Desa Mayangan Sukses Gelar Musdes Pemilihan KDAW

Suasana Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan yang berjalan lancar dan tertib. Rabu (8/12/2021)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Hari Rabu 8 Desember 2021 adalah hari yang bersejarah bagi Desa Mayangan Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Pasalnya pada hari Rabu ini, Desa Mayangan mengelar acara Musyawarah desa (Musdes) dalam rangka pemilihan Kepala desa antar waktu (KDAW) Desa Mayangan.

Musdes Pemilihan KDAW Desa Mayangan, dilaksanakan di pendopo desa setempat. Yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB.

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas DPMD Sholahudin Hadi Sucipto, Komisi A DPRD Jombang, Forkopimcam Kecamatan Jogoroto (Camat, Kapolsek, dan Danramil), Pj Kepala desa Mayangan Albarian Risto Gunarto, Perangkat Desa, Anggota BPD, LPMD, PKK, RT, RW serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Linmas. Musdes ini disiarkan langsung live streaming melalui kanal YouTube Jombang TV.

Ketua panitia pemilihan KDAW Desa Mayangan, M Miftahus Saidin MPd, mengatakan, sesuai dengan Peraturan Bupati Jombang Nomer 43 Tahun 2021 Pasal 65 Ayat 2 menyebutkan jumlah calon KDAW paling sedikit 2 orang dan paling banyak 3 orang.

Suasana Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan yang berjalan lancar dan tertib. Rabu (8/12/2021)

“Untuk pemilihan KDAW Desa Mayangan, hari ini diikuti 3 calon kepala desa, yakni calon nomer urut 1. H. Gunawan; Nomer urut 2. M. Taufiqur Rohman, M. HI; dan nomer urut 3. M. Ahmadi, SAg, SPd.” Kata Saidin.  

Dari proses pemilihan yang dilaksanakan dengan cara voting tertutup, dan jumlah hak pilih 135 suara. Suara terbanyak diperoleh calon dengan nomor urut 1 (satu) H Gunawan, dengan jumlah 99 suara. Sedangkan M Taufiqur Rohman memperoleh 36 suara, dan M. Ahmadi tidak mendapatkan suara.

“Jadi hasil Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan hari ini, calon dengan nomor urut 1 (satu) atas nama H Gunawan yang terpilih menjadi Kepala Desa Mayangan. Dan nanti akan kita lanjutkan dengan tahapan berikutnya, yakni pelantikan Kepala desa Mayangan.” Ujarnya.

Miftahus Saidin, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi, mendukung dan mensukseskan kegiatan Musdes pemilihan KDAW Desa Mayangan. Sehingga semua tahapan kegiatan pemilihan KDAW desa Mayangan hingga hari ini berjalan lancar. Ungkapnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Mayangan Albarian Risto Gunarto, mengatakan, pada hari ini telah dilaksanakan Musdes Pemilihan KDAW Desa Mayangan, dan hasil dari Musdes hari ini, calon nomor urut 1 H Gunawan, mendapat suara terbanyak, 99 suara, dari total 135 hak suara.

Suasana Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan yang berjalan lancar dan tertib. Rabu (8/12/2021)

“Setelah tahapan pemilihan KDAW hari ini selesai, selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahap pelantikan Kades Mayangan yang terpilih melalui Musdes hari ini.” Terang Risto.

Pj Kades Mayangan Risto, juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga desa Mayangan, atas partisipasinya, baik sebagai peserta Musdes, maupun kemarin ada yang mendaftar calon Kades.

“Saya juga mengucapkan terima kasih pada panitia pemilihan KDAW desa Mayangan, yang telah bekerja keras melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan KDAW, dan menghadapi segala dinamika. Alhamdulillah sampai hari ini pelaksanaan pemilihan KDAW ini berjalan lancar.” Tutur Risto.

Selain itu ia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, yang telah menyiarkan  live streaming acara ini. Dan telah memfasilitasi peserta Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan dengan absen sistem barcode.

“Pakai barcode itu salah satu inovasi dari kominfo untuk mendukung pelaksanaan pilkades di Kabupaten Jombang bisa dibawa ke sini (Musdes Pilihan KDAW Desa Mayangan) dan pada hari ini juga bersedia meluangkan waktunya untuk menyiarkan siaran langsung live streaming dikanal Jombang TV.” Pungkas Risto.

Hasil Musdes pemilihan KDAW desa Mayangan yang. Rabu (8/12/2021)

Untuk diketahui, pemilihan KDAW merupakan amanat dari Pasal 47 UU Nomer 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam hal sisa masa jabatan Kades yang diberhentikan lebih dari 1 tahun, maka diselengarakan pemilihan KDAW melalui Musdes.

Desa Mayangan, mengelar pemilihan KDAW, dikarenakan Kepala desa Mayangan meninggal dunia, dengan 4 tahun sisa masa jabatan.

Berdasarkan hal tersebut maka Desa Mayangan mengelar pemilihan KDAW, dan saat ini proses pemilihan KDAW sedang berjalan, sampai pada tahapan Mundes pemilihan KDAW. Dan Hasil Musdes Hari ini telah memilih H Gunawan, untuk menjadi kepala desa Mayangan. Jadi hari ini merupakan hari bersejarah dalam panggung dinamika perpolitikan di level Desa, di Desa Mayangan, dalam memilih pemimpin (Kades) desa Mayangan. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!