Opini : Ironis Kota Santri

Safri nawawi (pemimpin redaksi nusantara pos)

IRONIS, Jombang yang punya sebutan kota santri banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional khususnya tokoh agama seperti KH. Hasyim Asy’ari pendiri NU, Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau yang lebih sering disebut Gus Dur, bahkan budayawan ternama Ema Ainun Najib atau yang lebih akrab disapa Cak Nun juga berasal dari Jombang.

Namun sungguh ironis di kota santri justru terjadi peristiwa yang tidak seharusnya terjadi, apakah pembaca masih ingat kasus dugan amoral yang menyeret putra Kiai Pemilik Pondok Pesantren dari Jombang bagian utara. Moch Subchi Al Tsani (MSAT) atau lebih sering dikenal mas Bechi.

Ia sekarang sebagai terdakwa terkait kasus dugaan pencabulan santriwati di Pondok Pesantren Shiddiqiyah, Kecamatan Ploso, Jombang yang diasuh oleh ayahnya sendiri. Pesantren ini yang memiliki ribuan, bahkan mungkin jutaan santri yang tersebar di Nusantara.

Menyimak kasus itu, timbul pertanyaan besar bahwa masihkah relefan Jombang ini disebut kota santri ?. Pantas tidak pantas tentunya saya serahkan pada khalayak umum, terutama pembaca setia Nusantara Pos dan nusantaraposonline.com. (*)

*)Oleh : Safri Pimred Nusantara Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!