godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , September 25 2021
Home / Nasional / Komnas HAM Sebut Asesmen TWK Diduga Untuk Singkirkan Pegawai KPK
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam

Komnas HAM Sebut Asesmen TWK Diduga Untuk Singkirkan Pegawai KPK

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berpendapat pelaksanaan tes wawasan pegawai (TWK) untuk alih status pegawai KPK menjadi ASN banyak pelanggaran. Mereka juga menilai kuat dugaan TWK dijadikan alat untuk menyingkirkan beberapa pegawai.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers daring, Senin, (16/8/2021), ia mengetakan “Proses alih status pegawai KPK menjadi ASN  melalui asesmen TWK, diduga kuat sebagai bentuk penyingkiran terhadap pegawai tertentu dengan background tertentu khususnya mereka yang distigma atau dilabeli sebutan ‘Taliban’,” kata Choirul Anam.

Dugaan sebagai upaya untuk menyingkirkan sejumlah pegawai KPK merupakan salah satu temuan Komnas HAM. Fakta janggal lainnya yakni Komnas menemukan banyak perhatian dari sejumlah pimpinan lembaga dan kementerian dalam pelaksanaan alih status pegawai KPK. Menurut Aman, hal tersebut tidak lazim.

Tak hanya itu Anam juga menyoroti isu Taliban yang berkembang di tubuh KPK seperti. Ia mengatakan label Taliban tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, apa lagi label itu justru diberikan kepada para pegawai yang dianggap tak dapat dikendalikan.

“Stigmatisasi maupun pelabelan terhadap seseorang merupakan salah satu permasalahan serius dalam konteks HAM,” ujar Anam.

Anam menegaskan kebijakan penyelenggaraan TWK tidak memenuhi tujuan pembentukan peraturan perundang-undangan. Menurutnya, penyelengaraan TWK bermasalah karena tidak menerapkan asas profesionalitas.

“Senyelenggaraan maupun penyelenggara dalam proses asesmen tersebut tidak memenuhi prinsip profesionalitas, transparansi dan akuntabilitas,” Tegasnya. (bd)

Check Also

Komnas HAM Desak Menaker Tertibkan Kasus Penahanan Ijazah Untuk Dapat Kerja

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) agar memberikan perhatian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!