godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , September 25 2021
Home / Daerah / Kecewa Tak Dapat Bansos, Buruh Di Tuban Demo Dan Segel Disnaker
Ratusan buruh yang tergabung dalam FSPMI menggelar aksi unjuk rasa, dikantor Disnaker Tuban. Selasa (3/8/2021) siang.

Kecewa Tak Dapat Bansos, Buruh Di Tuban Demo Dan Segel Disnaker

NusantaraPosOnline.Com, TUBAN-Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) cabang Kabupaten Tuban menggelar aksi unjuk rasa, Selasa (3/8/2021) siang. Dalam aksinya, massa juga menyegel kantor Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja (Disnaker) setempat.

Aksi peyegelan kantor Disnaker ini, adalah buntut dari kekecewaan para buruh kepada pegawai Disnaker yang tidak bisa menyelesaikan proses admistrasi para buruh dengan baik. Seperti kesalahan dalam penulisan data nama serikat buruh. Mereka menuding akibat kesalahan menginput data menyebabkan mereka tak bisa mendapatkan bantuan sosial (Bansos). Padahal para pekerja tersebut sudah sekarat, akibat dampak pandemi Covit-19, terlebih disaat pemerintah memberlakukan PPKM darurat, yang kemudian dinaikan berlevel-level.

“Terus terang kami sangat kecewa atas kenerja dan pelayanan pegawai Disnaker yang lagi-lagi salah dalam mendata para pekerja. Padahal, proses pendataan buruh tersebut melibatkan banyak pegawai Disnaker, padahal mereka ini telah dibayar oleh pemerintah.” kata Ketua FSPMI Cabang Tuban, Duraji.

Menurut Duraji, selain dianggap tidak cermat, dalam pendataan buruh. Yang lebih mengecewakan lagi, salah seorang pegawai Disnaker juga ada yang membuat status di WhatsApp pribadinya. Status itu, kata Duraji, dianggap menyulut emosi para buruh.

“Status di WhatsApp yang dibuat salah satu pegawai Disnaker tidak enak ketika dibaca, dan saya minta pegawai tersebut meminta maaf kepada kami. Terus terang kami dan buruh kecewa dengan status yang dia buat,” Ujarnya. Tapi sayang Duraji engan memberitahu status apa yang dimaksud.

Menurut dia, sebenarnya, persoalan administrasi para buruh bisa diperbaiki asal pegawai yang membidangi hal tersebut bisa diajak komunikasi. Saat para buruh meminta untuk dibetulkannya data yang salah melalui WhatsApp, mereka tidak menanggapinya.

“Sebenarnya bisa dilayani melalui aplikasi online, apalagi saat ini kan masa pandemik COVID-19 dan setiap kali kita konfirmasi lewat WhatsApp selalu tidak ditanggapi alias tidak ada jawaban.” ujarnya.

Seharusnya para PNS di Disnaker bersyukur dimasa pandemi Covid-19 masih bisa bekerja dan mendaptkan gaji besar dari rayat. “Jadi kalau rakyat termasuk buruh, yang butuh pelayanan tolong beri pelayanan dengan baik. Apalagi di masa-masa sulit saat ini, harus bahu-membahu atau saling tolong menolong, apalagi mereka (PNS) ini telah digaji oleh rakyat.” Ujarnya.

Terkait hal tersebut, Kasi penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Disnaker Tuban, Yoyok Imam S berjanji, ia berjanji akan memperbaiki data yang salah dan ia juga mengucapkan minta maaf atas kesalahannya tersebut. 

Dan setelah dimediasi oleh petugas kepolisian yang tengah mengawal aksi mereka, para buruh tersebut akhirnya membuka kembali pintu masuk kantor pelayanan Disnaker. (Ags)

Check Also

Personel Gabungan Gelar Operasi Yustisi Dan Pembagian Masker Gratis Di Pasar Pedas

Ngawi, NusantaraPosOnline.Com-Antisipasi angka penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Ngawi, personel gabungan yang terdiri dari TNI, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!