godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / PUPR Jombang Adakan Sosialisasi Izin TDUP Dan Bimtek Standarisasi Elektrikal Bangunan Gedung
Suasana kegiatan sosialisasi perizinan TDUP dan Bimtek. Yang diadakan Dinas PUPR Jombang.

PUPR Jombang Adakan Sosialisasi Izin TDUP Dan Bimtek Standarisasi Elektrikal Bangunan Gedung

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang mengadakan sosialisasi perizinan TDUP (Tanda daftar usaha perseorangan).

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Dinas PUPR Kabupaten Jombang. Kamis (8/4/2021). Yang dihadiri oleh penyedia jasa Konsultansi dan jasa Pekerjaan konstruksi, dan menghadirkan narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Miftahul Ulum, mengatakan yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi perizinan TDPU adalah para penyedia jasa Konsultansi dan jasa Pekerjaan konstruksi yang ada di Kabupaten Jombang.

“Tujuan kegiatan ini untuk menginformasikan kepada penyedia jasa konsultansi dan jasa pekerjaan konstruksi yang ada di Kabupaten Jombang, bahwa usaha perorangan di bidang jasa konstruksi harus atau wajib memiliki kartu atau izin TDUP yang seperti digunakan untuk usaha dalam bidang jasa konstruksi.”  Kata Ulum.

Suasana kegiatan sosialisasi perizinan TDUP dan Bimtek. Yang diadakan Dinas PUPR Jombang.

Ia menambahkan, sosialisasi tersebut juga bertujuan agar mereka memahami dan mengetahui prosedur penerbitan izin TDUP jasa konstruksi sangat mudah. Semua dilakukan secara online melalui sistem OSS (Online Single Submission). “Tujuan dari dipermudahnya pembuatan TDUP adalah agar usaha orang perseorangan jasa konstruksi mempunyai legalitas dan bisa terdaftar pada database informasi Jasa Konstruksi.” Ujarnya.

Selain Sosialisasi perizinan TDUP, di waktu yang sama, Dinas PUPR Kabupaten Jombang,  juga melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) Standarisasi Instalasi Elektrikal Bangunan Gedung. Yang mendatangkan narasumber  yang telah berpengalaman di bidang pekerjaan elektrikal. Kegiatan ini merupakan upaya pembinaan bagi para penyedia jasa konstruksi khususnya dalam hal kelistrikan.

“Pada pembangunan gedung, banyak dijumpai gambar perencanaan instalasi kelistrikan yang tidak sesuai standar sehingga berakibat pada pemasangan instalasi listrik yang tidak optimal pada saat pembangunan gedung. Hal itu tentu akan berdampak pada fungsi gedung. Selain itu juga akan menyulitkan pada masa pemeliharaan gedung. Oleh karena itulah kita lakukan Bimtek agar kapasitas kemampunan penyedia jasa konsultan di Jombang dapat meningkat.” Ujarnya.

Ulum menuturkan, kegiatan sosialisasi perizinan TDUP dan Bimtek Standarisasi Instalasi Elektrikal Bangunan Gedung tersebut. Sebagai tindak lanjut amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Karena Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota termasuk Pemerintah Kabupaten Jombang mempunyai kewenangan dalam urusan Jasa Konstruksi meliputi  Penyelenggaraan pelatihan tenaga terampil konstruksi, Penyelenggaraan sistem informasi jasa konstruksi cakupan Daerah Kabupaten / Kota, Penerbitan izin usaha jasa konstruksi nasional (non kecil dan kecil), dan pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan jasa konstruksi. Jadi Pemerintah Daerah sub urusan Jasa Konstruksi mempunyai kewajiban dalam pembinaan badan usaha jasa konstruksi.

Meski peserta yang sebagian besar dari penyedia jasa konsultan sedang menjalankan ibadah puasa, namun mereka tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan Bimtek.

Selain itu, dalam rangka pelayanan informasi kepada masyarakat tentang jasa konstruksi, Pemerintah Kabupaten Jombang juga melaksanakan pengelolaan SIPJAKI (Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi) secara akurat dan mutakhir.

Sistem informasi ini merupakan penghubung antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah dengan masyarakat jasa konstruksi. Dengan sistem informasi yang terintegrasi ini, masyarakat jasa konstruksi akan lebih mudah memperoleh informasi dalam penyelenggaraan jasa konstruksi di Kabupaten Jombang. (Ris/Snt)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!