Jokowi Kunjungi Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta

Jokowi Kunjungi Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta. Rabu (31/1/2024).

YOGYAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Presiden Joko Widodo mengunjungi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, pada Rabu (31/1/2024).

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu sebagai upaya melihat langsung bagaimana peran Masjid Walidah UNISA dalam membentuk pendidikan karakter dan kehidupan Islami di lingkungan Perguruan Tinggi.

Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta telah selesai membangun sebuah masjid megah dua lantai di atas tanah seluas 14.354 meter persegi. Dalam waktu dekat masjid yang memiliki nama Walidah Dahlan ini akan beroperasi secara komprehensif pada Ramadan tahun ini.

Rektor Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Warsiti mengatakan bahwa masjid Walidah Dahlan tersebut terletak di kawasan startegis kampus terpadu. Sehingga bisa menjadi ikon baru bagi Universitas yang didirikan oleh organisasi perempuan terbesar di dunia, ‘Aisyiyah.

Masjid Walidah Dahlan ini, ungkap Warsiti, diharapkan bisa memancarkan keilmuan perempuan melalui gerakan dakwah di semua lini yang bisa dijangkau melalui tempat ibadah.

Dikatakan Warsiti, keberadaannya menjadi sangat penting bagi lebih dari 7.200 mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta tahun akademik 2023-2024 dan lebih dari 350 pegawai, serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Warsiti mengakui, pihaknya telah berhasil menyusun berbagai program untuk menunjang aktivitas mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus.

“Diantaranya melalui lima program pilar yaitu ibadah, edukasi, dakwah, pemberdayaan perempuan, hingga pemberdayaan komunitas,” ujar Doktor jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Pada kesempatan ini, Presiden berkeliling meninjau melihat fungsi masjid sebagai pusat kegiatan keislaman di lingkungan kampus. Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan yang berkaitan dengan pengamalan keislaman serta menjadi wahana pendidikan karakter, dan implementasi kehidupan Islami bagi seluruh civitas Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap peran strategis Masjid Walidah Dahlan dalam mendukung pendidikan karakter dan kehidupan Islami di lingkungan Perguruan Tinggi, khususnya di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta.

“(Selain juga) sebagai sarana pendukung dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Ini memberikan dorongan positif bagi pengembangan lembaga pendidikan yang berkomitmen pada nilai-nilai keagamaan dan keilmuan,” ucap Jokowi.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Ketua BPH Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Siti Noordjannah Djohantini, dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah.***

Editor : JUNSRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!