godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 7 2021
Home / Hukrim / Kejari Periksa Sekda Jember Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa Sumbersalak
Sekretaris Daerah Jember Mirfano

Kejari Periksa Sekda Jember Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa Sumbersalak

JEMBER, NusantaraPosOnline.Com- Tim penyidik Kejaksaan negeri (Kejari) melakukan pemangilan Sekretaris Daerah Jember Mirfano. Terkait kasus dugaan korupsi dana desa (DD) Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo dengan kerugian uang negara sekitar Rp 1 miliar.

Sebelumnya Tim penyidik Kejari Jember, telah menetapkan mantan kepala desa Sumbersalak Abdul Haki (51) sebagai tersangka pada 2 Juli 2020 lalu

Menurut sumber dari dalam Kejari Jember,  pemangilan Sekretaris Daerah Jember Mirfano, pada Rabu, 19 Agustus 2020 tesebut untuk dimintai keterangan oleh penyidik sebagai saksi dalam kasus dugan Korupsi DD Desa Sumbersalak, dengan tersangka mantan kepala desa Sumbersalak Abdul Haki.

Sekretaris Daerah Jember Mirfano, saat diminta konfirmasi terkait kedatanganya di Kantor Kejari Jember, ia mengaku mendapt panggilan untuk dimintai keterangan oleh pihak penyidik Pidsus.

“Saya datang ke Kejari ini dipanggil Pidsus. Terkait dugaan korupsi APBDes yang dilakukan mantan Kades Sumbersalak,” Kata Mirfana, saat diwawancarai sejumlah awak media dihalaman kantor Kejari Jember. Rabu (19/8/2020) pagi.

Apakah ada pejabat lainnya yang turut diperiksa? Mirfano merasa tidak mengetahuinya. “Saya dimintai keterangan, tapi ya gak tau juga. Tidak tahu saya, ya gak tau lagi,” ucap Mirfano yang datang ke kejaksaan seorang diri.

Kepala Seksi Intelijen Agus Budiarto membenarkan bahwa penyidik Seksi Pidana Khusus memeriksa Mirfano perihal penanganan perkara dugan korupsi DD desa Sumbersalak.

“Penyidik memanggil Sekda untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi DD di Desa Sumbersalak,” jelasnya.

Dari pantauan, pemeriksaan berlangsung cukup lama. Sejak pukul 10.15 WIB Mirfano diperiksa, baru keluar dari ruangan penyidik sekitar pukul 14.20 WIB

Kasus dugan korupsi Dana Desa Sumbersalak terbongkar, bermula dari temuan lembaga pengawas internal, yakni Inspektorat Pemkab Jember yang mendapati penyimpangan berupa proyek fiktif.

Dalam kasus ini, jaksa menengarai DD Sumbersalak tahun anggaran 2018 dikorupsi oleh Abdul Haki saat menjabat kepala desa periode 2013-2018 yang merugikan keuangan negara mencapai satu miliar rupiah. Abdul Haki dijadikan tersangka pada tanggal 2 Juli 2020 lalu, dan sudah ditahan.

Atas perbuatanya Abdul Haki dijerat dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Ags)

Check Also

Jual Sabu Ke Pemudik, Sopir Travel Di Pati Kembali Dibekuk Polisi

PATI, NusantaraPosOnline.Com-Seorang sopir travel berinisial JDM, residivis kasus narkoba asal Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!