godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , November 20 2019
Home / Pemerintah / Keinginan Warga Terwujud, Pemkab Jombang Tingkatkan Tiga Ruas Jalan Desa
Proses Pekerjaan jalan di Lokasi Pertama (Samsat-SMP.6) Pengecoran Pelebaran Jalan

Keinginan Warga Terwujud, Pemkab Jombang Tingkatkan Tiga Ruas Jalan Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Jawa timur terus mengintensifkan pelaksanaan program Pembangunan / Rehabilitasi Sarana dan Prasarana kawasan permukiman perdesaan. Termasuk dintaranya pada tahun ini membangun tiga ruas jalan.

Tiga ruas jalan yang dibangun tersebut yakni,  Jalan di sebelah barat tembok Satlantas Polres Jombang menuju kearah SMP 6 kecamatan Jombang, Ruas jalan di desa Pesantren Kecamatan Tembelang, dan Ruas jalan di desa Kayen Bandarkedungmulyo.

Proses Pekerjaan di Lokasi Pertama (Samsat-SMP.6) Pemasangan Box Culvert Untuk Pelebaran Jalan

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Ir Heru Widjajanto, Msi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukimam, Syaiful Anwar ST, mengatakan, untuk tahun 2019 ini, Pemkab Jombang melalui Dinas Perkim mengalokasikan anggaran dari APBD sebesar  Rp 1,626 milyar, untuk pembangunan tiga ruas jalan. Pelaksana pekerjaan yaitu CV Karya berdikari, dan sebagai konsultan pengawas yakni CV  Antara Consultant.

“Adapun jenis pekerjaan yang dilaksanakan di lokasi pertama (Samsat-SMP.6) berupa pelebaran jalan dan overlay hotmix AC-WC. Jenis pekerjaan dilokasi kedua (Ds. Kayen) berupa onderlaagh untuk pondasi kalan sehingga pada saat tahun 2020 dapat langsung dilanjutkan dengan lapisan atas dan hotmix, dan jenis pekerjaan di desa Pesantren adalah berupa jalan paving dengan mutu K-300.” Kata Syaiful, yang sekaligus sebagai Pejabat pembuat komitmen, Senin (21/10/2010).

Proses Pekerjaan di Lokasi kedua, jalan onderlaagh di desa kayen kec. Bandar kedungmulyo

Menurut dia, pembangunan tiga ruas jalan ini termasuk, kegiatan sangat diprioritas karena menyangkut keselamatan pengguna jalan khususnya anak sekolah karena pagar Satlantas yang tepat pada posisi tikungan merupakan blind spot dengan lebar yang kurang memadai.  Untuk itu pada tahun 2019 ini Pemkab Jombang melakukan penanganan ruas jalan tersebut.

“Langkah awal yang akan dilakukan adalah melakukan pembangunan Pelebaran Jalan, Overlay dan TPT (Ruas Jalan Samsat – SMP 6), yang dikonsolidasi dengan pekerjaan Peningkatan Jalan Desa. Kayen dan pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Pesantren.

Selain tujuan di ruas samsat – SMPN 6, ruas di desa pesantren juga sangat penting untuk menghubungkan dua wilayah di desa pesantren agar tidak perlu memutar lewat jalan raya. Sedangkan untuk ruas yang berada di desa kayen, ditujukan untuk menghubungkan wilayah antara desa Kayen, Desa Barongsawahan dan Desa Mojokambang.

“Untuk progres pembangunan saat ini sudah mencapai kisaran 70 persen. Paket pekerjaan ini kemajuan luar biasa, saya yakin akan selesai tepat waktu. Untuk saat ini Alhamdulillah tidak ada kandala. ” Tutur Syaiful.

Sementara itu Amin, salah seorang warga desa  Dapurkejambon semua warga pasti senang dengan pembangunan jalan tersebut, karena warga sudah lama menantikan pembangunan ini. Karena ruas jalan dari arah Samsat – SMP 6  tersebut sangat sempit, dan permukaan jalan aspal sudah mengalami kerusakan banyak terdapat lubang-lubang.

Proses Pekerjaan di Lokasi ketiga, jalan paving di desa Pesantren Kecamatan Tembelang

“Untuk mobil berpapasan saja kesulitan, disamping itu kondisi jalan aspal yang mulai rusak, juga tidak nyaman dilalui pengendara baik roda dua maupun roda empat. Alhamdulilah tahun 2019 oleh Pemkab Jombang, jalan tersebut diperbaiki, jalan dilebarkan, dibangun tembok penahan jalan, dan permukaan jalan juga diperbaiki. Warga sangat berterima kasih atas pembangunan ini.” Kata Amin.

Menurut, Amin, ruas jalan dari Samsat menuju SMPN 6 sangat fital, buat aktifitas perekonomian warga. Karena jalan ini menunjang aktifitas pendidikan, pertanian, dan perdagangan. “Dengan pembangunan ini pasti akan membawa dampak yang cukup besar bagi perekonomian warga. Jalan tersebut juga menghubungkan ke banyak titik desa. Oleh karena itulah warga sangat menantikan pembangunan jalan tersebut.” Imbuh Amin. (rin)

Check Also

Pemkab Jombang Alokasikan Rp 18,985 Miliar Bantuan Bedah Rumah Khusus Warga Miskin

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), tahun anggaran 2019 ini mengalokasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *