Pemdes Mayangan Jombang Realisasikan DD Bangun Jalan Rabat Beton

Kades Mayangan, Jombang, H.Gunawan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk menunjang kelancaran aktifitas perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, memanfaatkan dana desa (DD) tahun 2023 untuk membangun jalan rabat beton.

Kepala Desa (Kades) Mayangan, Jombang, H.Gunawan mengatakan, Jalan rabat beton yang dibangun tersebut berlokasi di dusun Waruanom dengan volume 345m x 3m x 0,15m menelan anggaran Rp 198.346.200. Yang bersumber dari Dana desa tahun 2023.

“Pembuatan jalan rabat beton ini merupakan hasil kesepakatan melalui Musyawarah Desa (Musdes). Sekaligus untuk menjawab keinginan dan kebutuhan warga yang sudah lama menginginkan perbaikan jalan tersebut.” Kata Gunawan. Rabu (20/9/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa sebelumnya pembangunan lingkungan ini, sudah direncanakan dan disepakati melalui Musdes. Sehingga tahun 2023 ini, Pemdes Mayangan merealisasikan Dana Desa tahun 2023 ini, untuk pembangunan akses jalan rabat beton dusun Waruanom.

“Alhamdulilah pembangunan jalan rabat beton tersebut sudah selesai dikerjakan. Hasil pembangunan jalan juga sudah dapat dirasakan warga.” Ujar Kades Mayangan.

DANA DESA : Proyek jalan rabat beton di Desa mayangan, yang sudah selesai 100 persen. Dibiayai dari DD tahun 2023. (Foto : Dok Nusantara Pos / Sinta)

Menurut Gunawan, dengan pembangunan jalan tersebut diharapkan, dapat melancarkan aktivitas warga sehari-hari. Agar ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat, maju dan berkembang dalam segala bidang. Baik itu pendidikan, pertanian, perdagangan dan lain-lainnya.

“Tujuan dibangunnya akses jalan ini untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa, dan untuk menunjang aktifitas perekonomian warga agar seluruh warganya bisa menerima manfaat pembangunan dari anggaran Dana Desa.” Ungkapnya.

Gunawan juga menambahkan, jalan yang dibangun tersebut merupakan jalur yang memang harus segera dibangun. Karena sebelum dibangun jalan rabat beton, kondisi jalan itu sudah rusak parah, lantaran termakan usia. Selain itu jalan lingkungan di dusun Waruanom juga sering dilalui warga setempat.

“Dengan pembangunan jalan ini, semoga bisa mensejahterakan warga, dan dapat mendukung aktifitas  mereka (Warga).”  Tutur Gunawan.

Sementara itu Juni Setiono ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Dana Desa, Desa Mayangan, mengatakan pelaksanaan pengerjaan jalan rabat beton, mulai di kerjakan diawal agustus 2023 kini pembangunan sudah selesai 100 persen.

Proyek jalan rabat beton di Desa mayangan, saat sedang dalam pengerjaan.

“Pelaksanaan dilakukan secara swakelola, tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga.Bantuan tersebut dalam bentuk upah kerja .” Kata Juni.

Dalam mengerjakan proyek, kami mengutamakan kualitas, pekerjaan. Karena bangunan ini untuk warga, selaku warga desa Mayangan yang menerima manfaat dari pembangunan ini.

“Oleh karena itulah kita mengutamakan kualitas pekerjaan. Agar masa pengunaan jalan bisa bertahan lama.” Ungkapnya.

Juni menambahkan, warga merasa senang atas pembangunan jalan rabat beton tersebut.

“Selama ini warga sudah lama menantikan pembangunan jalan dan sekarang harapan warga dapat terwujud. Jadi warga merasa senang.” Imbuhnya.****

Pewarta : Sinta

Editor : Riska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!