DPMD Jombang Mengelar Bimtek LPMD/K

DPMD Jombang Mengelar Bimtek LPMD/K.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang menggelar Bimtek Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (LPMD/K) Tahun 2024 di ruang Bung Tomo  Pemkab Jombang pada Kamis (11/7/2024) pagi.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa juga Kelurahan yang dibuka oleh Pj Bupati Jombang Sugiat ini mengusung tema “Giat Belajar Untuk Indonesia Emas”. Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tenaga Ahli Bupati, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang.

Kepala DPMD Kabupaten Jombang, Sholahuddin Hadi Sucipto, S.STP, MSi  dalam laporanya menyampaikan, bahwa Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (LPMD) merupakan lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang difasilitasi pemerintah melalui musyawarah dan mufakat, sebagai mitra Pemerintah Desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Hal ini telah diatur sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa, Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, serta Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (LPMD/K) memiliki peran penting dan strategis mewujudkan penyelenggaraan pembangunan di tingkat Desa dan Kelurahan secara partisipatif.

“Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat secara lebih efektif dan efisien”, tutur Sholahuddin.

Sementara itu, Pj Bupati Jombang Sugiat mengapresiasi keberadaan LPMD/K yang merupakan perwujudan perubahan paradigma pembangunan dari atas ke bawah menjadi dari bawah ke atas, dari konvensional menjadi partisipatif, sehingga diharapkan kapasitas pembangunan masyarakat dapat meningkat, baik secara individu maupun kelompok, termasuk dapat memecahkan berbagai masalah dan persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan bagi semua lapisan.

“LPMD/K berfungsi sebagai wadah partisipasi dalam pengelolaan pembangunan agar terwujud demokratisasi dan transparansi pembangunan pada tingkat masyarakat, serta untuk mendorong, memotivasi, dan menciptakan akses agar masyarakat lebih berperan aktif dalam kegiatan pembangunan”, tutur Pj Bupati Jombang Sugiat.

Lebih lanjut ia mengtakan, bahwa tantangan pembangunan saat ini semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, diperlukan LPMD/K yang tidak hanya memiliki semangat tinggi, tetapi juga memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai.

“Untuk itu diharapkan LPMD/K yang juga sebagai garda terdepan dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan di daerahnya masing-masing”, tandasnya

Pj Bupati Jombang, berpesan kepada peserta Bimtek agar dapat mengembangkan jaringan kerja, berbagi pengetahuan, dan saling bertukar pengalaman.

“Jadikan forum ini sebagai wadah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar LPMD/K serta dengan pemerintah daerah dan stakeholders lainnya, seperti BPD, dan lembaga kemasyarakatan desa lainnya. Melalui kerja keras LPMD/K dengan masyarakat, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat desa semakin meningkat”, Ujanya.

Pj Bupati Jombang juga berharap LPMD/K mampu berkontribusi secara nyata dalam mengembangkan pembangunan serta memajukan masyarakat pedesaan. Dan  mudah-mudahan kegiatan bimtek ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua” Pungkasnya.

Narasumber kegiatan ini dari Balai Besar Bina Pemerintahan dan Desa Malang Ni’matus Solikhah S.SI, M.A.P, Kepala DPMD Sholahuddin Hadi Sucipto, SSTP, MSi dan pesertanya adalah perwakilan 1 orang pengurus LPMD per Desa se Kabupaten Jombang.

Materi yang disampaikan diantaranya Konsep Sistem Perencanaan Pembangunan Desa dan juga terkait Penganggaran APBDesa.***

Editor : NUR AINI AULIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!