godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Januari 19 2021
Home / Pendidikan / Kejari Tahan Gus Lukman, Mantan Rektor Undar Jombang
UNDAR JOMBANG : Mantan Rektor Undar Jombang, versi Yayasan Undar Trisula, Lukman Hakim Mustain (Hem kota-kotak). Dgiring menuju Lapas Jombang. Kamis (24/8/2017).

Kejari Tahan Gus Lukman, Mantan Rektor Undar Jombang

JOMBANG (NusantaraPosOnline.Com)-Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang  akhirnya menahan mantan Rektor Universitar Darul Ulum (Undar) versi Yayasan Undar Trisula, Lukman Hakim Mustain,  tersangka kasus dugaan penyelenggaraan pendidikan tanpa izin dan pemalsuan ijazah, Kamis (24/8/2017).

Lelaki yang akrab disapa Gus Lukman ini, adalah warga Jl KH Abdurrahman Wahid No 29 A Jombang, ia langsung dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jombang setelah Kejari Jombang menerima pelimpahan berkas perkara dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Kamis (24/8/2017).

Begitu rombongan penyidik Polda Jatim dan Kejati Jatim tiba di Kejari Jombang, langsung dilakukan proses pelimpahan berkas kepada Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Jombang, Normadi Elfajr. Usai itu, Gus Lukman dibawa ke Lapas Jombang.

“Berkas perkara dan tersangka dilimpahkan ke sini karena tempat kejadian perkara (TKP) ada Kabupaten Jombang,” Terang Kasi Pidum Normadi Elfajr, kepada wartawan. .

Normadi Elfajr, menambahkan, Lukman ditahan dengan pertimbangan agar tidak mengulangi perbuatannya, tidak melarikan diri, dan tidak menghilangkan alat bukti.

Ia juga menjelaskan, terbongkarnya kasus yang ditangani Polda Jatim  itu berawal dari laporan Ali Sukamto, warga Griya Kencana Mulya, Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang Kota yang juga Sekretaris Yayasan Undar (Bukan Yayasan Undar Trisula) pada 21 Februari 2012 lalu.

Kepada penyidik Polda Jatim, Ali melaporkan Gus Lukman karena menyelenggarakan wisuda mahasiswa di Undar pada Agustus 2010.

Sebelum wisuda digelar, Ali sudah memperingatkan Gus Lukman karena wisuda mengatasnamakan Undar. Padahal, Gus Lukman bukan staf maupun karyawan Undar. Namun Gus Lukman tetap nekat menggelar wisuda.

Selanjutnya, pada Januari 2011, Ali selaku Sekretaris Yayasan Undar yang menaungi Undar, mengeluarkan surat somasi ke pada Lukman agar tidak menggelar perkuliahan dan wisuda mengatasnamakan Undar. Tetapi, Lukman tidak menggubris. Ali pun melaporkannya ke Polda Jatim.

“Setelah diselidiki, ternyata Gus Lukman mendirikan yayasan dengan nama Yayasan Universitas Darul Ulum Trisula. Namun yayasan ini tidak memiliki izin dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan,” Terang Normadi.

Beberapa barang bukti yang disita polisi berupa, Dari kasus ini, diantaranya buku memori wisuda dan brosur penerimaan mahasiswa baru. “Barang buktinya banyak sekali, ini sudah kita terima dari penyidik Polda Jatim,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, Gus Lukman dijerat dengan pasal 71 atau 67 ayat 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). “Ancaman hukumannya 10 tahun penjara, atau denda Rp 1 Miliar,” Tegasnya. (rin)

Check Also

Miris, Siswa SD Di Surabaya Tega Tendang Gurunya Hingga Patah Tangan

SURABAYA, NusantaraPosOnline.Com-Kabar menyedihkan didunia pendidikan, seorang siswa di Surabaya Jawa timu, tega menendang gurunya hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!