godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Melalui Dana Desa, Pemdes Podoroto Fokus Bangun Infrastruktur
Warga desa Podoroto, nampak bersemangat saat mengerjakan normalisasi saluran Irigasi. Yang dibiayai dari Dana Desa 2021.

Melalui Dana Desa, Pemdes Podoroto Fokus Bangun Infrastruktur

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat, Pemerintahan Desa (Pemdes) Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa timur memprioritaskan pembangunan infrastruktur sarana prasarana  infrastruktur yang ada dilingkungan wilayah desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Podoroto Adhim mengatakan, meski dalam masa pandemi COVID-19 pemerintah desa Podoroto, tetap berkomitmen untuk membangun infrastruktur desa, agar lebih baik lagi. Misalnya tahun 2021 ini pihaknya tetap fokus melaksanakan kegiatan pembangunan didesa.

Kades Podoroto Adhim (Paling tengah) berpose bersama perangkat desa, didepan kantor desa setempat.

“Tahun ini Pemerintah desa Podoroto mengadakan 8 kegiatan pembangunan infrastruktur desa, diantaranya yaitu : Melaksanakan pembangunan Rehabilitasi dan pemadatan jalan usaha tani, di Dusun Podoroto, dengan anggaran Rp 135.033.400; Pembangunan Tembok penahan tanah (TPT) lapangan di dusun Kedungboto anggaran Rp 44.022.500; Pembangunan jembatan di Dusun Ngemplak, dengan anggaran Rp 71.244.700; Pembangunan TPS (Tempat pembuangan sampah)  di dusun Podoroto dengan anggaran Rp 10 juta; dan Pembangunan saluran drainase/irigasi didusun Ngemplak,  anggaran Rp 14,591.750; ” Terang Adhim, Kades Podoroto, Jum’at (1/10/2021).

Menurut Adhim, selain melaksanakan kegiatan tersebut, Pemdes Podoroto Juga melaksanakan kegiatan Pembersihan dan normalisasi saluran irigasi di tiga titik, yakni : Melakukan pembersihan daerah aliran sungai Buduksambi didusun Podoroto dengan biaya Rp 20.728.326; Kegiatan normalisasi di Dusun Kedungdowo dengan anggaran Rp 15 juta; dan Normalisasi saluran irigasi di  Dusun Kalimati anggaran Rp 11.784.800  “Semua kegiatan ini didanai dari Dana Desa tahun 2021.” Kata Adhin.

Menurut Adhim, pembangunan tersebut bertujuan meningkatkan produktifitas lahan pertanian, untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa. dengan dibangunnya sarana infrastuktur masyarakat yang memadai, masyarakat akan lebih nyaman dan sejahtera.

Bangunan TPT didesa Podoroto, yang dibiayai dari Dana Desa 2021. Jum’at (1/10/2021)

“Karena jika sarana infrastruktur bagus, itu sangat perlu untuk kemajuan masyarakat, dan ada perputaran dibidang ekonomi maupun dibidang lainnya serta masyarakat tersejahterakan. Saya berharap pembangunan ini dapat membawa manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi warga.” Tuturnya.

Ia menambahkan, pembanguann ini mendapat sambutan positif dari warga, karena pembangunan ini merupakan usulan dari warga melalui Musyawarah desa (Musdes). Jadi berkat bantuan Dana desa usulan dari warga bisa kita laksanakan tahun ini. Warga merasa senang karena aspirasi mereka, dapat kita laksanakan tahun 2021 ini.” Ujarnya.

Kades Adhim menyebutkan, Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat, sangat membantu pemerintah desa dalam mengenjot pembangunan infrastruktur desa, baik dari segi infratruktur, kesejehtaraan, pengembangan sumber daya manusia, maupun sektor lainnya. Jadi program Dana Desa ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pungkasnya.

Hasil normalisasi saluran Irigasi. Yang dibiayai dari Dana Desa 2021. Jumat (1/10/2021)

Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Podoroto, Muhaimin, mengatakan kegiatan pembangunan fisik tahun 2021 yang dibiayai Dana Desa tersebut ada 8 kegiatan yang disebutkan diatas.

“Pelaksanaan pengerjaan 8 kegiatan tersebut, kita laksanakan secara bertahap Pengerjaan proyek mulai dilaksanakan pada awal Juli 2021 dan pada September awal 2021 bangunan 6 kegiatan sudah rampung 100 persen. Sedangkan 2 proyek masih dalam proses pengerjaan Dari awal pengerjaan hingga saat ini, pembangunan berjalan lancar. Berkat kekompakan TPK, Pemdes Podoroto, BPD dan tokoh masyarakat” Ujar Muhaimin. Jum’at (1/10/2021)

Muhaimin, menambahkan pengerjaan 6 kegiatan pembangunan fisik ini, melibatkan warga setempat. Semua tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, ini sebagai wujud pemberdayaan warga. Jadi proyek ini dapat menyerap tenaga kerja dari warga setempat.

“Pembangunan 8 proyek ini bisa membantu ekonomi warga pada masyarakat yang berpenghasilan rendah, yang mengalami PHK serta masyarakat yang mengalami penurunan / kehilangan pendapatan akibat dampak pandemi COVID-19. Jadi intinya pengerjaan proyek ini bisa membantu masyarakat dalam bentuk upah kerja.” Tutur Muhaimin.

Bangunan TPS di desa Podoroto, yang dibangun dengan DD 2021. Jum’at (1/10/2021)

Ia berharap semoga pembangunan ini banyak membawa manfaat bagi warga setempat, dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga, khususnya warga desa Podoroto. Pungkasnya. (Ris/May/Sin)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!