godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / PISEW 2021, Progres Pembangunan Kios Pasar Desa Carangrejo Capai 100 Persen
Bangunan kios pasar Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, yang sudah selesai dikerjakan, yang dibiayai PISEW 2021. Minggu (15/8/2021)

PISEW 2021, Progres Pembangunan Kios Pasar Desa Carangrejo Capai 100 Persen

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proyek pembangunan 20 petak Kios pasar Desa yang berlokasi di Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa timur, yang dibiayai dari program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang bersumber dari APBN tahun 2021. Saat ini sudah selesai dibangun dan siap untuk ditempat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Jombang, Saiful Anwar ST, menerangkan pembangunan pasar desa berupa 20 unit atau petak kios, yang berlokasi di Desa Carangrejo, dibiayai dari program PISEW tahun 2021. Yang bersumber dari APBN tahun 2021 sebesar Rp 600 juta. Untuk saat ini progres pembangunan sudah sampai 100 persen.

“Pembangunan tersebut selesai pada pertengahan Juli 2021 lalu, dan selanjutnya akan dilakukan serah terima infrastruktur terbangun (pasar desa) dari BKAD selaku pelaksana pembangunan, kepada PPK Satker pengembangan kawasan permukiman wilayah 1 Provisi Jawa timur, dan akan dilanjutkan dengan serah terima dari PPK kepada Pemerintah desa penerima manfaat program PISEW 2021 yakni desa Carangrejo.” Kata Saiful. Sabtu (14/8/2021).

Bangunan kios pasar Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, yang sudah selesai dikerjakan, yang dibiayai PISEW 2021. Minggu (15/8/2021)

Lebih lanjut Saiful menjelaskan, setelah bangunan kios atau pasar desa,diserah terimakan nantinya akan menjadi tangung jawab pemdes Carangrejo untuk memelihara dan memanfaatkan. “Kami berharap dengan adanya pembangunan  pasar desa ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Semoga pasar ini nanti dapat membawa manfaat yang besar bagi warga setempat.” Ujarnya.  

Ia juga menjelaskan, saat ini pemerintah melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR terus mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema pengerjaan padat karya tunai (PKT). Salah satu upaya tersebut yaitu dengan program PISEW.

“Program PISEW dilaksanakan Kementerian PUPR melaui Dirjen Cipta Karya. Dan tahun 2021 ini salah satunya desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, mendapat bantuan program PISEW tahun 2021 sebesar Rp 600 juta. Yang sekarang ini digunakan untuk pembangunan pasar desa. Dan Alhamdulilah realisasi pelaksanaan dilapangan sudah selesai 100 persen dan berjalan lancar.” Terangnya.

Ketua BKAD program PISEW Kecamatan Kesamben, yang juga menjabat Kepala desa Carangrejo, Supriaji S.T, M.T, ia mengatakan pihaknya selaku pelaksanaan kegiatan sudah berusaha semaksimal mungkin melaksanakan pembangunan pasar desa tersebut sebaik-baiknya.

“Pekerjaan inti pembangunan pasar desa Carangrejo dilapangan berupa pengurugan atau pematangan lahan yang akan dibangun pasar desa, dan pembangunan 20 pertak kios. Dengan masa pengerjaan 90 hari kerja. Dalam pengerjaan kami lakukan dengan cara PKT, dimana tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan warga.” Kata Supriaji. Sabtu (14/8/2021).

Tak hanya itu, dalam pengerjaan tentunya pihaknya mengedepankan kualitas hasil pekerjaan. “Dalam pengerjaan kita mengedepankan kualitas atau mutu bangunan. Agar usia pengunaan bangunan kios bisa bertahan lama. Dan pelaksanaan pembangunan berjalan lancar, selesai tepat waktu. Pada 31 Juli 2021 bangunan sudah selesai 100 persen.” Terangnya.

Supriaji, mengaku warga sangat senang atas pembangunan pasar desa ini. “Atas nama Pemdes Carangrejo, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementrian PUPR, Dinas Perkim Jombang, dan kepada pihak terkait lainya, yang telah mengupayakan desa Carangrejo, mendapat bantuan PISEW tahun 2021 ini. Saya yakin pembangunan pasar desa Carangrejo, ini nantinya akan meningkatkan perekonomian warga.” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Jombang, Ir Heru Widjajanto, MSi membenarkan bahwa progres pembangunan pasar desa Carangrejo, sudah mencapai 100 persen. “Untuk kegiatan fisik pembangunan kios pasar desa Carangrejo, yang dibiyai PISEW 2021 pengerjaanya sudah rampung 100 persen sejak Juli lalu. Kami berharap pembngunan ini nantinya akan menambah kesejahteraan warga setempat. Selain itu kami minta desa penerima bantuan dapat mengelola bangunan tersebut sebaik-baiknya.” Tutur Heru. (May)  

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!