godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Juni 20 2021
Home / Pemerintah / Perkuat Jalan Desa, Pemdes Kepuhdoko Jombang Bangun TPT
Suasana kekompakan Kades Kepuhdoko, Sutarman (Tengan pakai kacamata) berpose bersama perangkat desa setempat.

Perkuat Jalan Desa, Pemdes Kepuhdoko Jombang Bangun TPT

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa timur, bangun Tembok Penahan Tanah (TPT) pada akses jalan desa, yang dibiayai dari Bantuan Keuangan Desa (BKDesa) yang bersumber dari APBD Jombang 2020.

Bangunan TPT ditepi jalan desa Kepuhdoko, yang dibiayai dari BKDesa 2020

Pembangunan TPT tersebut berada di dua dusun, yakni di Dusun Semaden, volume 133,00 M3 menelan biaya Rp 59.587.000; dan berlokasi di Dusun Doko, volume pekerjaan 220 M3 menelan biaya Rp 58.587.000.

Kepala Desa Kepuhdoko, Sutarman, mengatakan, pembangunan TPT tersebut berlokasi di tepi jalan dusun Semaden, dan Dusun Doko, tujuan pembangunan TPT ini salah satunya untuk memperkokoh badan jalan desa, agar tidak tergerus air saat musim hujan tiba.

“Pembangunan tersebut dibiayai dari BKDesa yang berasal dari APBD Jombang 2020. Pengerjaan dimulai pada November 2020, dan bangunan selesai pada akhir Desember 2020. Pengerjaan dilakukan pada akhir tahun karena bantuan BKDesa ini cairnya menjelang akhir tahun 2020.” Kata Sutarman. Selasa (19/1/2021).

Bangunan TPT ditepi jalan desa Kepuhdoko, yang dibiayai dari BKDesa 2020

Ia menuturkan, pembangunan ini merupakan tindak lanjut usulan warga yang disampaikan dalam musyawarah desa. Sehingga dalam rapat desa disepakati alokasi bantuan BKDesa 2020 digunakan untuk pembangunan TPT. “Pembangunan ini disambut baik oleh warga, karena pengunaan BKDesa ini sesuai kebutuhan dan usulan warga.” Ujarnya.

Sutarman menjelaskan, dalam proses pembangunan  juga dilakukan dengan skema padat karya tunai. Yaitu semua tenaga kerja kita ambilkan dari warga setempat. Sebagai wujud pemberdayaan masyarakat. Agar ongkos kerja (Ongkos tukang) yang besarnya sekitar 30 persen dari nilai proyek bisa dinikmati warga Kepuhdoko. “Jadi proyek pembangunan TPT ini, juga bisa menyerap tenaga kerja, dari warga yang tidak mampu, apa lagi dimasa pandemi Covid-19, masyarakat banyak yang kesulitan cari pekerjaan.” Pungkasnya.

Bangunan TPT ditepi jalan desa Kepuhdoko, saat masih dalam pengerjaan, yang dibiayai dari BKDesa 2020

Kades Kepuhdoko, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya atas bantuan BKDesa, yang telah diberikan kedesa Kepuhdoko. Kami berharap bangunan TPT ini dapat bermanfaat secara maksimal, untuk kemakmuran warga. Pungkasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Kepuhdoko, Ridwan, mengatakan, untuk pelaksanaan pengerjaan TPT yang dibiayai BKDesa, sudah di laksanakan dan bangunan sudah dapat difungsikan. “Pengerjaan kita mulai awal November 2020  dan pada akhir Desember 2020 bangunan sudah rampung 100 persen. Dari awal hingga akhir pengerjaan berjalan lancar, berkat kekompakan TPK, Pemdes, dan dukungan warga setempat.” Kata Ridwan. (Ris/Snt)

Check Also

Penyaluran BST Mei-Juni Nggak Jelas, Mensos Bungkam

PONOROGO, NusantaraPosOnline.Com-Belasan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Tunai (BST) di Kabupaten Ponorogo, Jawa timur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!