godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Tingkatkan Potensi Pertanian Pemdes Pucangsimo Bangun TPT Dan Jalan Usaha Tani
Suasana kekompakan Kades Pucangsimo Moh Shoni (tengah dibaris depan) berpose bersama perangkat desa, dikantor desa setempat.

Tingkatkan Potensi Pertanian Pemdes Pucangsimo Bangun TPT Dan Jalan Usaha Tani

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tahun ini sukses membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dibiayai dari Bantuan keuangan khusus (BKK) yang bersumber dari APBD Kabupaten Jombang tahun 2021.

Kepala Desa (Kades) Pucangsimo Mohammad Shoni, mengatakan tahun 2021 ini Pemdes Pucangsimo, mengadakan kegiatan pembangunan TPT yang mengunakan pasangan material batu kali, yang dibiayai dari BKK yang bersumber dari APBD Jombang 2021.

Bangunan TPT tersebut sebanyak tiga titik (tiga lokasi) yang tersebar di Dusun Simo. Titik 1 (satu) berlokasi di RT 001 RW 013 volume 240,90 M x 1,50 M x 0,60 x 1 Sisi menelan biaya Rp 165 juta; dan titik ke 2 (dua) di RT 002 RW 015 volume 187,50M x 2,05M x 0,70M x 1 Sisi, menelan biaya Rp 195 juta.

Jalan pertanian di Desa Pucangsimo, yang sudah dibangun TPT dan dilakukan sedikit pengurugan, dibiayai dari BKK tahun 2021. Jum’at. (27/8/2021)

Selanjutnya titik ke 3 (tiga) di RT 002 RW 013 volume 223,10M x 1,80M x 0,65 x 1 Sisi. Anggaran Rp 195 juta. “Jadi total anggaran untuk tiga titik TPT ini menghabiskan anggaran Rp 555 juta. Semuanya bersumber dari program BKK anggaran APBD Jombang 2021.” Kata Shoni, Kades Pucangsimo. Jumat (27/8/2021).

Shoni menyebutkan, pengerjaan proyek TPT ini kita laksanakan secara bertahap. Karena lokasinya ada tiga titik. Proyek mulai dikerjakan sejak Juli lalu, dan Alhamdulillah pada Agustus ini, bangunan tersebut semuanya sudah selesai 100 persen.

TPT yang dibangun tersebut, terang Shoni, semuanya berlokasi disepanjang tepi jalan usaha pertanian di Dusun Simo.

“TPT ini berfungsi untuk menguatkan badan jalan agar kuat. Setelah dibangun TPT kita lanjutkan dengan meratakan jalan dan sedikit pengurugan jalan. Jadi pembangunan jalan usaha tani didesa Pucangsimo. Agar jalan bisa berfungsi dengan baik.” Ujarnya.

Menurut Kades Pucangsimo, pembangunan TPT pada jalan usaha pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian warga, dan untuk mendukung aktifitas perekonomian warga.

Jalan pertanian di Desa Pucangsimo, yang sudah dibangun TPT dan dilakukan sedikit pengurugan, dibiayai dari BKK tahun 2021. Jum’at. (27/8/2021)

“Sebelum dibangun TPT, jalan tersebut kecil dan tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Namun setelah dibangun TPT dan permukaan jalan diratakan dan sedikit pengurugan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat atau mobil. Ini semua berkat bantuan program BKK dari Pemkab Jombang.” Tuturnya.

Shoni berharap, pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Karena dengan akses jalan pertanian yang baik akan melancarkan aktifitas perekonomian warga, warga bisa dengan mudah mengangkut hasil pertanian, untuk dipasarkan, dan nilai ekonomis atau harga tanah pertanian juga meningkat.

“Pembangunan ini mendapat sambutan positif dari warga, karena pembangunan ini merupakan hasil musyawarah desa dan merupakan usulan masyarakat. Jadi warga merasa senang usulan mereka kita realisasikan. Semoga proyek ini banyak membawa manfaat untuk kemakmuran warga.” Kata Kades.

Sementara itu ketua TPK (Tim pengelola kegiatan) Desa Pucangsimo, Wiyanto, mengatakan, pengerjaan pembangunan 3 (tiga) titik TPT tersebut, mulai mereka kerjakan pada Juli 2021 lalu, dan pada Agustus 2021 bangunan sudah rampung 100 persen, dan bangunan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga.

Jalan pertanian di Desa Pucangsimo, yang sudah dibangun TPT dan dilakukan sedikit pengurugan, dibiayai dari BKK tahun 2021. Jum’at. (27/8/2021)

Wiyanto menjelaskan, inti pekerjaan proyek dilapangan berupa pembangunan TPT dan meratakan permukaan jalan dan sedikit pengurugan jalan. Karena lokasi jalan yang dibangun TPT ini sebelumnya belum berupa jalan, masih tanah biasa.

“Pada tahun ini baru dibangun TPT, dan permukaan jalan kita ratakan dan lanjutkan dengan sedikit pengurugan, agar permukaan jalan menjadi rata dan layak. Setelah jalan kita bangun sekarang jalannya menjadi bagus. Ini berkat bantuan program BKK. Jadi pekerjaan dilapangan berupa pembangunan TPT sedangkan pengerjaan meratakan permukaan jalan dan sedikit pengurugan itu hanya inisiatif kita saja agar jalan rata.” Kata Wiyanto.

Wiyanto mengaku, pelaksanaan pengerjaan proyek ini, dari awal pengerjaan, hingga selesai berjalan lancar sesuai rencana kerja.

“Pengerjaan kita laksanakan tepat waktu, dan tepat mutu. Karena pekerjaan kita kerjakan sesuai RAB yang sudah dibuat. Tak hanya itu, pengerjaan juga mengedepankan kualitas atau mutu hasil pekerjaan. Agar bangunan bisa kuat, pengunaan bangunan juga bisa lama.” Kata Wiyanto.

Wiyanto menambahkan, untuk tenaga kerja diambilkan dari warga setempat sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Dan agar ongkos tukang yang besarnya sekitar 30 persen dari nilai proyek, bisa dinikmati oleh warga desa Pucangsimo. “Jadi proyek ini juga menyerap tenaga kerja dari warga setempat.” Imbuhnya.

Jalan pertanian di Desa Pucangsimo, yang sudah dibangun TPT dan dilakukan sedikit pengurugan, dibiayai dari BKK tahun 2021. Jum’at. (27/8/2021)

Suyitno, tokoh warga setempat, ia mengapresiasi atas pembangunan TPT dan sedikit pengurugan jalan yang dilakukan pemdes setempat.

Selama ini jalan usaha tani yang menjadi akses para petani begitu sempit, dan tidak bisa dilewati mobil sehingga sangat menyulitkan para petani saat musim panen tiba.

Namun sekarang pada sisi kanan dan kiri jalan usaha tani yang membentang di tiga lokasi tersebut telah di bangun TPT dan permukaan jalan jugah suda diratakan.

“Alhamdulillah, saat ini petani merasa lega setelah jalan usaha tani ditiga titik ini dibangun TPT, oleh Pemdes Pucangsimo. Sehingga sekarang kendaraanpun baik roda dua maupun roda empat bisa masuk,” ujar Suyitno.

Sebelum jalan ini dibangun TPT, kata Suyitno, petani selalu mengeluarkan ongkos yang cukup lumayan saat musim panen tiba. Karena dalam mengangkut padinya hanya menggunakan roda dua, bahkan kuli panggul. Sekarang berkat BKK jalan ini bisa dibangun. “Terima kasih Pemdes Pucangsimo, dan pihak terkait lainya, yang telah mengalokasikan bantuan BKK untuk desa Kami.” Ucap Suyitno. (Rin)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!