godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Juni 20 2021
Home / Pemerintah / Melalui Dana Desa Pemdes Gumulan Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa
MEMBNGUN DESA : Suasana saat pengerjaan saluran air atau drainase di Desa Bongkot, yang dibiyai dari DD tahap tiga tahun 2019

Melalui Dana Desa Pemdes Gumulan Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Gumulan, Kecamatan, Kesamben, Jombang, Jawa timur, genjot pembangunan infrastruktur desa dengan mengunakan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN 2019.

Baru-baru ini Pemdes  tersebut membangun infrastruktur jalan rabad beton sepanjang 350 meter, sebanyak dua titik, yaitu berlokasi di dusun Gumulan dua.

Tak hanya membangun jalan, Pemdes Gumulan juga membangun saluran air atau Drainase, berlokasi di tiga titik di Dusun Gumulan, yaitu : Berlokasi di Gumulan dua RT 4 RW 4 volume 150 m2; Di Dusun Gumulan satu RT 3 RW 3 volume 210 m2; dan di Gumulan satu RT 03 RW 3 panjang 110 m.

DANA DESA : Suasana saat pengerjaan jalan rabad beton di desa Gumulan, yang dibiyai dari DD tahap tiga tahun 2019

Kepala Desa (Kades) Gumulan, Suparman, mengatakan pembangunan jalan rabad beton, dan drainase tersebut dibiayai DD tahun 2019 tahap tiga.

“Untuk pembangunan jalan rabat beton menghabiskan anggaran Rp 201.750.000, sedangkan untuk pembangunan drainase Rp 141.500.000. Untuk pelaksanaan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) DD, dengan skema padat karya tunai.” Kata Suparman.

Pembangunan ini termasuk sebagai upaya Pemdes Gumulan untuk mengenjot pembangunan infrastruktur desa Gumulan. Karena dengan pembangunan infratruktur desa ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

“Dengan adanya jalan lingkungan yang baik, pasti akan memudahkan aktifitas warga untuk mencari nafkah, dan melancarkan aktifitas warga. Kami berharap bangunan ini akan membawa manfaat besar bagi warga.” Ucap Kades Suparman.

Ia menambahkan, program DD ini sangat membantu masyarakat. Karena dengan adanya DD pemerintah desa, bisa melakukan pembangunan desa, yang sesuai dengan harapan masyarakat. “Atas nama warga dan Pemdes Gumulan, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, pemerintah Pusat, dan pihak terkait atas bantuan DD yang dialokasikan ke desa Kami.” Imbuhnya.

PEMBANGUNAN : Jalan rabad beton di Desa Gumulan, yang dibiyai dari DD tahap tiga tahun 2019

TPK DD Desa Gumulan 2, Rohman Affandi, mengatakan proyek jalan rabad beton dan drainase yang baru dibangun memang semuanya berlokasi di Dusun Gumulan 1 dan Gumulan 2, karena memang DD tahap tiga ini sesuai hasil musyawarah desa, disepakati dialokasikan untuk pembangunan di Dusun Gumulan 1 dan 2.

“Kami selaku TPK DD semaksimal mungkin mengerjakan proyek ini sebaik-baiknya, agar usia pengunaan bangunan bisa bertahan lama. Waktu pelaksanaan memang agak terlambat, karena DD 2019 tahap tiga baru cair pada akhir Desember 2019. Kendati demikian, Alhamdulillah pembangunan jalan dan drainase tersebut pada bulan Januari 2020 sudah selesai.” Kata Rahman.

Sementara itu ketua TPK Dusun Gumulan 1, Tossa Susanto, mengaku pembangunan jalan dan drainase saat ini sudah digunakan atau sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga. “Warga sangat senang dengan adanya pembangunan ini. Karena warga sebelumnya sudah lama menantikan pembangunan jalan dan drainase ini. Berkat DD harapan mereka dapat terwujud.” Kata Tosa.

Menurut Tosa, pelaksanaan pembangunan berjalan lancar, berkat kerjasama yang baik TPK, Pemdes Gumulan, BPD, dan warga. (Ris/Snt)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!