godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Jombatan Bangun Saluran Drainase
Kades Jombatan, Mohammad Hufron bersama perangkat desa setempat, berpose bersama di kantor desa Jombatan.

Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Jombatan Bangun Saluran Drainase

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pembangunan fisik maupun non fisik di Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, dari waktu ke waktu terus dilaksanakan. Tahun 2021 ini Pemerintah Desa Jombatan, melaksanakan pembangunan saluran drainase yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

Pembangunan drainase tersebut sebanyak  empat titik, yang tersebar di empat dusun didesa Jombatan, yakni Dusun Jombatan II RT 02 RW 02, Volume 90 m x 0.60 m, anggaran Rp 48,631 juta; Di Dusun Jombatan III RT 03 RW 02 sepanjang 124 m x 0.60 m ; Rp 66,241 juta.

Selanjutnya di Dusun Jombatan III RT 04 RW01, Volume 16 m x 0.60 m anggaran  Rp 8,698 juta, dan di Dusun Tambakrejo sepanjang 110 m anggaran Rp 56 juta. Jadi total semuanya ada empat titik atau lokasi.

Bangunan saluran drainase di Desa Jombatan dibiayai DD 2021 yang sudah selesai dikerjakan.

Kepala desa (Kades) Jombatan, Mohammad Hufron, mengatakan pembangunan ini keseluruhan dibiayai dari Dana desa tahun 2021.

“Pembangunan drainase ini menjadi prioritas dibangun tahun ini dari Dana desa, Karena untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir dipemukiman warga  sebab setiap musim hujan warga kerap dipusingkan oleh genangan air baik dipekarangan rumah maupun dibadan jalan. Dengan pembangunan drainase tersebut akan melancarkan saluran air, dan genangan air akan cepat kering.” ujar Hufron. Kamis (16/9/2021).

Hufron mengatakan, pelaksanaannya pembangunan drainase ini menitik beratkan pada segi pemberdayaan masyarakat mulai dari tenaga kerja hingga suplayer material bangunan semuanya warga setempat sehingga selain untuk mengantisipasi tidak terjadi banjir bangunan drainase itu juga menyerap tenaga kerja dari warga setempat. Sehingga pemanfaatan Dana desa langsung menyentuh kemasyarakat.

“Kegiatan pengerjaan empat titik Drainase dimulai sejak Juni 2021 lalu, dan saat ini sudah 3 titik yang sudah selesai 100 persen, dan warga sudah dapat merasakan manfaat pembangunan. Tinggal satu titik (satu dusun) sedang dalam tahap pengerjaan. ini.” Tuturnya.

Bangunan saluran drainase di Desa Jombatan dibiayai DD 2021 yang sudah selesai dikerjakan.

Hufron menambahkan, pembangunan ini mendapat sambutan positit dari warga, karena pembangunan drainase merupakan usulan dari waraga melalui Musyawarah desa (Musdes). Jadi warga merasa senang berkat Dana desa tahun ini, harapan mereka bisa terwujud.

“Program Dana desa ini sangat membantu Pemerintah desa Jombatan untuk mengenjot pembangunan infrastruktur di desa. Semenjak program Dana desa digulirkan oleh pemerintah pusat  pemerintah desa Jombatan sudah banyak membangun infrastruktur guna meningkatkan geliat perekonomian masyarakat.” Imbuhnya.

Kades Jombatan, berharap semoga pembangunan drainase ini dapat membawa manfaat maksimal kepada masyarakat.

Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Jombatan Suparno, mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan pihaknya mengedepankan kualitas hasil pekerjaan agar bangunan bisa bertahan lama.

“Jadi kalau bangunan bertahan lama saya. juga ikut merasakan manfaat dari bangunan ini. Oleh karena itu dalam pengerjaan kita laksanakan sebaik mungkin.” Ujar Suparno.

Bangunan saluran drainase di Desa Jombatan dibiayai DD 2021 yang sudah selesai dikerjakan.

Menurut dia, untuk tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Jadi proyek dari Dana desa ini bisa menyerap tenaga kerja dari warga setempat.

Menurut, Linda, anggota TPK ia menambahkan, pengerjaan proyek dari awal hingga saat ini berjalan dengan lancar, berkat kekompakan TPK, Pemdes, BPD dan dukungan dari masyarakat.

“Pengerjaan proyek dilakukan secara bertahap. Kegiatan pengerjaan dimulai Juli 2021. Saat ini progres pembangunan sudah tiga titik bangunan selesai 100 persen. Jadi tinggal satu titik bangunan masih dalam pengerjaan, dan kita tarjetkan pada akhir Sempember 2021 ini semuanya sudah selesai 100 persen.” Kata Linda. (Why/May)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!