godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Ning Ema Gandeng BPTP Jatim, Gelar Bimtek Petani Dan Penyuluh Di Jombang

Ning Ema Gandeng BPTP Jatim, Gelar Bimtek Petani Dan Penyuluh Di Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Anggota Komiisi IV DPR RI dari Fraksi PPP masa bakti 2019 – 2024, Ema Umiyyatul Chusnah, ST, M. MPd terus bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan RI) dan terus melakukan upaya untuk meningkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian.

Kali ini  Ema Umiyyatul Chusnah yang akrap disama Ning Ema, bersama Balai Pengkajian teknologi pertanian (BPTP) Jawa timur, mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Petani dan Penyuluh di Kabupaten Jombang, Jawa timur. Dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang perwakilan Poktan, perwakilan Kelompok santri tani milenial (KSTM), dan penyuluh pertanian.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai Jumat  8 – Sabtu 9 Oktober 2021 di gedung PC Muslimat NU Kabupaten Jombang.

Acara Bimtek yang dibuka secara virtual oleh anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PPP Ema Umiyyatul Chusnah, dihadiri oleh Kepala BPTP Jatim yang diwakili oleh Dr. Tri Sudaryono, MS (Peneliti BPTP Jatim), Plt Kepala Dinas Pertanian Jombang Ir. Ilham Hero Kuncoro, Rohmad Budiono,SP.MSc (Peneliti BPTP) dan para peserta Bimtek.

Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul dalam sambutanya mengatakan bahwa acara Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manuasia (SDM) pertanian, petani padi. Kegiatan ini merupakan kerja sama BPTP Badan peneliti dan pengembangan pertanian (Balitbangtan) Jatim, dengan anggota komisi IV DPR RI.

“Tujuan kegiatan Bimtek ini, agar para petani mendapatkan bekal ilmu untuk bertani. Padi yang baik dan benar agar hasil panennya meningkat. Agar petani bisa sejahtera.” Ujarnya dalam Virtual.

Untuk itu saya mengharapkan kepada peserta Bimtek, dapat bersemangat mengikuti dan menyimak paparan materi Bimtek yang disampaikan oleh para pemateri. Agar dapat menambah ilmu. Para petani dapat bertanya langsung dengan pemateri, karena para pemateri Bimtek, yang dihadirkan adalah orang-orang cukup mengerti dibidang pertanian Padi.” Ujarnya.

Dalam kesempatan ini Tri Sudaryono, peneliti BPTP Jatim, Kementan RI, sebagai nara sumber  mengatakan kegiatan Bimtek yang dilakukan BPTP Jatim bersama Komisi IV DPR RI, pada hari ini kita fokus pada komuditas tanaman padi karena letak lahan di Jombang cukup strategis untuk komoditas tanaman padi.

“Sebagaimana kita ketahui beras adalah bahan pokok utama Indonesia dan beras tidak lepas dari ketahanan pangan nasional. Ketanahan pangan nasional itu identik dengan ketanahan negara. Oleh karena itulah Kementan dan komisi IV DPR RI terus menjaga ketahanan pangan nasional agar terus meningkat.” Ujarnya.

Salah satu tantangan terbesar pembangunan pertanian padi di Indonesia saat ini adalah setiap tahun lahan pertanian sawah selalu berkurang. Kedaulatan dan ketahanan pangan pun terancam.

“Gubernur Jatim tahun 2018 lalu menyebutkan alih fungsi lahan pertanian di Jatim tahun 2018 mencapai sekitar 1.900 hektar per tahun. Jika dikaitkan dengan data BPN tahun 2018 jumlah lahan sawah diseluruh Indonesia total seluas 1.287.873 hektar, kemudian dilakukan pendataan secara faktual tahun 2019 luas lahan tinggal 1.277.855 hektar. Artinya ada penyusutan lahan sawah.” Ujarnya.

Jadi sehubungan dengan menyusutnya lahan pertanian, dan untuk meningkatkan hasil panen padi, maka perlu ada peningkatan kapasitas SDM petani dan penyuluh pertanian.

“Penyusutan lahan ini bisa disiasati dengan cara sistem pertanian moderen, karena dengan pertanian moderen seakan-akan lahan akan bertambah hingga 30 persen hingga 35 persen. Ciri pertanian moderen, adalah pertanian yang mampu mengelola lahan pertanian secara efisien, dan mampu mengelola dan memanfaatkan Alsintan secara efektif.” Ujarnya.

Pada Bimtek ini, peserta akan diberi pembelajaran, tentang tata cara menjadi petani moderen, peserta akan mendapatkan materi pokok Bimtek terkait, yakni : Penangkaran padi secara komersial, Tehnologi budidaya padi moderen, dan Pembelajaran Lesson Leam Demfarm padi khusus dan spesifik lokasi di Kabupaten Jombang.

“Muara kegiatan ini meningkatkan produktivitas yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Oleh sebab itu kami berharap seluruh peserta dapat mengimplementasikan dan membagikan ilmu yang didapat hari ini,” Ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Ilham Hero Koentjoro, dalam sambutanya mengatakan “Atas nama Dinas Pertanian Jombang mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Karena Kabupaten Jombang terpilih menjadi tempat kegiatan Bimtek yang diselegarakan oleh BPTP Balitbangtan Jatim, dengan anggota komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah.” Kata Ilham mengawali sambutanya.

Dalam paparanya Ilham menyebutkan, luas pertanian dikabupaten Jombang 50 adalah sawah, dari sisi ekonomi prospek pertanian di Kabupaten Jombang cukup menjanjikan. Namun dari tahun ketahun jumlah luas lahan pertanian terus menyusut, akibat alih funsi lahan menjadi perumahan, atau pabrik.

“Pada tahun  2019 – 2020 lahan pertanian di kabupaten Jombang menurun, namun produktifitas justru meningkat. Peningkatan produktifitas pertanian ini juga merupakan hasil dari pelatihan-pelatihan seperti ini. Karena kegiatan Bimtek seperti ini bisa meningkatkan produktifitas pertanian. Untuk menuju petani yang moderen.” Ujar Ilham.

Munurut Ilham, kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat bagi petani dan. Bimtek ini betujuan untuk meningkatkan SDM petani dan penyuluh, sekaligus untuk meningkatkan produktifitas petani.

“Saya berharap agar peserta Bimtek dapat mempelajari dan menerapkan ilmu yang diperoleh dan memaksimalkan potensi usaha tani di masing-masing wilayah. Tidak hanya bergerak di on farm tapi kita juga harus bergerak sesuai kebutuhan pasar.” Tuturnya.

Ia menambahkan, Dengan adanya program- program yang dibawa Ning Ema ke Kabupaten Jombang, tentunya program ini sangat membantu bagi Petani untuk meningkatkan produktifitas petani. Untuk itu kita harus berbangga dan mengucapkan terima kasih kepada Ning Ema. Imbuhnya. (Ris/Snt)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!