godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Daerah / Klaster Hajatan, Diduga Penyebab Lonjakan Positif COVID-19 Di Sidoarjo
Satgas Penanganan Penyebaran Covid-19 Sidoarjo, saat membubarkan paksa pesta hajatan, di rumah Kades Sidokepung, Elok Suciati.

Klaster Hajatan, Diduga Penyebab Lonjakan Positif COVID-19 Di Sidoarjo

SIDOARJO, NusantaraPosOnline.Com-Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, Atok Irawan menyebutkan, Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo diduga karena banyaknya warga yang menggelar hajatan tanpa mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, libur lebaran tahun ini diduga juga turut mendominasi lonjakan pasien Covid-19 di Sidoarjo.

Hal ini menyebabkan ruang IGD lantai 3 RSUD Sidoarjo dijadikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. “Ada 48 pasien terkonfirmasi dan saat ini kami rawat di ruang IGD lantai 3 RSUD Sidoarjo. Sedangkan di ruang IGD lantai 1 ada 19 pasien probable,” kata Atok Irawan,  (22/6/2021).

Ia menjelaskan, pasien probable adalah orang yang masih dalam kategori suspek dan memiliki gejala ISPA berat, gagal napas, atau meninggal dunia, namun belum ada hasil pemeriksaan yang memastikan bahwa pasien positif Covid-19. Maka perlu dilakukan swab untuk memastikan pasien tersebut positif Covid-19 atau tidak.

“Pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Sidoarjo saat ini ada 169 orang, 80 persen diantaranya adalah warga Sidoarjo. Lonjakan pasien diduga banyak warga yang menggelar hajatan tanpa mematuhi protokol kesehatan, ditambah lagi libur lebaran kemarin banyak warga yang melanggar prokes,” Terang Atok.

Ia menambahkan, selain klaster hajatan, ada beberapa klaster keluarga yang dirawat di RSUD Sidoarjo. Dirinya menduga libur lebaran menjadi penyebab munculnya kasus Covid-19 klaster keluarga ini. “Kalau terkait klaster baru Covid-19, memang belum ada di Kabupaten Sidoarjo,” Tuturnya. (Ags)

Check Also

Hambat PTSL Sejak 2019, Kades Di Nganjuk Didemo Warga

NGANJUK, NusantaraPosOnline.Com-Ratusan warga Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk, Jawa timur, menggeruduk kantor Kepala desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!