godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , April 20 2021
Home / Pemerintah / Kegembiraan Warga Desa Ngumpul, Warnai Pembagian Sertifikat Tanah PTSL
Wakil bupati Jombang Sumrambah, berdialog dengan warga desa Ngumpul, saat penyerahan sertifikat program PTSL. Rabu (11/11/2020)

Kegembiraan Warga Desa Ngumpul, Warnai Pembagian Sertifikat Tanah PTSL

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Ratusan warga Desa Ngumpul Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tersenyum gembira, setelah mendapatkan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Acara penyerahan sertifikat PTSL tersebut dilaksanakan dikantor desa setempat, dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang, Sumrambah; Ketua Badan pertanahan nasional (BPN) Jombang Tutik Agustiningsih S.H MHum, Forkofimcab Jogoroto, dan dinas terkait, lainnya.

Penyerahan sertifikat tesebut dilakukan secara simbolik oleh wakil Bupati Jombang, Sumrambah, Kepala BPN Jombang Tutik Agustiningsih S.H MHum, Camat Jogoroto, dan Kades Ngumpul, Zainal Arifin, kepada warga.

Wakil bupati Jombang Sumrambah, menyerahkan secara simbolik sertifikat program PTSL kepada warga desa Ngumpul. Rabu (11/11/2020)

Acara dibuka Kades Ngumpul Zainal Arifin. Dalam sambutanya mengatakan sertifikat PTSL yang dibagikan hari ini adalah hasil pengajuan tahun 2019 lalu ke BPN Jombang.

“Tahun 2019 desa Ngumpul, mendapatkan jatah program PTSL untuk 3000 bidang tanah dari Kantor BPN Jombang. Nah setelah pendaftaran kita buka, ada 2500 bidang tanah yang sudah kita ajukan ke BPN melalui program PTSL. Dari pengajuan tersebut sudah 728 bidang yang sertifikatnya sudah jadi. Kita bagikan hari ini kewarga. Sisanya masih dalam proses.” Kata Zainal Arifin.

Ia menjelaskan penyerahan sertifikat PTSL hari ini kita bagi menjadi dua sesi, yaitu sesi 1 dilakukan pukul 08.00 – 12.00 WIB, dan sesi ke 2 dilaksanakan pukul 12.00 – selesai. “Pembagian sertifikat hari ini kita bagi menjadi 2 sesi, tujuanya untuk menghindari perkumpulan orang terlalu banyak, untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.” Ujarnya.

Atas nama pemerintah desa, dan warga Ngumpul, saya mengucapkan terima kasih, kepada pihak BPN Jombang, dan dinas terkait lainya, yang telah memberi bantuan kepada warga desa Ngumpul, melalui program sertifikat PTSL. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga desa Ngumpul, karena program ini digratiskan kepada warga. Tak hanya itu proses pengajuan sertifikat PTSL ini juga lebih mudah, dan cepat. “Warga sangat senang mendapatkan program ini. Saya berpesan kepada warga yang sudah terima sertifikat, agar menjaga baik-baik sertifikat tersebut, karena sertifikat tersebut merupakan barang berharga, sebagai bukti kepemilikan syah atas tanah.” Kata Zainal.

Kepala BPN Jombang, Tutik Agustiningsih S.H MHum menyerahkan secara simbolik sertifikat program PTSL kepada warga desa Ngumpul. Rabu (11/11/2020)

Ia menambahkan, berbagai manfaat yang diperoleh usai penyertifikatan tanah. Di antaranya, sertifikat dapat digunakan untuk agunan pinjaman di bank. “Tentunya pinjaman yang diajukan untuk kegiatan produktif untuk modal usaha, bukan konsumtif dinikmati untuk foya-foya.” ujarnya.

Kepala BPN Jombang, Tutik Agustiningsih dalam sambutanya menyebutkan sebanyak 2500 bidang tanah yang diajukan Pemdes Ngumpul ke BPN Jombang, melalui program sertifikat PTSL. “Dari jumlah tersebut sebanyak 728 sertifikat sudah jadi dan kita serahkan hari ini kewarga desa Ngumpul. Sedangkan sisanya sedang dalam proses.” Kata Tutik dalam pidato sambutanya.

Ia menambahkan bahwa PTSL merupakan program pemerintah pusat untuk memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang mana ditargetkan tahun 2023 semua tanah di Indonesia sudah bersertifikat.

Sementara itu Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dalam sambutanya menyampaikan, bahwa pemerintah Kabupaten Jombang sangat mendukung program sertifikat PTSL, karena ini adalah merupakan program strategis nasional, di mana pada 2025, Presiden RI Joko Widodo menargetkan semua bidang tanah di seluruh Indonesia harus sudah bersertifikat. Sedangkan untuk Provinsi Jatim, program itu ditargetkan selesai pada 2023.

Menurut Sumrambah, sertifikat tanah sangatlah penting sebagai legalitas resmi kepemilikan atas tanah. Dengan adanya sertifikat berarti status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu, sertifikat juga bernilai ekonomis guna sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kades Ngumpul Zainal Arifin, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warganya. Rabu (11/11/2020)

“Saya berpesan kepada masyarakat agar menggunakan sertifikat ini dengan bijak dan sesuai peruntukkannya,” pesan wabup.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, kami mengucapkan terima kasih kepada Kantor BPN Kabupaten Jombang beserta jajarnya atas sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Untuk mensukseskan program PTSL di Kabupaten Jombang. Demi kesejahteran masyarakat Jombang. Ujarnya.

Menurut Holifiana warga dusun Rejoso, Desa Ngumpul,  ia mengatakan, kami sangat senang dan sangat gembira. “Sudah lama keluarga kami ingin menyertifikatkan tanah, namun terganjal biaya. Lalu kami ajukan melalui program sertifikat PTSL. Prosesnya tidak lama hanya kisaran 5 bulan sertifikanya sudah selesai dan saya terima hari ini. Tak hanya itu program PTSL ini juga gratis.” Ujarnya, sambil senyum-senyum sebagai espresi senang mendapatkan sertifikat PTSL.

Holifiana, mengaku akan menyimpan sertifikat tersebut sebaik-baiknya,  sebagai bukti kepemilikan aset tanah keluarga saya, dan bisa di wariskan kepada anak cucunya. (Ris/Snt)

Check Also

Bupati Jombang Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur  menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!