Pembangunan Proyek Pasar Tunggorono Jombang Capai 80 Persen

Tim dari Disdagrin Jombang meninjau langsung proyek pasar Tunggorono, untuk memastikan pengerjaan proyek benar-benar berjalan sesuai kontrak atau tidak.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dinas Perdagangan dan Perisdustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang, menyatakan Progres proyek pembangunan pasar Tunggorono yang berlokasi di kawasan Jl Mayjend Sungkono, Desa Tunggorono Kecamatan / Kabupaten Jombang, telah mencapai 80 persen.

“Saat ini progres sudah 80 persen, proyek ini ditarget selesai sebelum akhir Desember ini, dengan melihat progres saat ini sepertinya bisa selesai lebih awal.” kata kepala Disdagrin Kabupaten Jombang Hari Oetomo melalui Kabid Sarana Perdagangan dan barang pokok penting Yustinus Haris Eko Prasetijo. Rabu (7/12/2022).

Dia menjelaskan bahwa pembangunan pasar ini dibangun dengan APBD Jombang tahun 2022, dikerjakan oleh pihak ketiga selaku pemenang tender (Lelang) dengan nilai kontrak Rp 3,7 miliar.

Proyek pembangunan pasar Tunggorono di kawasan Jl Mayjend Sungkono, Jombang. yang sedang dalam pengerjaan

“Pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar Tunggorono, sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).” Ujar Haris.

Dengan demikian diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya para pedagang pasar Tunggorono. Hal ini seiring dengan tujuan pembangunan Pemkab Jombang, untuk mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing (Jombang Berkadang). Sambung Haris.

Ia juga menjelaskan, teknis pembangunan / perbaikan yakni melakukan pembongkaran seluruh kios dan toko di sisi timur pasar, untuk dibangun kembali.

“Untuk toko dibangun seluas 3×3 meter dan 3×4 meter. Sementara untuk jenis kios, akan dibangun dengan luas 2,5 × 3 meter. Selain itu, ada juga pembangunan fasilitas penunjang bagi pengunjung pasar. Sebelumnya, akses bagi pengunjung Pasar Tunggorono sisi timur masih berupa jalan tanah. Dengan rehab ini, seluruh jalan akan dipaving.” Papar haris.

Proyek pembangunan pasar Tunggorono, Jombang.

Ia menambahkan, pembangunan pasar ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah daerah mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat akibat terdampak pandemi COVID-19. Imbuh Haris.

Sementara itu, di tempat terpisah pelaksana lapangan dari CV Satu Jaya, Andi mengatakan, pengerjaan proyek pembangunan pasar Tunggorono terus dikebut. Dalam minggu ini pihaknya sedang mengerjakan pemasangan rangka atap, dan atap. Ditargetkan minggu depan seluruh atap sudah terpasang semua.

“Selain pemasangan rangka dan atap, hari ini juga kita sedang melakukan pengerjaan pengecoran lantai bangunan. Kami juga menargetkan pengecoran lantai bisa kelar minggu depan. Pekerjaan terus kita kebut agar selesai sesuai jadwal,’’ kata Andi dilokasi proyek. Rabu (7/12/2022).

Setelah atap terpasang, dan pengecoran lantai selesai pekerjaan di bagian bawah diharapkan tak mengalami kendala ketika turun hujan. Misalnya, pemplesteran pada dinding, pemasangan plafon dan pemasangan keramik. Dan kami tetap optimis bisa menyelesaikan sisa pekerjaan sebelum akhir Desember 2022 ini. Ujar Andi. (Why)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!