ketahap pelantikan.” Demikian Kata Kades Gedangan Edi Santoso, mengawali sambutanya.

Dalam sambutannya Kades Gedangan mengatakan, perangkat desa merupakan unsur penyelenggara pemerintahan desa yang berkedudukan membantu kepala desa dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan desa, pembangunan dan kemasyarakatan. Mengingat tugas dan tanggungjawab yang diemban cukup berat, maka seorang perangkat desa harus memandang bahwa tugas yang diemban merupakan amanah rakyat yang harus dilaksanakan penuh tanggungjawab.

“Saya berharap Kepala Dusun yang baru terlantik memegang sumpah dan janji jabatan, dan segera beradaptasi dengan perangkat desa yang lama agar dapat bekerja sama dalam membangun desa Gedangan lebih baik lagi. Dengan adanya pelantikan kepala dusun Gedangan ini maka jabatan yang tadinya kosong mulai hari ini sudah terisi, semoga dengan terisinya jabatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” Ujar Edi.

 

Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah kepala dusun Gedangan. Kamis siang (23/9/2021)

Disamping itu saya mengharapkan perangkat desa terus menjaga lingkungan agar tetap guyup dan rukun. Kemudian rangkul dan bekerjasamalah dengan segenap potensi masyarakat dan memanfaatkan potensi tersebut tanpa membeda-bedakan.

“Untuk membangun Desa Gedangan agar lebih baik lagi, Pemerintah Desa perlu dukungan dan partisipasi dari semua lapisan masyarakat. Karena tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat kami (Pemerintah desa) bukan apa-apa.” Tutur Kades Gedangan.

Sementara itu Camat Sumobito Mustagfirin, mengawali sambutanya juga mengucapkan selamat kepada perangkat desa yang baru terlantik. Ia berharap kepada perangkat desa yang telah dilantik untuk selalu bekerja sesuai tupoksi masing-masing, jalin komunikasi dan kordinasi yang baik dengan sesama unsur masyarakat.

“Dengan terisinya jabatan perangkat desa Gedangan yang kosong ini, saya berharap ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat, dan jangan membeda-bedakan masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada warga.” Tutur Camat.

Ketua panitia seleksi pengisian calon perangkat Desa Gedangan, Achmad Husaini menjelaskan, Kepala Dusun Gedangan, yang baru dilantik merupakan hasil pelaksanaan tes seleksi pengisian calon perangkat desa Gedangan, yang dilansanakan selama dua hari, yaitu pada  Rabu 22 – Kamis 23 September 2021.

Tes diikuti 4 orang peserta, yakni Muhammad Taufik, Nosma Firdaus, Muhammad Nur Huda dan Iftah Ifaqoh Fauziyah Keempat adalah warga desa setempat.

“Materi tes ada dua, yakni tes tulis berbasis CAT (Computer Assisted Test) yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, dilaksanakan kemarin (Rabu 22/9/2021) di Kampus Untag. Dan tes wawancara dilakukan oleh kepala desa Gedangan tadi pagi bertempat di kantor desa Gedangan.” Kata Husaini. Kamis  (23/9/2021).

Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah kepala dusun Gedangan. Kamis siang (23/9/2021)

Adapun hasil tes CAT dan wawancara tadi pagi sudah diumumkan, hasilnya dari 4 peserta tes,  yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Muhammad Taufik.

“Jadi usai dilakukan tes wawancara tadi pagi, kemudian siang ini dilanjutkan dengan pelantikan.” Terang Husaini.

Ia menambahkan, ada banyak tahapan mulai dari sosialisasi yang dilakukan tanggal 18 Agustus 2021 pada hari itu juga dibuka pendaftaran dan ditutup tanggal 30 agustus 2021.

“Jadi tes CAT, tes wawancara dan Pelantikan yang digelar hari ini, adalah bagian terakhir dari proses penjaringan perangkat desa. Sebelumnya, keempat calon tersebut sudah melalui tahapan-tahapan tersebut” Ujarnya.

Husaini berharap, dengan terisinya perangkat desa ini panitia juga merasakan legah dan Perangkat yang terpilih segera bekerja sesuai dengan tupoksi membantu kepala desa dalam mengayomi masyarakat dan melayani masyarakat desa Gedangan. Pungkasnya. (Sin/may)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!