godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Realisasi PISEW Tahap 1 Di Jombang Progres Fisik Sudah Capai 30 Persen
PISEW Kecamatan Kesamben, untuk pembangunan pasar desa, Desa Carangrejo sebagai Desa utama dan Desa Watudakon sebagai Desa Penyangga. Kondisi bangunan sudah mencapai 30 %

Realisasi PISEW Tahap 1 Di Jombang Progres Fisik Sudah Capai 30 Persen

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai (PKT). Salah satunya dengan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

Program ini dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya (Dirjen Cipta karya). Pada 2021 Kementerian PUPR menganggarkan dana untuk kegiatan PISEW sebesar Rp 540 miliar dengan target untuk membangun 900 Kecamatan, diwilayah Indonesia.

Program ini bertujuan untuk menyediakan atau meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan, untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah.

PISEW Desa Tinggar Kecamatan Bandarkedungmulyo, untuk pembangunan TPJ yang merupakan akses jalan menuju pasar desa, kondisi bangunan sudah mencapai 30 %

Adapun sasaran-sasaran kegiatan Program PISEW meliputi, terbangun infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan, yang dapat berupa : Infrastruktur transportasi; infrastruktur air minum dan sanitasi; infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri; dan infrastruktur peningkatan prasarana pendukung pemasaran pertanian, peternakan, perikanan, industri dan pendukung kegiatan pariwisata.

Meningkatnya kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan; serta Mendayagunakan sumber daya dan tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

Dalam program PISEW tahun 2021 ini, Kabupaten Jombang, juga termasuk kabupaten yang mendapatkan bantuan, atau termasuk Kabupaten yang menjadi sasaran program PISEW tahun 2021 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman) Kabupaten Jombang Syaiful Anwar, mengatakan tahun ini ada 8 kecamatan di Kabupaten Jombang yang menjadi sasaran PISEW.

PISEW Desa Karangdagangaan Kecamatan Bandarkedungmulyo, untuk pembangunan pasar desa, kondisi bangunan sudah mencapai 30 %

“Sesuai SK Menteri PUPR nomor 177 /KPTS/M/2021 tanggal 19 Februari 2021, Kabupaten Jombang pada tahun 2021 ini mendapatkan alokasi program PISEW Tahap-1 sebanyak 4 Wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Bandarkedungmulyo, Gudo, Sumobito dan Kesamben senilai masing-masing RP. 600 juta” Terang Syaiful, Jum’at (18/6/2021)

Untuk Tahap-2 melalui SK Dirjen Cipta Karya Nomor 69/KPTS/DC/2021 tanggal 26 April 2021 sebagai perubahan atas SK Menteri PUPR nomor 177 /KPTS/M/2021 tanggal 19 Februari 2021, Kabupaten Jombang mendapatkan tambahan lokasi 4 kecamatan lagi yakni, Kecamatan Ngusikan, Mojoagung, Bareng dan Kecamatan Perak. “Namun 4 kecamatan tambahan tersebut masih belum bergulir karena masih dalam tahap Perubahan DIPA APBN Tahun 2021.” Ujarnya.

Menurut Syaiful, untuk 4 Kecamataan Tahap 1, program telah berjalan dan saat ini progress fisik telah mencapai sekitar 30% dan sudah diverifikasi oleh Tim Monitoring dan Pengendalian dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Prov Jatim dan didampingi oleh Tim dari Dinas Perkim Kabupaten Jombang.

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto, mengatakan “Total anggaran kegiatan program PISEW pada 2021, tahap 1 dan 2 di Kabupaten Jombang sebesar Rp 4,8 Milyar, untuk 8 wilayah kecamatan di Jombang.” Terang  Heru, Jum’at (18/6/2021).

PISEW Kecamatan Gudo. digunakan untuk TPJ Jalan Usaha Tani dari desa Plumbongambang menuju Wangkalkepuh. kondisi bangunan sudah mencapai 30 %

Heru mengharapkan bantuan pemerintah pada masyarakat melalui PISEW agar digunakan tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu, dalam rangka meningkatkan infrastruktur kewilayahan dengan memperhatikan kualitas sesuai aturan yang berlaku. “Kita berharap program PISEW ini bisa mendorong pembangunan daerah dan mudah-mudahan melalui programnya benar-benar memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat,” Ujarnya. (Rin)

Berikut Ini Progres Bangunan fisik PISEW tahap 1 Tahun 2021 Di Kabupaten Jombang :

  1. PISEW Kecamatan Kesamben, dialokasikan sesuai SK Menteri PUPR untuk Desa Carangrejo sebagai Desa Utama dan Desa Watudakon sebagai Desa Penyangga. Digunakan untuk membuat bangunan pasar desa yang berlokasi di lapangan desa carangrejo. Kondisi bangunan sudah mencapai 30 %.
  2. PISEW Kecamatan Bandarkedungmulyo, dialokasikan sesuai SK Menteri PUPR untuk Desa Karangdagangan sebagai Desa Utama dan Desa Tinggar sebagai Desa Penyangga. Digunakan untuk membuat Pasar desa di Karangdagangan dan TPJ di desa Tinggar yang merupakan akses jalan menuju pasar desa tersebut. Saat peninjauan Kondisi Fisik 30% oleh Tim Mondal dari BPPW Jatim.
  3. PISEW Kecamatan Gudo, dialokasikan sesuai SK Menteri PUPR untuk Desa Plumbongambang sebagai Desa Utama dan Desa Wangkalkepuh sebagai Desa Penyangga. Digunakan untuk membuat Tembok Penahan Jalan (TPJ) Jalan Usaha Tani dari desa Plumbongambang menuju Wangkalkepuh. Saat peninjauan Kondisi Fisik 30% oleh Tim Mondal dari BPPW Jatim.
  4. PISEW Kecamatan Sumobito, dialokasikan sesuai SK Menteri PUPR untuk Desa Plosokerep sebagai Desa Utama dan Desa Nglele sebagai Desa Penyangga. Digunakan untuk membuat Tembok Penahan Jalan (TPJ) membuka akses jalan tembus dari desa plosokerep menuju desa nglele. Saat peninjauan Kondisi Fisik 30% oleh Tim Mondal dari BPPW Jatim. (rin)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!