300 Warga Desa Genenganjasem Jombang Terima Sertifikat PTSL

Suasana pembagian sertipikat PTSL di kantor Balai Desa Genenganjasem, pada Selasa (9/1/2024) pagi. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Dinda Pertiwi).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebangak 300 orang warga Desa Genenganjasem, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, akhirnya memiliki sertifikat atas tanah atau lahan mereka. Ratusan sertipikat tersebut merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) masal tahun 2023.

Ratusan sertipikat PTSL ini diserahkan secara simbolis oleh kepala Desa Genenganjasem Seken Wahyudi, dilaksanakan di Balai Desa Genenganjasem, pada Selasa (9/1/2024) pagi. Yang disaksikan langsung oleh petugas perwakilan dari kantor Pertanahan ATR / BPN Kabupaten Jombang.

Kepala Desa Genenganjasem Seken Wahyudi dalam sambutannya mengatakan, 300 Sertipikat PTSL yang diserahkan kepada masyarakat Desa Genenganjasem hari ini merupakan hasil Program PTSL masal tahun 2023. Dari total kuota yang telah ditetapkan sebanyak 650 bidang.

Suasana penyerahan sertipikat PTSL di Desa Genenganjasem, pada Selasa (9/1/2024) pagi. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Dinda Pertiwi).

“Penyerahan 300 Sertifikat hari ini (9/1/2024) adalah penyerahan tahap kedua. Sedangkan penyerahan tahap ke satu sebanyak 350 Sertifikat sudah dilaksanakan atau dibagikan pada Rabu 27 Desember 2023 lalu. Jadi total ada 650 Sertifikat PTSL tahun 2023 yang sudah di bagikan kepada warganya.” Kata Seken Wahyudi.

Kades Genengan Jasem, mengaku ikut senang atas legalitas tanah yang dimiliki oleh warganya. Terlebih, sertifikat tanah tersebut didapat dengan biaya yang sangat murah, yakni hanya Rp 150 ribu per bidang tanah. Karena jika mengurus secara mandiri di luar PTSL, bisa habis jutaan rupiah.

BACA JUGA :

Menurut Seken, PTSL adalah program pemerintah dalam hal ini ATR / BPN pusat yang memiliki peranan yang sangat penting dalam meringankan beban masyarakat terkait legalitas kepemilikan tanah. Program ini sangat membantu masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah desa Genenganjasem mengucapkan terima kasih, kepada Kantor Pertanahan ATR / BPN Kabupaten Jombang, atas bantuan program PTSL yang diberikan ke pada warga Desa Genenganjasem. Dan saya ikut senang. Alhamdulillah, sertipikatnya sudah jadi (sudah selesai),” ungkap Seken Wahyudi.

Suasana pembagian sertipikat PTSL di Desa Genenganjasem, pada Selasa (9/1/2024) pagi. (Foto : Dok Koran Nusantara Pos / Dinda Pertiwi).

Kades Genenganjasem berharap, sudah tidak ada lagi permasalahan sengketa tanah, karena warga sudah memiliki legalitas yang jelas, yang dilindungi Undang-Undang.

Jika sertifikat itu ingin digunakan meminjam uang di bank, lanjut Seken, maka keperluannya untuk hal produktif atau modal usaha. Bukan untuk kepentingan konsumtif, yang nantinya malah mendatangkan masalah.

“Kami berharap sertipikat ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat desa Genenganjasem. Melalui legalitas kepemilikan tanah yang sah, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih nyaman dan memiliki kepastian hukum dalam mengelola dan mengembangkan aset mereka.” Ungkap Seken Wahyudi, Kades Genenganjasem.***

Pewarta : DINDA PERTIWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!