godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Melalui Dana Desa, Pemdes Sumberingin Fokus Bangun Infrastruktur
Suasana kebersaman Kades Sumberingin Imam Rifa'i (pakai peci), bersama perangkat desa, berpose bersama dikantor desa setempat.

Melalui Dana Desa, Pemdes Sumberingin Fokus Bangun Infrastruktur

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintahan Desa (Pemdes) Sumberingin, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, meski ditengah pandemi Covid-19 tahun 2021 terus fokus membangun sarana prasarana infrastruktur desa, mulai dari pembangunan Tembok penahan tanah (TPT), Normalisasi saluran irigasi, hingga pembangunan Pavingisasi halaman cagar budaya desa, yang ada dilingkungan wilayah desa setempat.

Hal ini menunjukan bahwa Pemdes Sumberingin, terus menunjukan komitmenya dalam membangun desa tersebut agar lebih baik lagi. Mengingat masih banyak infrastruktur desa yang belum tersentuh pembangunan.

Kepala Desa (Kades) Sumberingin Imam Rifa’i mengatakan, bahwa Pemerintah Desa yang ia pimpin masih fokus dalam pembangunan infrastruktur, dengan menggunakan anggaran Dana desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat.

Bangunan TPT di Desa Sumberingin yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari Dana Desa tahun 2021. Senin (6/9/2021)

“Dana desa yang diterima oleh Pemdes Sumberingin tahun ini, untuk kegiatan pembangunan fisik kita gunakan pembangunan TPT sebanyak empat titik / lokasi, yang tersebar di dua dusun.” Terang Imam, kepada NusantaraPosOnline.Com, Senin (6/9/2021).

Ia menjelaskan, bangunan TPT tersebut sebanyak 4 titik, yakni titik pertama berlokasi di Dusun Colo sepanjang 18 m dan ketinggian 1 meter anggaran Rp 17 juta; Titik kedua di Dusun Colo panjang 36 m, dan tinggi 1 m anggaran Rp 21 juta; Titik ketiga di dusun Plengan pembangunan TPP sepanjang 58 m, tinggi 1 m +  Gorong-gorong 1 unit panjang 4 m dan lebar 2,5 m anggaran Rp 58 juta; dan titik ke empat TPT di dusun Plengan panjang 45 m tinggi 1 m anggaran Rp 25 juta.

“Empat titik bangunan TPT tersebut berupa pasangan batu. Dan menggunakan bahan material batu kali dan mortar.” Terangnya.

Selain membangun TPT, Pemdes Sumberingin juga mengadakan kegiatan normalisasi saluran irigasi sepanjang  310 m yang berlokasi didusun Plengan, menelan biaya Rp 39 juta; dan pembangunan  pavingisasi (pemasangan paving) halaman cagar budaya di Dusun Plengan,  menghabiskan anggaran Rp 38,5 juta.

Nampak warga setempat berjibaku, saat mengerjakan normalisasai saluran irigasi, di dusun Plengan.

“Pembangunan TPT, gorong-gorong, dan normalisasi saluran irigasi tersebut semuanya dibiayai dari Dana desa tahun 2021. Pengerjaan dilakukan secara bertahap, mulai dikerjakan Juli 2021 dan pada Agustus  semua pembangunan kelar 100 persen. Alhamdulillah pengerjaan berjalan lancar.” Ujar Kades Sumberingin.

Menurut Imam dengan telah dibangunnya sarana infrastuktur masyarakat yang memadai, masyarakat akan lebih nyaman dan sejahtera. “Karena jika sarana infrastruktur bagus, itu sangat perlu untuk kemajuan masyarakat, dan ada perputaran dibidang ekonomi maupun dibidang lainnya serta masyarakat tersejahterakan,” katanya.

Kades Sumberingin mengaku, bersyukur dengan adanya Dana desa, sebab manfaat dari Dana desa cukup membantu Pemdes dalam membangun infrastruktur desa.

Namun, desa yang terdiri dari tiga dusun ini yaitu dusun Sumberingin, dusun Plengan serta yg terbesar dusun Colo didalamnya ini masih banyak kendala, karena masih banyak infrastruktur desa yang belum tersentuh pembangunan.

“Kami mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi di desa kami agar kehidupan masyarakat semakin sejahtera, sehingga kami sangat berharap bantuan dan dukungan Pemerintah Daerah dalam bentuk bantuan baik di bidang peternakan, pertanian, lampu jalan maupun sektor lainnya, ” harapnya.

Proyek Pavingisasi lingkungan cagar budaya dusun Plengan, yang sudah selesai dikerjakan. Senin (6/9/2021)

Sementara itu ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Sumberingin, Wasito, mengatakan pelaksanaan pengerjaan TPT, Normalisasi saluran irigasi, dan pavingisasi yang dibiayai dari Dana Desa ini, dilakukan dengan cara padat karya tunai, semua tenaga kerja kita ambilkan dari warga setempat, hal ini untuk pemberdayaan warga.

“Pengerjaan proyek mulai dilaksanakan pada awal Juli 2021 dan pada Agustus akhir 2021 bangunan sudah rampung 100 persen. Dari awal pengerjaan hingga selesai, pembangunan berjalan lancar. Berkat kekompakan TPK, Pemdes Sumberingin, BPD dan tokoh masyarakat”  Ujar Wasito. Senin (6/9/2021)

Ia berharap semoga pembangunan ini banyak membawa manfaat bagi warga setempat, dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga, khususnya warga desa Sumberingin. Pungkasnya. (May)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!