godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Untuk Meningkatkan Pelayanan Pemdes Mayangan Bangun Polindes
Polindes desa Mayangan yang sudah selesai dibangun dengan DD 2021. Berlokasi diareal kantor desa Setempat. Selasa (13/7/2021)

Untuk Meningkatkan Pelayanan Pemdes Mayangan Bangun Polindes

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, tahun ini membangun gedung Pondok bersalin desa (Polindes), yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

Bangunan tersebut yang berlokasi di Dusun / Desa Mayangan, tepatnya berada diareal tanah kantor desa setempat. Pelaksanaan pengerjaan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Mayangan Albarian Rista Gunarto, mengatakan, Polindes ini dibangun dengan alokasi anggaran Rp 197.495.000, yang bersumber dari Dana Desa tahun 2021. Pelaksanaan pembangunan dilaksanakan oleh TPK (Tim pengelola kegiatan) desa Mayangan.

Polindes desa Mayangan yang sudah selesai dibangun dengan DD 2021. Berlokasi diareal kantor desa Setempat. Selasa (13/7/2021)

“Pengerjaan dimulai Maret 2021 dan saat ini bangunan sudah selesai 100 persen. Bangunan Polindes tersebut terdiri dari beberapa ruangan yang meliputi, ruang pemeriksaan pasien dan pendukung lainnya.” Kata Rista. Selasa (13/7/2021).

Rista menyebutkan, infrastruktur kesehatan masyarakat yang representatif, aman dan nyaman merupakan kebutuhan masyarakat yang penting. Untuk itu, kami prioritaskan pembangunannya. Karena kesehatan masyarakat akan meningkat, apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Pembangunan Polindes ini bertujuan, untuk memudahkan pelayanan kesehatan kepada, balita, anak-anak, ibu hamil dan menyususi agar bisa memantau kesehatannnya atau periksa kesehatan Polindes.” Ujarnya.  

Kades Mayangan, berharap pemanpaatan Polindes ini dapat dimaksimalkan, agar kedepanya bisa menjadi Pos kesehatan Desa (Poskesdes) desa Mayangan. Sehingga masyarakat dari berbagai tingkatan usia termasuk usia lanjut, akan semakin mudah untuk berobat dan memeriksakan kesehatannya.

“Polindes kan hanya melayani balita, anak-anak, ibu hamil dan menyusui. Nah kalau Polindes ini dimaksimalkan lagi agar juga bisa menjadi Poskesdes, agar dapat melayani masyarakat dari berbagai tingkatan usia termasuk usia lanjut. Ini akan sangat membantu warga. Oleh karena itu saya berharap Polindes ini nantinya juga bisa sekalian menjadi Poskesdes.”  Kata Kades Rista.

   

Polindes desa Mayangan yang sudah selesai dibangun dengan DD 2021. Berlokasi diareal kantor desa Setempat. Selasa (13/7/2021)

Dengan demikian masyarakat nantinya, tidak ada alasan lagi untuk tidak memeriksakan setiap ada gejala atau gangguan kesehatan yang dirasakan.

“Intinya pembangunan gedung Polindes ini, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga desa Mayangan. Yang melayani warga di Polindes kita tempatkan disana bidan desa dibantu petugas Puskesmas Mayangan” Tutur Kades Mayangan.

Ditambahkan pula oleh Fery, Sekertaris desa (Sekdes) Mayangan, ia mengatakan dengan adanya gedung Polindes ini diharapkan pula akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.

“Dengan sendirinya akan terselenggara pengamatan, pencatatan dan pelaporan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan masyarakat terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.”  Kata Sekdes.

Menurut dia, Polindes ini adalah sarana pelayanan kesehatan masyarakat Desa Mayangan, yaitu untuk balita, ibu hamil, dan menyusui. Pembangunan Polindes  ini salah satu upaya yang dilakukan Pemdes Mayangan sebagai sarana supaya masyarakatnya sehat.

“Memang kedepanya kita berharap Polindes, ini nantinya bisa sekaligus menjadi Poskesdes.” Ujarnya.

Fery, menambahkan, untuk kesehatan warga, lingkungan yang bersih juga dapat menjadi bagian penting dalam menunjang kesehatan.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungan di sekeliling kita, demi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Karena hal ini merupakan tanggung jawab dan tugas kita bersama,” pungkasnya. (Why/May)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!