godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Hukrim / Parah Pembangunan Alfa Mart Tak Ber IMB, Tebang Pohon Ditepi Jalan Nasional Tanpa Izin
BODONG : Bangunan Alfa Mart yang baru dibangun JL PB Sudirman, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Tak kantongi izin IMB, tebang pohon tanpa izin, dan rusak taman.

Parah Pembangunan Alfa Mart Tak Ber IMB, Tebang Pohon Ditepi Jalan Nasional Tanpa Izin

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebanyak empat pohon di tepi jalan nasional ruas Jombang – Kertosono, tepatnya di depan bangunan Alfa Mart JL PB Sudirman, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang, ditebang tanpa izin.

Dari penelusuran dilapangan penebangan empat pohon  tersebut tepat berada didepan bangunan baru Alfa Mart JL PB Sudirman, Jombang, ini untuk dijadikan akses keluar masuk Alfa Mart. Yang lebih parah lagi ternyata bangunan Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang ini, dibangun tanpa IMB, dan merusak taman aset pemkab Jombang.

Menurut salah seorang pegawai Balai Besar pelaksana jalan nasional (BBPJN)  VIII yang keberatan disebutkan namanya, pihak BBPJN VIII mendapat laporan dari masyarakat adanya penebangan 4 pohon di ruang milik jalan nasional, tepatnya di depan Alfa Mart JL PB Sudirman, Jombang, dan masalah inikan sudah banyak diberitakan media di Jombang.

“Memang betul 4 pohon di depan Alfa Mart JL PB Sudirman yang ditebang tersebut diruang milik jalan nasional menjadi kewenangan pihak BBPJN VIII. Setahu saya penebangan tersebut belum memiliki izin.” Ujarnya, minggu (12/4/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya penebangan pohon tersebut diperbolehkan melalui prosedur tertentu. “Sebenarnya boleh, tidak dilarang ditebang. Tapi ada prosedur yang perlu diikuti. Untuk kasus penebangan 4 pohon lindung di depan Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang ini belum kantongi izin,” tegasnya.

Ditempat terpisah menurut Suwanto, rekanan yang telah ditunjuk BPPJN VIII yang diberi tugas untuk pengeprasan pohon lindung ruas jalan nasional Jombang – Mojokerto, mengatakan penebangan pohon lindung ditepi jalan nasional ada prosedur tertentu, yang harus dilalui.

“Untuk kasus penebangan 4 pohon didepan Alfa Mart JL PB Sudirman, ini memang sudah ada pengajuan izinnya, tapi masih dalam proses. Nah penebangan inikan ada syarat dan prosedur tertentu, sarat tersebut termasuk diantarnya pemohon izin harus menganti pohon yang ditebang tersebut. Untuk penebangan satu pohon harus menganti menanam 10 pohon baru. Jadi tidak boleh ujuk-ujuk ditebang, bahkan kalau menebang pohon ditepi jalan tanpa izin ada sangsi pidananya.” Kata Suwanto. Minggu (12/4/2019).

Sementara itu, menurut Koordinator Lsm Aliansi rakyat anti korupsi (Lsm Arak) Johan SH, mengatakan kita berharap pihak terkait menindak tegas pemilik lahan juga penanggung jawab minimarket (Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang) jangan pandang bulu.

“Kita sering melihat masyarakat miskin atau rakyat kecil yang ketahuan menebang pohon jati dilahan perhutani,  meski pohon yang ditebang jati kecil mereka dijebloskan kepenjara. Jadi harus adil. Dalam kasus penebangan pohon lindung di tepi jalan nasional (Didepan Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang) tanpa mengantongi izin, ini harus ditindak tegas. Jangan pandang bulu.” Kata Johan. Minggu (12/04/2020).

Penegak hukum dan dinas terkait harus tindak tegas pemilik lahan atau penanggung jawab Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang. “Kedudukan warga negara sama dihadapan hukum.” Tegas Johan.

Terkait hal tersebut, pemilik lahan yang dibangun Alfa Mart JL PB Sudirman Jombang, Candra Suhoko alias Soo hook, saat hendak diminta konfermasi tidak ada dilokasi. “Yang punya tanah, tempat bangunan Alfa Mart ini Candra Suhoko alias Soo hook, tanah ini dokontrak selama 5 tahun untuk dibangun dan digunakan Alfa Mart. Jadi kalau cari  Candra Suhoko alias Soo hook, ia tidak disini tinggalnya.” Kata seorang pekerja yang sedang merapikan bagian depan Alfa Mart.

Sebagai informasi, Pada hari Kamis (9/4/2020) bangunan Alfa Mart yang baru dibangun JL  PB Sudirman, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Ditutup paksa oleh Pemkab Jombang. Penutupan tersebut dilakukan tim gabungan dari Satpol PP, DLH dan DPMPTSP turun langsung ke lokasi.

Karena bangunan Alfa Mart yang baru dibangun dan siap dioperasikan tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), dan melakukan pengrusakan taman yang menjadi aset Pemkab Jombang. (Ris/Snt)

Check Also

Diduga Tipu Pelanggan, Pedagang Di Jombang Ditangkap Polisi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Seorang ibu rumah tangga pedagang toko peracangan, Sela putri rahayu (26) warga Dusun Caruban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!