Pj Bupati Jombang Libatkan PKK Menanam Cabai Perkuat Ketahanan Pangan

Pj Bupati Jombang Sugiat, libatkan PKK Menanam Cabai Perkuat Ketahanan Pangan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Jombang kolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang dan Tim Penggerak PKK Kecamatan bergerak menanam cabai.

Penyerahan bibit cabai secara simbolis oleh Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi.T diserahkan kepada Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Sugiat kemudian dilanjutkan dengan penanaman Cabai yang diikuti oleh para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Jombang di halaman Kantor TP PKK Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Rabu (6/3/2024) pagi.

Pj Bupati Jombang berharap Gerakan Tanam Cabai yang dilaksanakan secara serentak bersama Ibu Ibu PKK salah satunya bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan pengendalian inflasi daerah Kabupaten Jombang.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan dampak positif bagi Ketahanan Pangan Keluarga serta mampu mengendalikan laju Inflasi di Kabupaten Jombang”, tutur Pj Bupati Jombang Sugiat.

Dinas Pertanian mengalokasikan bantuan bibit cabe sebanyak 1750 bibit kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Jombang.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Sugiat berharap seluruh PKK Kecamatan menanam dan merawat bibit cabai di halaman pekarangan. “Dengan menanam Cabai paling tidak bisa memenuhi kebutuhan harian rumah tangga. Tanaman cabai tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Cukup menyiram secara rutin, mengendalikan hama dengan cara dipetik daun yang terkena kutu daun”, tuturnya

Cabai rawit bisa dipanen setelah berumur 2,5 s.d 3 bulan sesudah disemai. Panen berikutnya bisa dilakukan 1-2 minggu tergantung kesuburan tanaman. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dengan memetik buah dengan tangkainya. Manakala terjadi serangan berat PKK bisa menghubungi PPL yang ada di Kecamatan.***

Editor : NUR AINI AULIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!