godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , April 20 2021
Home / Pemerintah / Kegiatan Vaksinasi Tahap 1 Didesa Mangunan, Kec Kabuh Jombang
Suasana kegiatan penyuntikan vaksin tahap pertama, di balai desa Mangunan. Selasa (6/4/2021)

Kegiatan Vaksinasi Tahap 1 Didesa Mangunan, Kec Kabuh Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Mangunan Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, hari ini Selasa (6/4/2021) mendapatkan kesempatan vaksinasi tahap pertama. Kegiatan ini dilaksanakan di balaidesa setempat.

Vaksinasi Covid-19 pada tahap ini diprioritaskan bagi masyarakat yang bekerja sebagai pelayan publik yang menghadapi masyarakat secara langsung, seperti Kepala desa, perangkat desa, BPD, LPMD, Tokoh masyarakat, tokoh agama. Namun peserta vaksinasi ini tidak dibatasi, karena semua masyarakat diharapkan ikut divaksin.

Suasana kegiatan penyuntikan vaksin tahap pertama, di balai desa Mangunan. Selasa (6/4/2021)

Koordinator imunisasi BLUD Puskesmas Kecamatan Kabuh, Emi Suprapti, menuturkan,  sebelum vaksinasi dimulai, para penerima vaksin akan melalui proses screening awal yang diantaranya ada atau tidak penyakit penyerta, pengecekan tekanan darah, dan pernah atau tidak terkena Covid-19.

Emi menjelaskan, bahwa vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi Covid-19 di Indonesia. “Tujuan vaksin untuk memberikan kekebalan tubuh, sehingga orang tersebut tidak mudah terpapar virus. Vaksinasi Covid-19 ini bertujuan agar sistem imunitas seseorang kebal terhadap paparan virus Covid-19,” ungkapnya.

Setelah menjalani vaksin, setiap penerima vaksin menjalani proses observasi selama sekitar 30 menit diruang tunggu dan baru diperbolehkan pulang ketika tidak ditemukan efek samping yang memerlukan penanganan lebih lanjut. “Efek samping yang timbul setelah divaksin biasanya berupa pusing, rasa mual dan demam,” Pungkasnya.

Ia menambahkan, vaksin yang kita berikan pada hari ini adalah penyuntikan vaksin tahap satu mengunakan vaksin jenis Astra Zeneca. Bagi peserta yang mengikuti vaksin hari ini, akan kembali mengikuti vaksinasi lanjutan tahap 2 pada 14 hari mendatang. Dan penerima vaksin wajib menunjukkan kartu vaksin saat akan melakukan penyuntikan vaksin kedua nanti.

Ditempat yang sama Kades Mangunan, Kusno, mengatakan kegiatan vaksinasi hari ini sasaranya adalah warga yang bekerja sebagai pelayan publik,  yang menghadapi masyarakat secara langsung, seperti petugas pelayanan kantor kelurahan / desa.

Suasana kegiatan penyuntikan vaksin tahap pertama, di balai desa Mangunan. Selasa (6/4/2021)

“Kades dan perangkat desa termasuk pelayan pablik, yang bersentuhan dan bersinggungan langsung dengan masyarakat, berada di garda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya berharap dengan penyuntikan vaksin hari ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” Kata Kusno.

“Atas nama pemerintah desa dan masyarakat desa Mangunan, saya sebagai Kades, mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan khususnya dari BLUD Puskesmas Kecamatan Kabuh yang bersedia datang kedesa kami, melaksanakan tugas vaksinasi dengan baik.” Ujarnya.

Mudah mudahan dengan penyuntikan vaksin hari ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau hert immunity terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus covid-19.

“Saya meminta kepada para perangkat desa, dan masyarakat yang telah disuntik vaksin agar tetap untuk waspada dan berhati hati serta tetap menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan.” Kata Kusno.

Kusno, juga menyatakan dukungannya untuk program  vaksinasi dari pemerintah ini. “Kami pemerintah desa Mangunan, mendukung program vaksinasi ini. Semoga dengan vaksinasi ini negara kita segera terbebas dari virus covid-19.”  Ujarnya. (Ris/Snt)

Check Also

Bupati Jombang Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur  menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!