May Day, Pemkab Jombang Gelar Tasyakuran Dan Halal Bihalal Bersama Unsur Tripartit

Suasana kegiatan Tasyakuran dan Halal Bihalal yang dilaksanakan Pemkab Jombang bersama unsur Tripartit, dalam rangka menyambut May Day. Di Pendopo Kab Jombang. Selasa (30/04/2024) petang.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka menyambut May Day atau Hari Buruh Sedunia juga jatuh pada tanggal 1 Mei, yang bertepatan dengan nuansa Bulan Syawal, Pemerintah Kabupaten Jombang mengelar kegiatan Tasyakuran dan Halal Bihalal dengan unsur Tripartit, di Pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa (30/04/2024) petang.

Hadir dalam acara ini Pj Bupati Jombang Sugiat, Forkopimda Kabupaten Jombang, Sekdakab Jombang Agus Purnomo, Plt Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang Nikmatus Sholiha, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Ketua Serikat Buruh, Ketua Serikat Pedagang, Ketua Apindo, dan Ketua Kadin.

Kegiatan yang berlangsung dengan sederhana tersebut diawali dengan santunan anak yatim, dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh  Perwakilan dari Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI) Jombang.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jombang, Subagyo menyampaikan, pekerja dan buruh di Jombang harus mampu bekerjasama untuk mewujudkan tenaga kerja yang kompeten. Pihaknya menilai, buruh di Jombang memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian daerah sehingga investasi di Jombang dapat berkembang.

“Kami harap Pemkab Jombang bisa melakukan pendekatan dengan investor, bagaimana investasi bisa masuk di Jombang sehingga pekerja lainnya punya kesempatan bekerja yang sama,” harap Subagyo.

Subagyo melaporkan, saat ini sektor industri rokok tengah dihantui masalah kenaikan cukai Sigaret Kretek Tangan (SKT). Pihaknya berharap agar Pemkab Jombang bisa mengupayakan agar cukai SKT tidak naik.

“Kami berdoa, berjuang, untuk bagaimana pemerintah memperhatikan aspirasi kami, bagaimana cukai tidak naik,”  ujar Subagyo.

Subagyo juga mengapresiasi Pemkab Jombang yang telah menyampaikan amanah dari Kementerian Keuangan berupa bagi hasil cukai rokok.

“Kami bersyukur pekerja rokok telah menerima bantuan langsung tunai bagi hasil cukai rokok senilai 11,5 miliar rupiah dar Pemerintah Kabupaten Jombang, ” kata Subagyo.

Masih dalam suasana Bulan Syawal, Pj Bupati Sugiat dalam sambutannya menyampaikan minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin.

“Atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat Kabupaten Jombang, Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional (Mayday) 1 Mei 2024, kepada seluruh pekerja di Kabupaten Jombang,” tutur Pj Bupati Sugiat.

Pj Bupati Sugiat menyampaikan, peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday), yang diperingati setiap tanggal 1 Mei adalah momentum untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan industrial yang bermartabat dan memupuk hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha, serta pemerintah (Tripartit), sekaligus untuk mengurai gejolak dan problematika ketenagakerjaan yang kita hadapi selama ini.

“Saya berjanji akan bekerja keras meningkatkan semua sektor, baik industri atau tenaga kerja, untuk itu Saya mengajak para pekerja untuk Giat Bekerja Giat Berusaha Jombang Produktif Kondusif Sejahtera” ujar Pj Bupati Sugiat.

Pj Bupati Sugiat menyampaikan ucapan terima kasih kepada organisasi pengusaha bersama seluruh pengusaha dan serikat pekerja/serikat buruh bersama seluruh pekerja yang telah menjaga harmonisasi hubungan industrial di Jombang sehingga menciptakan kondusifitas yang baik untuk berinvestasi, yang pada akhirnya mampu untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Jombang.

Dengan adanya kemitraan antara dunia usaha dengan pekerja yang berjalan baik, sehat, dan dinamis, akan mendorong tumbuhnya dunia usaha.

Selain itu, di sisi lainnya akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraaan pekerja. Pada tataran yang lebih luas lagi, tumbuhnya dunia usaha akan berdampak selaras dengan terciptanya lapangan pekerjaan, ekonomi akan tumbuh dan manfaatnya tentu akan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Sebagaimana disampaikan  Pak Subagyo, yang mengingatkan investasi di Jombang agar dibuka lebar karena masih banyak warga yang belum dapat  pekerjaan. Saya sebagai Pj Bupati Jombang mendapat amanah untuk melaksanakan 10 program prioritas dari Presiden salah satunya agar investasi di Jombang tidak berbelit-belit. Selaras dengan yang disampaikan perwakila SPSI, kita akan menciptakan Jombang ramah Investasi, “ujar Pj Bupati Sugiat.

Ungkapan permohonan maaf juga disampaikan oleh Pj Bupati Jombang  yang sebelumnya adalah Kepala Badan Intelejen Daerah Sulawesi Barat ini. “Saya mohon maaf apabila selama ini muncul stigma negatif mengenai investasi di Jombang. Saya kerap mendengar keluhan bahwa investasi di Jombang itu susah. Oleh karena itu, pihaknya telah membentuk tim percepatan dan pengamanan investasi, dan sudah ada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Jombang meskipun gedungnya belum representatif” tuturnya.

Lokasi mall pelayanan publik berada di Dinas Penanaman Modal Satu Pintu. Bahkan pada awal menjabat, Pj Bupati Sugiat pada agenda Gelar Potensi Investasi Jombang telah melakukan audiensi dengan investor terkait investasi di Jombang.

“Saya sampaikan kepada investor, silahkan berbondong-bondong berinvestasi di Jombang, saya jamin keamanannya. Kalau ada yang menganggu langsung berhadapan dengan saya,” tegas Pj Bupati Sugiat.

“Saat ini Kabupaten Jombang telah memiliki rencana kawasan industri yang berada di wilayah utara Kali  Brantas, tepatnya Kabuh, Bandarkedungmulyo. Semua rancangan Rencana Detail Tata Ruang telah siap, Pemkab Jombang siap menyambut investor,” tambahnya.

Peringatan Hari Buruh Internasional kali ini mengusung tema ”Mayday 2024: Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Yang Kompeten”.

“Melalui peringatan Hari Buruh Internasional ini, saya berharap dapat dijadikan sebagai tonggak bagi seluruh pekerja untuk mampu bersaing melalui peningkatan keterampilan, kompetensi, wawasan dan pengetahuan,” terang Pj Bupati Sugiat.

“Selamat Hari Buruh Internasional (Mayday) tahun 2024 kepada seluruh buruh/pekerja di Jombang. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat juang yang tinggi kepada kita semua. Mayday Is Terampil Day, ” Katanya.

Dalam momentum ini, Pj Bupati Sugiat mengapresiasi beberapa perusahaan yang berjasa untuk Kabupaten Jombang dengan menyerahkan piagam penghargaan. Adapun PT yang mendapat penghargaan pertama PT. Pei Hai International Wiratama sebagai perusahaan yang memperkerjakan pegawai disabilitas terbanyak. Kedua PT. Wahyu Daya Mulia sebagai perusahaan zero conflict tahun 2023. Terakhir PT. Aksha Karunia Mill sebagai perusahaan dengan serapan tenaga kerja lokal terbanyak.

Acara Tasyakuran dan Halal Bihalal dengan unsur Tripartit ditutup dengan prosesi potong tumpeng oleh Pj Bupati Jombang Sugiat dan diikuti dengan seluruh undangan yang hadir menikmati tumpeng yang sudah disiapkan di meja masing masing.***

Editor : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!