godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Pembangunan TPT Dari Program PISEW Kecamatan Sumobito Rampung 100 Persen

Pembangunan TPT Dari Program PISEW Kecamatan Sumobito Rampung 100 Persen

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Realisasi kegiatan pembangunan Tembok penahan tanah (TPT) di kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa timur yang dibiayai dari program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) bersumber dari APBN tahun 2021. Sukses dilaksanakan.

Sebagai buktinya, pembangunan TPT yang tepatnya berlokasi di sepanjang tepi jalan pertanian yang menghubungkan desa Nglele – desa Plosokerep, kecamatan Sumobito, saat ini sudah rampung 100 persen. Dan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman) Kabupaten Jombang Syaiful Anwar, mengatakan tahun 2021 ini Kabupaten Jombang mendapat kucuran dana program PISEW sebesar Rp 4,8 Milyar.

“Dana tersebut untuk membiayai kegiatan program PISEW di 8 kecamatan di Kabupaten Jombang. Yakni Kecamatan Bandarkedungmulyo, Gudo, Sumobito, Kecamatan Ngusikan, Mojoagung, Bareng dan Kecamatan Perak.  Masing-masing kecamatan mendapat alokasi masing-masing Rp 600 juta.” Kata Saiful. Sabtu (14/8/2021).

Bangunan TPT disepanjang tepi jalan yang menghubungkan desa Nglele – desa Plosokerep. Dibiayai PISEW tahun 2021. Sabtu (14/8/2021)

Untuk kegiatan pelaksanaan PISEW di Kecamatan Sumobito, direalisasikan untuk pembangunan TPT yang berlokasi di tepi jalan pertanian yang menghubungkan desa  Nglele – desa Plosokerep, kecamatan Sumobito.  TPT yang dibangun ini untuk menahan tanah badan jalan pertanian agar tidak longsor, dan tidak mudah rusak terkikis air.

“Bangunan TPT tersebut sudah selesai dikerjakan pada 19 Juli 2021 lalu. Dalam waktu dekat akan dilakukan serah terima hasil pekerjaan terbangun berupa TPT dari BKAD selaku pelaksana kegiatan kepada PPK, selanjutnya oleh PPK bangunan akan diserah terimakan kepada desa penerima manfaat.” Ujarnya.

Jadi bangunan ini, sambung Saiful, karena sudah selesai akan segera dilakukan proses serah terima. “Setelah dilakukan serah terima bangunan kepada desa penerima manfaat, bangunan ini nantinya pengelolaannya sudah menjadi kewenangan desa penerima manfaat.” Ujarnya.

Saiful juga menjelaskan, bahwa program PISEW ini berasal dari, Kementerian PUPR dilaksankan melalui Dirjen Cipta karya. Program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai (PKT).

“Sesuai aturan proses pembangunannya program PISEW dilakukan dengan skema PKT. Sebagai wujud memberdayakan masyarakat dan menyerap lebih banyak tenaga kerja, sistem ini juga terbukti mampu dilaksanakan dengan baik agar pekerjaan cepat selesai.” Imbuhnya.

Bangunan TPT disepanjang tepi jalan yang menghubungkan desa Nglele – desa Plosokerep. Dibiayai PISEW tahun 2021. Sabtu (14/8/2021)

Ketua BKAD kecamatan Sumobito, Muhammad Sayidul Candias, yang juga menjabat sebagai Sekertaris desa Nglele, mengatakan bantuan program PISEW sebesar Rp 600 juta tersebut, digunakan untuk pembangunan TPT dengan Volume pekerjaan 1.200 meter.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lokasi jalan yang dibangun TPT ini sebelumnya belum berupa jalan, masih tanah biasa. “Pada tahun 2021 dibangun TPT, selanjutnya jalan dilakukan pengurugan, dengan tanah urug, agar jalan menjadi layak. Setelah dibangun TPT dan diurug, sekarang jalannya menjadi bagus. Ini berkat bantuan program PISEW. Jadi pekerjaan dilapangan berupa pembangunan TPT dan pengurugan jalan.” Kata Candias.

Jalan yang dibangun TPT ini sangat strategis, untuk mendukung aktifitas pertanian, dan mendukung aktifitas perekonomian warga, juga aktifitas warga sehari-hari.  “Jalan ini menghubungkan dua desa, sebelumnya jalan ini jarang dilewati orang dan sepeda motor, apalagi kendaraan roda 4 (mobil) karena mobil tak bisa lewat. Sekarang ini jalan sudah nyaman dilewati masyarakat termasuk sepeda motor dan mobil. Jadi bantuan PISEW ini banyak sekali membawa manfaat bagi kecamatan Sumobito ini.” Kata dia.

Warga sangat berterima kasih kepada Kementrian PUPR, Dinas Perkim Jombang, dan pihak terkait lainya yang telah memperjuangkan agar kecamatan Sumobito ini mendapat bantuan PISEW. (Why)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!