Layani Masyarakat, Bupati-Wakil Bupati Jombang Turun Kedesa

Suasana kegitan Bulaga di desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, Jombang. Rabu (207/2022). FOTO : Dok Pemkab Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupten Jombang terus berupaya memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.

Hal ini dibuktikannya dengan dilakukannya layanan jemput bola secara massif dan terintegrasi,  melalui Bulaga (Bupati Dan Wakil Bupati Melayani Warga) program layanan Pemerintah Kabupaten kepada masyarakat yang langsung turun ke desa.

Sejak tahun 2019 – 2022 ini sudah 7 kali kegiatan Bulaga dilaksanakan, dan tim Bulaga turun langsung kedesa-desa di Kabupaten Jombang.

Pada pelaksanaan Bulaga yang ke 7 kali ini mengusung hashtag “#lebih dekat, semakin cepat” diselenggarakan di Balai Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, pada Rabu (20 s/d 21/7/2022) pagi sampai selesai.

Acara Bulaga kali ini dihadir Bupati Hj Mundjidah Wahab Wakil Bupati Jombang Sumrambah,  bersama Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) David Yama,  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Sjaichul Ghulam, Forkopimda Kabupaten Jombang, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Jombang dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jombang, Camat Peterongan, Camat kesamben, Camat Tembelang beserta jajaran Forkopimcam, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ketua PAC Muslimat NU dan Ketua PAC Fatayat NU, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Kepala Desa, Organisasi Kemasyarakatan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dari Kecamatan Peterongan, Kesamben, Tembelang.

Tiba di lokasi acara  Bupati dan rombongan langsung mengunjungi seluruh stand layanan. Kemudian dilanjutkan dengan santunan anak yatim. Sebelum acara seremonial dimulai.

Bupati dan para undangan menyaksikan secara langsung Prosesi Akad Nikah yang dipandu oleh Petugas KUA. Yakni menikahkan Nur Laili Maulidia dengan Hamdan Lubis dari  Desa Pesantren Tembelang.

Bupati Mundjidah Wahab menyampaikan, bahwa Bulaga di desa Tengaran adalah pelaksanaan Bulaga yang ke 7. Bulaga pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 bertempat di Kecamatan Kudu.

“Acara Bulaga di desa Tengaran Kecamatan Peterongan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni tanggal 20 Juli untuk melayani masyarakat kecamatan Peterongan dan tanggal 21 Juli untuk melayani masyarakat kecamatan Kesamben dan Tembelang”. Kata Bupati Jombang.

Menurut Bupati Jombang, Bulaga merupakan inovasi dan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara optimal yang masih terus dilakukan.

“Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan mudah dijangkau.” Ujarnya.

Salah satu strateginya adalah program Bulaga yang mendekatkan pelayanan kepada warga. Tujuan utama dari adanya Bulaga yakni mewujudkan pelayanan secara efektif, cepat dan efisien kepada masyarakat Kabupaten Jombang.

“Bulaga kali ini mengusung hashtag #lebih dekat, semakin cepat. Yang berarti kami pemberi layanan mendekatkan, menghadirkan pelayanan prima lebih dekat dengan masyarakat agar manfaat dari pelayanan bisa lebih cepat didapatkan oleh masyarakat yang pada kesempatan ini yakni masyarakat Kecamatan Peterongan, Kesamben dan Tembelang”, Tandasnya.

Bulaga di Desa Tengaran bekerjasama dengan 22 instansi mulai dari OPD, BUMD, BLUD, serta organisasi masyarakat. Bulaga hadir memberikan 67 jenis pelayanan yang terintegrasi seperti pelayanan cek kesehatan, pelayanan perijinan, pelayanan pembayaran pajak daerah, pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah, masyarakat Kabupaten Jombang selalu antusias dalam menyambut kegiatan Bulaga. Saya berharap masyarakat dapat memberikan saran serta masukan yang membangun agar pemerintah Kabupaten Jombang dapat lebih inovatif dan kreatif dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Jombang”, tutur Bupati Jombang.

“Semoga kegiatan Bulaga dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Jombang. Insyaallah Bulaga kedepan standnya akan dilombakan, biar lebih bersemangat dan lebih semarak lagi.” Kata Bupati Mundjidah.

Sementara itu, Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri David Yama, mengapresiasi Inovasi Kabupaten Jombang dinilai sangat luar biasa dengan adanya pelayanan on line, lebih dekat, cepat dan gratis.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Nomor Induk Berusaha oleh Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur Sjaichul Ghulam, didampingi Bupati Mundjidah Wahab kepada PT. Bhakti Luhur Abadi.

Serta diserahkan juga Anjungan Mandiri Dukcapil dari Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri David Yama, kepada Bupati Jombang.

Acara diakhiri dengan serap aspirasi masyarakat melalui Dialog Interaktif Warung Pojok program dari Dinas Kominfo Kabupaten Jombang.

Masyarakat dapat berdialog langsung dengan Bupati dan Wakil Bupati Jombang serta Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri David Yama, selaku narasumber.

Para Kepala OPD terkait diantaranya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, dan Dinas PUPR juga mendampingi untuk memberikan jawaban sekaligus berbagi informasi kepada masyarakat.

Kegiatan Bulaga sinergitas dengan seluruh OPD Bulaga kali ini disiarkan langsung oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang melalui streaming YouTube Channel Jombangkab TV serta siaran langsung di Radio Suara Jombang 104.1 FM.  (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!