godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Peristiwa / Kereta LRT Tabrakan Di Jalur Layang Cibubur Saat Jalani Uji Coba
Dua rangkaian gerbong kereta layang ringan bertabrakan saat menjalani uji coba. Senin (25/10/2021)

Kereta LRT Tabrakan Di Jalur Layang Cibubur Saat Jalani Uji Coba

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Dua rangkaian gerbong kereta api Light Rail Transit atau LTR Jabotabek bertabrakan saat menjalani uji coba di  jalur layang kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur. Pada Senin (25/10/2021).

Proyek LTR senilai Rp 23,3 triliun ini, digadang-gadang sebagai salah satu infrastruktur andalan pemerintahan Jokowi, proyek LRT sarat masalah sejak awal, dari terlambatnya pembebasan lahan, bengkaknya biaya investasi, hingga dugaan gangguan pada sistem persinyalan. Uji coba proyek ini bergantung pada hasil pemeriksaan KNKT.

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA Budi Noviantoro, mengtakan, Lokasi kecelakaan berada di antara stasiun Ciracas dan Cibubur. Tepatnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, melibatkan Train Set (TS) 20 & 29 pada KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti – Ciracas pada Senin siang.

“Rangkaian LRT Jabodetabek yang terlibat kecelakaan adalah rangkaian (trainset) nomor 20 dan nomor 29. Insiden LTR kecelakaan tabrakan dari belakang ini terjadi saat pengujian sarana internal oleh PT INKA. Kejadianya pada Senin, tanggal 25 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB.” Ujarnya. Senin (25/10/2021).

Budi menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi saat Trainset 20 telah berhenti mendekati Stasiun Harjamukti pada pukul 12.25 dan Trainset 29 menabrak dari belakang pada pukul 12.45 pada KM 12+800 antara Harjamukti – Ciracas.

Ia mengatakan terdapat korban luka 1 orang atas nama Faisal (masinis TS 29) dan telah dibawa ke Rumah Sakit Melia Cibubur.

“Ini terindikasi langsiran yang terlalu cepat, tetapi nanti KNKT yang menentukan. Masinisnya luka ringan dan dibawa ke RS dalam kondisi sadar,” ujarnya.

Atas kejadian, Direktur Utama PT Industri Kereta Api (INKA) menyampaikan permohonan maafnya kepada publik atas kejadian tersebut. “Saya atas nama Dirut dan direksi PT INKA memohon maaf kepada semua pihak,” kata Budi Noviantoro, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube PT INKA Persero Official.

“Kepada Pak Menteri Perhubungan, Mentri BUMN, yang terkait juga, Menteri Menko Marves khususnya yang membantu luar biasa, dan yang lain-lain terkait dengan itu, KAI, LRT Jabodetabek, dan juga teman-teman yang lain,” Ucap Budi.

Sementara itu, seorang warga sekitar bernama Eman (32) mengaku melihat bagaimana kecelakaan dua LRT itu di Cibubur. Kata dia, peristiwa terjadi pada pukul 12.30 WIB. Ketika itu, dia tengah berada di pinggir tol. Tabrakan terjadi tepat di atas rumah warga.

Menurut Eman, suara yang dihasilkan dari tabrakan itu cukup keras. Seperti dentuman. “Ngedengar ledakan. Itu LRT yang tabrakan. Seperti bunyi ‘der’ gitu. Sejauh ini, bagian gerbong kereta disebut tengah dalam proses evakuasi dan ditutup terpal.” Ucap Eman. (Bd)

Check Also

Puluhan Rumah Di Jombang Rusak Disapu Angin Puting Beliung

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Hujan lebat yang disertai angin mengakibatkan puluhan rumah warga di Dusun Puri A, Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!