godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , Oktober 16 2019
Home / Pemerintah / 168 Warga Di 3 Desa, Di Kecamatan Kudu Terima Buku Tabungan BSPS
BSPS 2019 : Petugas dari Dinas Perkim dan dari Bank Jatim, menyalurkan buku tabungan bantuan BSPS 2019 di desa Desa Sidokaton. (Foto : Dok Dinas Perkim Jombang)

168 Warga Di 3 Desa, Di Kecamatan Kudu Terima Buku Tabungan BSPS

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebanyak 168 warga di tiga desa dikecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa timur (Jatim) menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019, dalam bentuk buku tabungan Bank Jatim.

Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Ir Abdul Hafid, mengatakan bantuan BSPS 2019 yang diserahkan di Kecamatan Kudu, sebanyak 168 unit rumah, tersebar di Desa Sumberteguh 90 rumah, desa Sidokaton 38 rumah, dan Desa Kepuhrejo 40 rumah, sumber dana dari APBN 2019.

BSPS 2019 : Suasana penyerahan buku tabungan bantuan BSPS 2019 di Desa Sumberteguh. 17 September 2019 (Foto : Dok Dinas Perkim Jombang)

Penyerahan bantuan dilakukan dikantor balai desa masing-masing yang menjadi sasaran program BSPS 2019. Bantuan untuk Desa Kepuhrejo diserahkan pada Juli 2019, selanjutnya untuk Desa Sumberteguh dan desa Sidokaton, penyerahan bantuan dilaksanakan tanggal 17 September 2019.

Bantuan tersebut dalam bentuk buku tabungan yang didalamnya berisi saldo Rp 17,5 juta.  Uang tersebut Rp 15 juta untuk pembelian material, dan sisanya Rp 2,5 juta untuk ongkos tukang (Upah kerja).

“Uang tersebut tidak bisa ditarik tunai, setelah melalui pertimbangan kita gunakan Bank Jatim. Uang Rp 15 juta dicairkan 2 tahap, pertama Rp 7,5 juta, setelah toko penyuplai material mengantarkan barang kepada penerima bantuan, dan setelah material digunakan untuk membangun baru dibayar Rp 7,5 juta.  Sedangkan untuk upah tukang pekerjaan mencapai 30 persen baru dibayar Rp 1 juta. Setelah hasil pekerjaan selesai minimal 84 persen, setelah dihuni,baru dibayarkan seluruhnya.” Papar Hafid.

BSPS 2019 : Petugas dari Dinas Perkim dan dari Bank Jatim, dalam acara menyalurkan bantuan BSPS 2019 di desa Desa Sumberteguh. (Foto : Dok Dinas Perkim Jombang)

Sementara kepala Dinas Perkim, Kabupaten Jombang, Ir Heru Widjajanto, Msi mengatakan agar bantuan tersebut bisa langsung digunakan untuk memperbaiki rumah dan penggunaan uang tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memperbaiki rumah sehingga nantinya dapat menempati rumah yang sehat dan layak huni,” ujar Heru.

Pemkab Jombang terus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan di bidang perumahan tidak layak huni menjadi layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Bupati juga berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih sehat dan nyaman menggunakan berbagai sumber dana anggaran. (Rin)

Check Also

Kesenian Wayang Kulit Meriahkan Acara Ruwat Desa Jogoloyo Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, mengelar acara ruwat Desa.Minggu malam (8/9/2019).  Sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *