Realisasikan BKK, Pemdes Pojokrejo Jombang Bangun Jalan, TPJ dan Drainase

PEMBANGUNAN : Jalan rabat beton di Desa Pojokrejo yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dari BKK tahun 2024. Sabtu (25/5/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos/Rurin).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Pojokrejo Kecamatan Kesamben, kabupaten Jombang, Jawa timur, melaksanakan kegiatan peningkatan infrastruktur desa yakni membangun jalan rabat beton, Drainase, dan Tembok penahan jalan (TPJ).

Pembangunan tersebut, merupakan bagian dari upaya Pemdes Pojokrejo, Jombang Untuk mendukung aktifitas ekonomi warganya.

Kepala Desa Pojokrejo H. Nursan mengatakan, bahwa Pemdes Pojokrejo saat ini sedang melaksanakan tiga paket kegiatan pembangunan infrastruktur desa, diantaranya yakni pembangunan jalan rabad beton berlokasi di Dusun Delik, dengan panjang 164 meter, dan lebar 4 meter, menelan biaya Rp 150 juta.

“Selanjutnya Pembangunan tembok penahan jalan (TPJ) jenis pasangan batu kali, berlokasi di tepi jalan pertanian Dusun Gongseng dengan panjang 193 meter menelan anggaran Rp 150 juta. Dan pembangunan Drainase jenis beton bertulang di Dusun Gudang, dengan panjang 214 meter menelan anggaran Rp 100 juta.” Kata Kades Pojokrejo Nursan. Sabtu (25/5/2024).

PEMBANGUNAN : Bangunan Tembok penahan jalan (TPJ) di Desa Pojokrejo, yang dibangun dari BKK tahun 2024. Sabtu (25/5/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Rurin).

Ia menjelaskan, pembangunan Jalan, TPJ dan Drainase tersebut dibiayai dari program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) bersumber dari APBD Jombang 2024.

“Pengerjaan pembangunan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Pojokrejo, secara swakelola, untuk tenaga kerjanya diambilkan dari warga setempat. Hal ini untuk pemberdayaan warga. Jadi proyek yang dibiayai BKK ini juga menyerap tenaga kerja warga setempat.” Ungkapnya.

Bangunan fisik mulai dikerjakan pada awal Mei 2024, pengerjaan dilaksanakan secara bertahap. Saat ini progres pembangunan jalan rabat beton sudah selesai 100 persen.

“Sedangkan pekerjaan TPJ dan Drainase, progresnya sudah mencapai 90 persen. Pekerjaan tinggal finising dan merapikan. Ditarjetkan 6 hari lagi pembangunan sudah selesai 100 persen.” Terang Kades Nursan.

Menurut Nursan, pembangunan jalan rabat beton ini, bertujuan untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur Jalan Desa, untuk menunjang aktifitas perekonomian warga.

MEMBANGUN DESA : Bangunan Drainase jalan di Desa Pojokrejo, yang dibangun dari BKK tahun 2024. Sabtu (25/5/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Rurin).

“Dengan bangunan jalan yang baik, warga dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan penting seperti pendidikan, kesehatan, pasar, pertanian, tempat kerja, dan lain-lain. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warganya.” Tutur Kades Pojokrejo.

Ia juga menjelaskan tujuan pembangunan TPJ dan Drainase bertujuan untuk menguatkan badan jalan agar tidak longsor akibat tergerus air disaat musim hujan tiba. Dan untuk menanggulangi genangan air di jalan yang sering terjadi saat musim hujan.

“Tak hanya itu, pembangunan TPJ dan drainase ini, juga bertujuan untuk menata lingkungan, agar lingkungan terlihat rapi dari sebelumnya.” Terang Nursan.

Kades Pojokrejo pun berharap, dengan adanya pembangunan jalan rabat beton, TPJ, dan Drainase ini, dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat.

“Semoga pembangunan jalan rabat beton, TPJ, dan Drainase yang dibiayai BKK 2024, dapat membawa kemajuan desa Pojokrejo dalam segala bidang.” Tutup Kades Nursan.

PEMBANGUNAN : Bangunan TPJ di Desa Pojokrejo, yang dibangun dari BKK tahun 2024. Sabtu (25/5/2024). (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Rurin).

Ditempat terpisah, Ketua TPK Desa Pojokrejo Darwadi mengatakan, bahwa pengerjaan pembangunan Jalan, TPJ, dan Drainase  tersebut, mulai dikerjakan pada awal Mei 2024. Diperkirakan satu minggu lagi pekerjaan sedah selesai semua.

“Dari awal pengerjaan, sampai saat ini, pengerjaan berjalan lancar, berkat dukungan dari Pemdes, BPD, dan masyarakat setempat. Kami tarjetkan pembangunan ini selesai tepat waktu.” Ujar Darwadi. Sabtu (25/5/2024).

Ia menjelaskan dalam pengerjaan proyek pihaknya mengutamakan kualitas dan mutu hasil pekerjaan. Hal ini bertujuan agar menghasilkan bangunan yang berkualitas baik, masa penggunaan bangunan bisa bertahan lama. Sambungnya.

Ia menambahkan, bahwa pembangunan jalan, TPJ dan Drainase, berdasarkan pada hasil kesepakatan antara Pemdes bersama BPD, LPMD dan tokoh masyarakat setempat melalui musyawarah desa (Musdes).

“Pembangunan ini disambut gembira dan tanggapan positif oleh Masyarakat sekitar. Karena pembangunan ini, akan mendukung aktifitas warga sehari-hari, yakni aktifitas perekonomian, pertanian, pendidikan, dan lain-lain.” Imbuhnya.***

Pewarta : WAHYU

Simak Vidio : Pemdes Pojokrejo Jombang Bangun Jalan Rabat Beton, TPJ dan Drainase

PEMBANGUNAN : Pembangunan Jalan rabat beton, TPJ, dan  Drainase di Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesambe, Kabupaten Jombang. Dibangun dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) bersumber dari APBD Jombang 2024. Sabtu (25/5/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!