Pemdes Jatiduwur Jombang Bangun Jalan Rabat Beton

Bangunan jalan rabat beton di desa Jatiduwur, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dari Dana Desa 2024. Jum'at (15/03/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang membangun jalan Rabat beton sepanjang 163,5 meter, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024.

Pembangunan ini, untuk menunjang perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepala Desa Jatiduwur Subardi mengatakan, jalan rabat beton yang dibangun tersebut berlokasi di Dusun Jatiduwur RT 08 RW 07 dengan panjang 163,5 meter, lebar 4 meter, dan tebal 15 Cm. Pembangunan ini, menelan biaya sebesar Rp 150 juta, bersumber dari Dana Desa tahun 2024.

Menurutnya, pembangunan jalan rabat beton ini adalah realisasi dari kesepakatan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bersama masyarakat.

Bangunan jalan rabat beton di desa Jatiduwur, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dari Dana Desa 2024. Jum’at (15/03/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

“Untuk pengerjaan dilaksanakan oleh TPK (Tim pengelola kegiatan) desa setempat. Pengerjaan dimulai pada awal Februari 2024 selanjutnya pada akhir Februari, pembangunan sudah selesai 100 persen.” Kata Subardi. Jum’at (15/03/2024).

Pengerjaan berjalan lancar, kata Kades Subardi, selesai sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

“Alhamdulillah pembangunan jalan rabat beton tersebut berjalan dengan lancar, berkat dukungan dari masyarakat,” Ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tersebut untuk mendukung aktifitas warga sehari-hari. Yakni aktifitas ekonomi, pertanian, pendidikan, dan lain-lain. Sekaligus untuk menjawab aspirasi warga, yang sudah lama mengusulkan pembangunan jalan tersebut, kepada Pemerintah desa Jatiduwur.

Bangunan jalan rabat beton di desa Jatiduwur, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dari Dana Desa 2024. Jum’at (15/03/2024).  (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

“Berkat DD tahun ini, Pemdes Jatiduwur dapat memenuhi keinginan warga, untuk membangun jalan tersebut, dan Alhamdulillah bangunan jalan tersebut sudah selesai dan sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, selaku penerima manfaat pembangunan ini.” Tutur Kades Jatiduwur Subardi.

Kades pun berharap, agar pembangunan jalan rabad beton ini, dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi warga desa Jatiduwur. Pungkas Subardi Kades Jatiduwur.

Ketua TPK Desa Jatiduwur, Mochammad Yaod mengatakan, dalam melaksanakan pekerjaan proyek jalan Rabad Beton, di Dusun Jatiduwur RT 08 RW 07 pihaknya mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar menghasilkan bangunan jalan yang bermutu baik, dan supaya masa penggunaan jalan tersebut bisa bertahan lama.

“Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swakelola, tenaga kerja diambilkan dari warga setempat. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga. Dan untuk membantu warga yang kurang mampu. Bantuan tersebut dalam bentuk upah kerja.” Kata Yaod.

Proyek jalan rabat beton di desa Jatiduwur, saat sedang dalam pengerjaan. Tampak seorang pekerja mengukut ketebalan jalan. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Wahyu).

Ia juga menjelaskan, pembangunan mulai dikerjakan awal Februari dan akhir Februari 2024 pembangunan sudah rampung 100 persen. Wargapun, sangat senang atas pembangunan ini. Karena pembangunan jalan rabat beton ini, sudah lama dinanti-nanti warga, dan pada Februari 2024 harapan mereka terwujud.

“Pengerjaan pembangunan dari awal hingga akhir atau hingga selesai berjalan lancar. Hal ini berkat kekompakan TPK, Pemdes, BPD, serta dukungan dari warga.” Ungkapnya.

Semoga pembangunan ini, dapat membawa kemajuan desa Jatiduwur dalam segala bidang. Ujar Yaod. ***

Pewarta : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!