godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , November 25 2020
Home / Pemerintah / Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Sumberingin Bangun TPJ Dan Drainase
Suasana saat pengerjaan saluran air atau drainase, didesa Sumberingin, yang dibiayai Dana Desa 2020.

Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Sumberingin Bangun TPJ Dan Drainase

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Sumberingin, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur,terus membangun desa, baru-baru ini pemdes tesebut melaksanakan pembanguan fisik berupa pembangunan Tembok penahan jalan (TPJ) dan drainase yang dibiayai dari Dana Desa (DD)tahun 2020.

Kepala Desa Sumberingin, Imam Rifa’i, mengatakan untuk tahun 2020 ini bantuan Dana Desa di gunakan untuk kegiatan sosial penanganan pandemi Covid-19 berupa pemberian Bantuan sosial (Bansos) berupa bantuan lansung Tunai (BLT) kepada warga desa setempat yang terdampak panemi Covid-19. Disamping untuk Bansos BLT, Dana desa 2020 ini ada juga yang kita alokasikan untuk bangunan infrastruktur desa.

Suasana saat pengerjaan saluran air atau drainase, didesa Sumberingin, yang dibiayai Dana Desa 2020.

“Selain untuk penanganan pandemi Covid-19, Pemdes Sumberingin, mengalokasikan Dana Desa 2020 untuk pembangunan infrastruktur desa, yaitu kita wujudkan dalam bentuk pembangunan TPJ dan pembangunan drainase.” Kata Imam Rifa’i.

Ia menjelaskan, bangunan TPJ yang dibangun dengan Dana desa 2020 tesebut, berlokasi di sepanjang tepi jalan pertanian di dusun Plengan, sepanjang 36 meter, yang mengunakan bahan material pasangan batu kali yang diperkuat campuran semen, pasir, dan air. Pembangunan TPJ tesebut menghabiskan angaran Rp 16,5 juta.

Sedangkan pembangunan saluran drainase, berlokasi  didusun Sumberingin, sepanjang 108 m, menghabiskan dana Rp 83,5 juta.

“Pelaksanaan pembangunan dilapangan dilaksanakan oleh Tim pengelolah kegitan (TPK) yang diketuai oleh Imam Imam Rifa’i. Adapun tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Karena sesuai petunjuk Teknis pelaksanan Dana desa harus dilaksanakan dengan sekema padat karya tunai.” Tuturnya.

Menurut Imam Rifa’i, jalan yang dibangun TPJ tesebut merupakan jalan pertanian, tujuanya adalah untuk memperkuat badan jalan, untuk menstabilkan tanah badan jalan agar jalan tidak longsor, dan agar jalan tidak rusak tergerus air hujan.

Tembok penahan jalan (TPJ) ditepi jalan pertanian, didesa Sumberingin, yang dibiayai dari Dana Desa 2020.

Sedangkan pembangunan drainase bertujuan untuk mengalirkan air hujan dari lingkungan warga menuju sungai terdekat, dan lahan pertanian, juga dalam rangka membuat lingkungan lebih rapi, tidak becek dan banjir. Atau setidaknya, ketika hujan deras, saluran drainase mampu menampung air hujan hingga tak meluap ke jalan, dan pemukiman warga.

“Pembangunan ini berdasarkan hasil musyawarah desa dan usulan dari warga, jadi dengan dibangunya TPJ dan drainase tesebut warga merasa senang, karena usulan mereka direalisasikan, dan pembangunan yang diusulkan warga bisa tersebut berkat Dana desa 2020. Jadi program DD ini sangat banyak membawa manfaat bagi warga. Dengan Dana desa Pemerintah desa bisa membangun desa, untuk lebih baik lagi kedepanya.” Paparnya.

Kami berharap agar bangunan TPJ dan drainase, ini bisa banyak membawa manfaat dari bagi warga. Imbuhnya.

Ketua TPK desa Sumberingin, Sampurno, mengatakan pengerjaan proyek TPJ dan drainase, yang dibiayai dari DD 2020, saat ini masih dalam tahap pengerjaan, ditargetkan pada akhir September 2020 ini bangunan sudah rampung 100%.

“Untuk pengerjaan tentunya, kami mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar TPJ dan drainase yang dibangun, masa pengunaanya tahan lama.” Kata Sampurno. (Snt/Ris)

Check Also

Dinas PUPR Jombang Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Perkembangan jasa konstruksi di Indonesia berkembang cukup pesat. Tingkat kebutuhan akan tempat tinggal, sarana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!