godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , April 11 2021
Home / Pemerintah / BPN Jombang Bagikan 700 Sertifikat Tanah PTSL Kepada Warga Desa Tanggungan
Acara pembagian sertifikat tanah PTSL dari BPN Jombang, kepada warga Desa Tanggungan. Selasa (24/11/2020)

BPN Jombang Bagikan 700 Sertifikat Tanah PTSL Kepada Warga Desa Tanggungan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang, membagikan 700 sertifikat tanah pada warga Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo Kabupaten  Jombang, Jawa timur, yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat dilaksanakan dikantor desa setempat. Selasa (24/11/2020), dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan memakai masker serta mengatur jarak. Acara dihadiri wakil kepala BPN Jombang Saifuddin, Forkopimcam Kecamatan Gudo, dinas terkait, dan warga desa setempat penerima manfaat program PTSL.

Kades Tanggungan, Moh. Qosim. dalam sambutanya menyampaikan bahwa tahun 2019 desa Tanggungan, mendapat bantuan program PTSL. Total keseluruhan pemohon sertifikat tanah PTSL didesa Tanggungan sebanyak 1.868 bidang tanah.

Wakil bupati Jombang Sumrambah, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga Desa Tanggungan. Selasa (24/11/2020)

“Dari jumlah tersebut semua sudah kami ajukan ke Kantor BPN Jombang. Dan dari keterangan yang saya dapatkan dari pihak BPN Jombang, sertifikat tersebut sudah jadi. Untuk hari ini yang dibagikan kepada warga sebanyak 700 sertifikat. Sedangkan sisanya akan dibagikan oleh BPN Jombang pada Desember 2020 nanti.”  Kata Qosim.

Ia mengucapkan terima kasih kepada BPN Jombang, Pemkab Jombang, yang telah mengalokasikan bantuan PTSL kedesa Tanggungan. Program ini sangat membantu masyarakat, prosesnya pun cepat, juga dibandingkan dengan pengajuan sertifikat tanah tidak melalui PTSL.

“Saya juga mengucapkan terima kasih, kepada panitia PTSL DesaTanggungan, dan tokoh masyarakat, yang telah bekerja keras, dan mensukseskan, sehingga pelaksanaan PTSL didesa Tanggungan berjalan baik dan lancar. Seperti yang kita saksikan hari ini, Alhamdulillah sertifikat tanah yang diajukan warga sudah jadi dan dapat dibagikan dan diterima warga.” Ujarnya.

Wakil kepala BPN Jombang, Saifudin, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga Desa Tanggungan. Selasa (24/11/2020)

Kades Qosim berpesan, kepada warganya, agar menyimpan sebaik-baiknya sertifikat tanah yang sudah diterima. Karena sertifikat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki  secara adil dan merata.

“Disamping itu sertifikat adalah sebagai aset, yang bisa dijaminkan di Bank untuk pinjaman modal usaha. Oleh karena itu, sertifikat tanah harus dijaga baik-baik, jangan sampai jatuh ketangan orang lain dan disalah gunakan.” Kata Kades.

Sementara itu, Wakil ketua BPN Jombang, Saifuddin, dalam sambutanya, ia mengatakan jumah pendaftar PTSL di Desa Tanggungan, sebanyak 1.868 bidang tanah, yang sudah  tercetak 700 sertifikat kita bagikan kepada warga hari ini. Sedangkan sisanya akan kita bagikan pada Desember 2020.

“Kami menghimbau kepada masyarakat penerima sertifikat, apabila didalam tulisan sertifikat ada yang salah atau kekeliruan, jangan dicoret-coret sendiri. Jadi harus datang dan konfirmasi ke BPN minta surat keterangan dari desa.” Kata Saifuddin.

Camat Gudo, Thomson Pranggono, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga Desa Tanggungan. Selasa (24/11/2020)

Disamping itu, usahakan setelah sertifikat diterima harus di fotocopy, dilaminating, disimpan dengan baik. Agar memiliki arsip. Karena sertifikat tanah merupakan bukti syah kepemilikan tanah yang telah di jamin oleh negara. Tuturnya.

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dalam sambutanya ia meminta masyarakat untuk selalu bijak dalam menggunakan sertifikat tanah yang sudah dibagikan. “Saya berharap dengan terlaksananya pembagian sertifikat program PTSL, ini bisa meningkatkan Kesejahteraan warga Desa Tanggungan. Karena sertifikat tanah adalah termasuk barang berharga yang bisa dijaminkan untuk pinjaman modal di Bank. Pinjam uang dalam arti positif yaitu untuk modal usaha” Kata Sumrambah.

Wakil bupati Jombang juga menyampaikan bahwa program PTSL ini merupakan program pemerintah pusat dan diteruskan hingga tingkat Kabupaten.

Kades Tanggungan, Moh Qosim, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga Desa Tanggungan. Selasa (24/11/2020)

Beliau juga menambahkan untuk warga yang telah menerima sertifikat supaya menjaga dengan baik serta bagi yang belum harap bersabar, karena puluhan ribu bidang tanah di kabupaten Jombang yang didaftarkan sehingga nantinya seluruh bidang tanah di Kab. Jombang bersertifikat.

Sumrambah juga berharap ditengah pandemi covid-19 ini warga jangan berputus asa, ikuti peraturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan warga akan bisa terhindar dari Covid -19.

Usai acara sambutan, acara diteruskan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis yang dilakukan Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Wakil ketua BPN Saifudin, Camat Gudo Thomson Pranggono, dan Kades Tanggungan Qosim, kepada perwakilan warga. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian sertifikat kepada penerima manfaat PTSL. (Ris/Snt)

Check Also

Ratusan Warga Desa Mayangan Hari Ini Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

JOMBANG, Nusantara PosOnline.Com-Pemerintah Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto hari ini melakukan penyuntikan Vaksin Covid-19 tahap pertama. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!