godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Mentan Syahrul Yasin Limpo Hadiri Panen Raya Di Jombang
Mentan Syahrul Yasin Limpo, hadiri panen raya di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Jombang. Sabtu (27/3/2021).

Mentan Syahrul Yasin Limpo Hadiri Panen Raya Di Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadiri panen raya di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Sabtu (27/3/2021).

Pada kesempatan panen tersebut, Syahrul Yasin Limpo menegaskan komitmennya untuk selalu membela kepentingan petani. Ia berharap Perum Bulog menyerap hasil panen padi petani. Selain itu, penyerapan juga bisa dilakukan oleh BUMN lainnya, serta pihak swasta.

“Kita berharap produktifitas bisa tetap menjaga stabilitas harga yang ada, sesuai dengan HPP (harga pokok pembelian) pemerintah yang sudah ditetapkan. Dalam HPP tersebut aturannya juga cukup jelas,” Kata Syahrul Yasin Limpo.

Dalam panen rasa tersebut Mentan juga berharap pemerintah daerah yakni Gubernur dan Bupati ikut mengawasi agar kegiatan serap gabah / beras agar berjalan optimal. Pada prinsipnya, tegas Mentan, kegiatan serap gabah dilakukan secara sinergi dengan semua pihak karena stabilisasi harga dan mengamankan stok pangan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ia meminta agar Gubernur dan bupati di masing-masing daerah ikut aktif mengawasi. Semua harus kerjasama dengan baik. Karena pada era sekarang ini, lanjut Mentan, hanya sektor pertanian yang masih terus berproduksi.

“Jadi kita harus tetap menjaga semangat yang ada di pertanian. Semangat bertani, semangat bercocok tanam,” Ujarnya.

Lebih lanjut Mentan, menegaskan, produksi padi awal tahun 2021 ini cukup terjamin sesuai dengan target untuk memenuhi kebutuhan beberapa bulan ke depan. Kementan terus fokus meningkatkan produktivitas dan mengamankan harga.

“Selain bantuan bersumber dari dana APBN, Kementan bersama perbankan menyediakan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) untuk meningkatkan produksi dan secara mandiri melakukan pengembangan usaha tani dengan skala ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Gerakan Serab Gabah Petani (GSGP) Kementan. Dengan demikian, ada kepastian pada musim panen raya padi ini petani mendapatkan harga yang menguntungkan dan produksi padi juga terjamin.

“Pemerintah daerah Jombang siap membantu mengawal jalanya serap gabah petani. Bersama Tim GSGP, Bulog, perbankan, TNI, Polisi dan stakeholder lainnya dipastikan panen raya padi awal 2021 ini sukses, harga dan stok beras di Jombang aman,” Tegas Bupati Jombang.

Selain mengunjungi Desa Kedungrejo, Mentan RI juga mengunjungi sejumlah tempat lainnya di Jombang. Di antaranya, menyampakan orasi ilmiah di acara wisuda Universita Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang.

Rombongan yang turut mengikuti kunjungan kerja Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH di Kabupaten Jombang diantaranya Dirjen Tanaman Pangan Dr. Ir. Suwandi, M.Si, Dirjen PerkebunanbDr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, Dirjen Hortikultura Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Ali Jamil Harahap, MP, Ph.D, Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, Staf Khusus Menteri, Prof. Dr. Ir. Imam Mujahidin Fahmid, MT. Dev, Direktur Pupuk dan Pestisida Mohammad Hatta S, STP, MM, Sekretaris Badan Pengembangan SDM Pertanian, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si , Pangdam diwakili Kapoksahli Brigjend TNI Bagus Budianto, Anggota DPR RI Emma Umiyyatul Chusnah. (Ris/Snt)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!