Pemkab Jombang Gabungkan 4 Hari Besar Pada Upacara Hari Ibu Ke 95

Suasana upacara peringatan 4 hari besar sekaligus yakni Hari Ibu, Hari Bela Negara, Hari Nusantara Dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Kabupaten Jombang dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Jombang, pada Jum’at (22/12/2023) pagi.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Upacara peringatan empat hari besar sekaligus yakni Hari Ibu, Hari Bela Negara, Hari Nusantara Dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Kabupaten Jombang dilaksanakan di Alun – Alun Kabupaten Jombang, pada Jum’at (22 Desember 2023) pagi.

Upacara yang dipimpin oleh Pj Bupati Jombang Sugiat tersebut, seluruh petugas upacaranya dilaksanakan oleh perempuan.

Dari pendopo Kabupaten Jombang, Pj. Bupati Jombang bersama Forkopimda berjalan kaki menuju lokasi upacara.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jombang Sugiat menyampaikan bahwa peringatan Hari Ibu yang mengusung tema ‘‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’’ merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kontribusi yang signifikan yang diberikan oleh perempuan dalam memajukan Kabupaten Jombang.

“Semoga peringatan ini, menjadi momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun Kabupaten Jombang sesuai dengan keahlian dan tanggung jawabnya masing-masing”, tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.

“Fakta menunjukkan bahwa perempuan telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan penurunan angka stunting. Oleh karenanya, perayaan Hari ibu ke-95 harus mampu menginspirasi perempuan untuk terus mencintai dirinya dan mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas untuk membangun Kabupaten Jombang.

Terkait peringatan Hari Bela Negara Pj Bupati Jombang Sugiat mengingatkan bahwa tantangan ke depan semakin tidak terduga. Bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Oleh karena itu, pada peringatan hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 dengan tema ‘‘Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju‘‘, saya mengajak masyarakat Kabupaten Jombang untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jombang agar memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat”, tuturnya.

Peringatan Hari Nusantara ke-23 tahun 2023 mengusung tema ‘’Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim Dari Titik Nol Jalur Rempah’. Tema ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk mencapai net zero emission (nze) di tahun 2060 yang diharapkan menumbuhkan sektor potensi investasi di sektor ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular.

Kedepannya diharapkan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional yang mampu mengelola potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.

“Beranjak dari titik pemikiran itulah, di tengah-tengah dinamika pesta demokrasi serentak, Saya mengajak kita semua, untuk memperingati Hari Nusantara tahun ini dalam nuansa sahaja, meneguhkan tekad berkarya untuk bangsa, dan tetap menjaga Persatuan Indonesia”, tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.

“Pada 20 Desember Bangsa Indonesia juga memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2023. Hal ini menjadi panggilan kita untuk bersatu demi kebaikan bersama dalam menghadapi realitas yang kompleks, yakni tingginya angka kemiskinan yang masih menjadi tantangan besar.

Meskipun telah banyak upaya yang dilakukan, tantangan ini mengharuskan kita semua untuk terus berkarya dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat yang adil, setara, dan sejahtera”, lanjutnya.

“Kesetiakawanan Sosial Nasional memiliki peran krusial dalam memerangi kemiskinan. Melalui kolaborasi dan dukungan bersama, masyarakat dapat memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan dan menciptakan lingkungan yang lebih inklusif”, pungkas Pj. Bupati Jombang Sugiat.

Usai Upacara Pj. Bupati Jombang bersama Forkopimda memberikan buket bunga kepada para Istrinya, sebagai ungkapan ucapan Hari Ibu.***

Editor : NUR AINI AULIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!